-->
7 Tingkatan Neraka dan Calon Penghuninya Berdasarkan Alquran . Semoga Kita Tidak Termasuk Ke Dalam Salah Satu Golongan Penghuni Neraka

7 Tingkatan Neraka dan Calon Penghuninya Berdasarkan Alquran . Semoga Kita Tidak Termasuk Ke Dalam Salah Satu Golongan Penghuni Neraka

Bagikan :

Dalam Islam, neraka adalah tempat di alam akhirat yang diciptakan Allah SWT untuk orang-orang yang kufur dan menentang syariat-Nya.

Neraka dalam bahasa Arab disebut naar yang berarti api menyala. Neraka berisi siksaan pedih sebagai balasan terhadap dosa yang dilakukan di dunia.

Alquran telah mencantumkan nama-nama neraka, tingkatan neraka dan calon penghuni yang akan mendiami neraka.

Tingkatan Neraka dan Penghuninya

Berikut ini Indozone bagikan nama-nama neraka beserta tingkatan neraka dan penghuninya berdasarkan firman Allah SWT dalam Alquran.

1. Neraka Jahanam

Neraka Jahanam adalah tingkatan neraka paling tinggi yang ditujukan bagi umat Muslim yang gemar berbuat maksiat.

Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW pernah bertanya kepada Malaikat Jibril mengenai penghuni Jahanam. Jibril pun menjawab:

“Pintu itu dihuni oleh para pelaku dosa besar dari kalangan umatmu. Mereka meninggal dan tak sempat bertobat.”

Alquran telah menjelaskan keadaan neraka Jahanam yang dikenal paling dalam dan berat siksaannya.

“Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya.” (QS. Al-Hijr: 43)

2. Neraka Ladza

Neraka Ladza merupakan neraka yang api di dalamnya menyala-nyala.

Neraka ini diperuntukkan kepada umat Muslim yang suka berdusta dan berpaling dari agama.

Selain itu neraka Ladza juga menjadi tempat orang-orang yang gemar mengumpulkan harta benda namun tidak menafkahkannya di jalan Allah.

“Maka, Kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala. Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman).” (QS. Al-Lail: 14-16)

3. Neraka Huthamah

Neraka Huthamah merupakan neraka yang penghuninya dipenuhi oleh orang-orang yang suka berbicara buruk.

Baik itu umat Muslim yang suka mengumpat, mencela, maupun menggunjing (ghibah).

Selain itu, neraka Huthamah juga menjadi tempat kediaman orang-orang yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya.

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka. (Sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.” (QS. Al-Humazah: 4-9)

4. Neraka Sa’ir

Tingkatan neraka selanjutnya yaitu neraka Sa’ir, yang menjadi kediaman bagi orang-orang yang mengambil harta anak yatim.

“Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan ke dalam neraka Sa’ir.” (QS. An-Nisa: 10)

Bukan itu saja, penghuni neraka Sa’ir juga merupakan orang yang mengingkari Allah SWT karena bersekutu dengan setan.

“Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka Sa’ir (yang menyala-nyala), yakni orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang keras.” (QS. Al-Fathir: 6-7)

5. Neraka Jahim

Nama-nama neraka berikutnya yaitu Neraka Jahim, yang dihuni oleh mereka yang musyrik.

Yakni orang-orang yang menyembah selain Allah SWT, seperti berhala. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran:

“Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.” (QS. Asy-Syu’araa: 91)

Termasuk pula mereka yang tidak mengimani adanya hari pembalasan dan tidak percaya akan Alquran.

“Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu adalah penghuni neraka.” (QS. Al-Maidah: 10)

6. Neraka Saqar

Berhati-hatilah jika masih suka menyepelekan salat dan biasa meninggalkan salat.

Sebab, neraka Saqar menjadi tempat di akhirat bagi mereka yang tidak mendirikan salat.

Neraka Saqar juga diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak bersedekah, berbicara buruk, dan tidak percaya pada hari pembalasan.

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab, ‘Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang batil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan.” (QS. Al-Mudatsir: 42-46)

7. Neraka Hawiyah

Neraka Hawiyah adalah tingkatan neraka paling bawah, yang menjadi tempat bagi mereka yang ringan timbangan amalannya.

Meski neraka Hawiyah merupakan neraka paling dasar, namun api yang berada pada neraka ini sangatlah panas.

“Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke Neraka Hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas.” (QS. Al-Qoriah: 8-11)

Penghuni Neraka Hawiyah adalah mereka yang mencari rezeki dengan cara tidak halal, memakan riba, munafik, orang kafir, dan termasuk juga keluarga Fir’aun.

Demikianlah tingkatan neraka dan calon penghuninya menurut Alquran. Semoga kita tidak termasuk ke dalam salah satu golongan penghuni neraka di atas ya.



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/2RE6KZ2
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel