-->
7 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi!

7 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi!

Bagikan :

Kawasan wisata di provinsi Jawa Tengah yang semakin ramai dan terkenal adalah wisata Dieng Wonosobo. Dataran Tinggi Dieng menjadi destinasi pariwisata yang terus mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Sweet Couple tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali dan kepulauan Nusa Tenggara untuk menikmati wisata alam karena di kawasan Dieng terdapat banyak tempat wisata yang tak kalah memukau. Selain wisata alam, Anda juga bisa menelusuri cagar budaya nusantara yang menjadi destinasi wisata unik dan menarik.

Terdapat berbagai macam pilihan tempat wisata ketika Anda mengunjungi kawasan Dieng. Mulai dari pemandangan telaga, kawah, pendakian gunung, bukit hingga candi. Wisata Dieng Wonosobo dapat menjadi rekomendasi destinasi liburan bagi Sweet Couple. Mari simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Akses Menuju Dieng Wonosobo

Dieng merupakan desa yang terletak di kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Dieng berjarak 26 km dengan kabupaten Wonosobo.

Akses yang dapat ditempuh untuk sampai ke Dieng yang paling banyak digunakan oleh wisatawan adalah jalur keberangkatan Wonosobo. Selain menggunakan kendaraan berupa mobil pribadi, Sweet Couple dapat menyewa mobil atau menggunakan jasa angkutan travel untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Dieng.

Kalau berangkat dari wilayah Jabodetabek tanpa kendaraan pribadi, maka Anda bisa menggunakan bus umum yang berangkat dari terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Merak, Bogor, dan Bekasi. Semua bus ini akan berhenti Wonosobo. Jadi Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju Dieng.

Destinasi Wisata Dieng Wonosobo

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi destinasi wisata Dieng Wonosobo yang dapat Sweet Couple kunjungi.

1. Gunung Prau

Gambar diambil dari instagram.com/id.pejalankaki/

Bagi Sweet Couple yang hobi mendaki gunung, tentunya Gunung Prau tidak boleh terlewatkan ketika Anda berlibur ke wilayah Dieng. Gunung Prau terletak di kabupaten Batang Kendal, Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian 2.590 m atau 8.497 kaki.

Puncak Gunung Prau berupa padang rumput luas. Ketika berada di puncak gunung, Anda akan melihat kumpulan awan bak kapas. Udara di puncak gunung ini pastinya sejuk. Anda akan melupakan sejenak hiruk-pikuk jalanan kota beserta polusi udaranya.

2. Telaga Warna

Gambar diambil dari instagram.com/nugrohofebianto18/

Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata yang unik. Air telaga ini mengalami perubahan warna, seperti hijau, kuning, dan biru. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang tinggi. Oleh karena itu, ketika matahari memancarkan sinarnya, air telaga akan terlihat warna-warni.

Fenomena alam ini tentunya sangat menarik perhatian para wisatawan. Bukit yang mengelilingi Telaga Warna semakin menambah keindahan pemandangan tempat ini. Anda dapat berkunjung ke telaga ini setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah, yakni Rp10.000.

3. Kawah Sikidang

Gambar diambil dari instagram.com/fky.fr/

Wisata Dieng Wonosobo yang tidak kalah menarik adalah Kawah Sikidang. Letak kawah ini tidak jauh dari Bukit Sikunir. Keindahan pemandangan kawah memang selalu membuat kita takjub, termasuk Sikidang.

Anda dapat memotret berbagai panorama menakjubkan dari kawah ini, terutama saat pagi hari. Ketika berkunjung ke Kawah Sikidang, jangan lupa untuk menggunakan masker supaya terhindar dari aroma belerang yang menyengat.

4. Candi Arjuna

Gambar diambil dari instagram.com/yudiguntara81/

Selain menikmati panorama alam yang menakjubkan, wisata Dieng Wonosobo juga memiliki cagar budaya, yaitu candi peninggalan kerajaan Hindu. Salah satunya adalah candi Arjuna.

Candi Arjuna merupakan salah satu artefak peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terletak di kabupaten Banjarnegara, Wonosobo.

Anda pastinya akan takjub melihat arsitektur candi-candi peninggalan kerajaan Hindu ini, terutama ukiran Kalamakara di atas pintu candi.

5. Bukit Sikunir

Kalau Sweet Couple ingin menyaksikan indahnya terbit matahari yang menakjubkan, maka Bukit Sikunir adalah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan, kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Anda harus datang ke tempat ini pukul 5 pagi agar bisa menyaksikan sunrise secara utuh. Jam operasional tempat wisata ini dimulai pada pukul 02.00 sampai 18.00 WIB.

6. Telaga Pengilon

Selain Telaga Warna, ada juga Telaga Pengilon di daerah Dieng. Telaga Pengilon memiliki air yang sangat jernih. Telaga ini menjadi habitat beberapa jenis ikan.

Airnya yang sangat jernih membuat kita bisa melihat dengan jelas banyaknya ikan yang berenang. Pemandangan ini tentunya sangat menarik perhatian para wisatawan. Masyarakat setempat memanfaatkan air di telaga ini untuk mengairi sawah.

Sweet Couple dapat berkunjung ke tempat wisata tersebut setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Tarif tiket masuknya hanya Rp10.000.

7. Batu Pandang Ratapan Angin

Gambar diambil dari instagram.com/bluestraveltour/

Batu Pandang Ratapan Angin tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya di Dieng. Batu Pandang Ratapan Angin merupakan tebing tinggi yang letaknya berdekatan dengan Telaga Warna. Batu Pandang merupakan tempat terbaik bagi Anda yang berburu spot foto estetik.

Ketika berdiri di tebing ini, Sweet Couple akan melihat Telaga Warna yang tampak sempurna. Harga tiket masuk Batu Pandang adalah Rp10.000. Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.30 WIB.

Itulah 7 tempat wisata Dieng Wonosobo yang harus Sweet Couple kunjungi. Seluruh destinasi wisata ini memiliki tarif tiket yang murah dan akses transportasinya tidak terlalu sulit.

Artikel disadur dari idntimes.com



source https://sweetrip.id/destinasi/tempat-wisata-dieng-wonosobo/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel