Tips Merebus Daging agar Empuk dan Tidak Alot

Saat bulan Ramadan alias bulan puasa, Sweet Couple pasti tak lepas dari kegiatan masak memasak terutama memasak daging. Wajar saja, Anda harus menyiapkan makanan untuk sahur dan buka puasa. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni merebus daging.

Namun, tahukah Sweet Couple bahwa seringkali banyak yang tidak paham cara merebus daging agar empuk. Biasanya, Anda memang perlu waktu lama untuk mengolah daging agar empuk. Padahal sebenarnya Anda bisa loh merebus daging agar empuk tanpa perlu waktu lama.

Penasaran kan seperti apa caranya? Yuk langsung saja simak 5 tips merebus daging agar empuk berikut ini!

Tips Merebus Daging agar Empuk 1: Potong Daging dengan Ukuran Kecil

Tips merebus daging agar empuk yang pertama yakni potonglah daging menjadi ukuran kecil-kecil. Mengapa demikian? Dengan potongan kecil, tipis, dan lebar, maka daging akan lebih cepat matang. Tak hanya matang, tetapi juga empuk.

Perhatikan juga cara memotong daging. Potonglah dengan arah berlawanan dengan serat agar serat daging terpisah dan lebih cepat matang serta empuk. Kalau daging empuk, tentu akan lebih lezat saat disantap kan?

Tips Merebus Daging agar Empuk 2: Rendam dengan Baking Powder

Siapa bilang baking powder hanya berguna untuk membuat kue? Bahan ini ternyata juga bisa digunakan untuk merebus daging agar empuk loh! Bagaimana caranya ya?

Caranya mudah sekali! Sweet Couple cukup merendam daging yang sudah dicuci bersih dan dipotong dalam larutan baking powder. Selanjutnya, diamkan beberapa saat, baru deh Anda bisa mengolahnya menjadi hidangan yang lezat.

Tips ini semakin bermanfaat apabila Anda punya ide untuk memasak sate atau blackpepper.

Tips Merebus Daging agar Empuk 3: Pukul hingga Empuk

Hah? Memukul daging hingga empuk? Apa tidak salah? Ya, Sweet Couple tidak salah baca kok. Ini adalah salah satu tips agar daging bisa empuk ketika direbus. Kok bisa ya? Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan alat pemukul daging. Cukup pukul daging pada kedua sisinya hingga Anda bisa merasakan tekstur empuk pada daging. Tapi jangan dipukul terlalu kencang ya agar sari dagingnya tidak terbuang begitu saja.

Tips Merebus Daging agar Empuk 4: Masak dengan Presto

Kalau tips merebus daging yang satu ini sih pastinya sudah banyak diketahui oleh orang-orang. Ya, cukup dengan alat panci presto, Sweet Couple sudah bisa membuat dan mengolah daging agar cepat empuk. Simple banget kan? Pantas saja banyak orang yang menyukai cara ini.

Tips Merebus Daging agar Empuk 5: Gunakan Teknik 5-30-7

Tips ini mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang dalam mengolah dan merebus daging. Padahal, dengan cara ini mampu membuat Anda lebih hemat waktu sekaligus hemat gas elpiji dalam memasak. Wah, seperti apa ya caranya?

5-30-7 adalah hitungan waktu dalam mengolah dan merebus daging. 5 berarti waktu untuk merebus daging di panci tertutup, yakni 5 menit. 30 berarti waktu untuk mendinginkan daging yang sudah direbus yakni 30 menit. Sedangkan 7 berarti waktu untuk merebus daging lagi agar matang sempurna yakni 7 menit.

Ternyata merebus daging pun memakai cara matematik seperti ini ya? Unik kan?

Itulah sejumlah cara dan tips merebus daging agar empuk. Semuanya mudah untuk dipraktikkan. Tentunya untuk pilihannya bisa disesuaikan dengan keinginan Sweet Couple.

Dengan cara yang tepat, Anda bisa memperoleh hasil daging yang empuk sempurna untuk disantap saat sahur maupun buka puasa.

Jika daging sudah empuk, maka Sweet Couple bisa mengolahnya menjadi beberapa menu masakan seperti rendang, semur, dan rawon. Hmmm… sudah terbayang kelezatannya kan?

Yuk ikuti tips merebus daging sapi agar empuk ini di rumah!

Artikel disadur dari cekaja.com



Sweetrip Indonesia https://ift.tt/32zjUZu
Next Post Previous Post