-->
Inilah 15 resep bolu kukus mekar spesial , lembut di mulut bikin menggugah selera

Inilah 15 resep bolu kukus mekar spesial , lembut di mulut bikin menggugah selera

Bagikan :

Inilah 15 resep bolu kukus mekar spesial.. Selamat mencoba..

Bolu kukus mekar

Bahan:
200gr tepung terigu
200gr gula
2butir telur
125ml sprite
Sedikit vanilli
1/2sdt tbm
Pewarna makanan secukupnya
Cara membuat:
Panaskan panci dgn api besar,tutup panci d alas serbet bersih….
Campur tepung,gula,telur, sprite,vanilli mixer dgn kecepatan tinggi selama 5menit,lalu masukan tbm,mixer lagi sampai putih kental mengembang (lbh kurang 10menit)tuang adonan ke cupcakes kukus lbh kurang 15mnt

TIPS: *gunakan telur fresh/baru
*Dandang/kukusan harus bnr2 panas (gunakan api besar dan air harus mendidih banget)
*Mixer adonan sampai putih mengembang/kental (klo adonan d angkat pake spatula akan jatuh berjejak)

Bolu kukus mekar

Bahan:
* 200gr tepung terigu
* 180gr gula
* 2butir telur
* 100ml sprite
* 1sdt vanili
* 1sdt SP
* Pewarna/pasta sesuai selera

Cara membuat
* Masukkan semua bahan kecuali SP
* Mixer kecepatan tinggi adonan setelah 5mnt masukin SP mixer lagi sampai kembang 10menit,total semua 15menit
* Tuang cetakan alasi cup hiasi warna sesuai selera
* Kukusan yang sudah dipanaskan beruap ,,alasi tutup dengan kain jika pake kukusan yang biasa ,supaya air tidak menetes
* Kukus 15menit,l dengan api besar,jangan dibuka sebelum waktunya

Bolu Kukus Mekar

Rebake: Rahma Aulia @liteofnight

Bahan :
– 250 gr tepung terigu segitiga
– 200 gr gula pasir
– 200 ml susu cair
– 2 butir telur
– 1 sdt SP
– 1/2 sdt vanila powder
– Pewarna makanan

Cara :
1. Campurkan semua bahan kecuali pewarna, lalu kocok dengan kecepatan tinggi selama 10 menit. Adonan jadi agak kental dan solid. Wajib kental yaa. Kalo nggak kental, bantet hasilnya.
2. Bagi beberapa bagian, beri warna.
3. Masukkan ke dalam cetakan penuh.
4. Kukus selama 15-20 menit dengan api sedang cenderung agak besar. Pastikan kukusan telah dipanaskan dan sudah beruap. Jangan lupa tutup dialasi kain supaya uap air tidak menetes ke adonan. Air kukusan juga diperhatikan supaya ga nyiprat ke bagian dasar bolu.
5. Segera angkat dan keluarkan dari cetakan. Jadi sekitar 20 cup ceper.

Bolkus Mekar non Soda

Bahan :
300 gr terigu (sy sgitiga)
325 gr gulpas
3 btr telor
15 gr emulsifier (sy SP)
150 ml air
1/2 sdt ragi instan
Pasta sesuai selera

Cara :
1. Campur semua bahan jadi 1 dlm bowl besar (terigu saya ayak dl)
2. Panaskan kukusan/klakat, alasi tutupnya dgn serbet (kalo klakat tidak perlu alas serbet)
3. Mixer semua bahan jadi 1 sampe pucat dan kental berjejak (saya kurleb 15 -20 mnt)
4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, tambahkan pasta/pewarna sesuai selera (saya pakai toffieco/sesuaikan dgn selera)
5. Taruh di cetakan bolkus selang seling sesuai warna yg dikehendaki, adonan hrs penuh sebatas cetakan.
6. Kukus selama +/-15 mnt (air kukusan harus mendidih, uap banyak)
7. Angkat dan sajikan

Bolu kukus merah putih

Bahan:
200gr tepung terigu
200gr gula
2butir telur
125ml sprite
Sedikit vanilli
1/2sdt tbm
Pewarna merah secukupnya
Cara membuat:
Panaskan panci dgn api besar,tutup panci d alas serbet bersih….
Campur tepung,gula,telur, sprite,vanilli mixer dgn kecepatan tinggi selama 5menit,lalu masukan tbm,mixer lagi sampai putih kental mengembang (lbh kurang 10menit)bagi adonan tambahkan pewarna merah,tuang adonan selang seling ke cupcakes kukus lbh kurang 15mnt

TIPS: *gunakan telur fresh/baru
*Dandang/kukusan harus bnr2 panas (gunakan api besar dan air harus mendidih banget)
*Mixer adonan sampai putih mengembang/kental (klo adonan d angkat pake spatula akan jatuh berjejak)

BOLU KUKUS MEKAR

By @weni_sulastri75

Bahan :
2 butir telur
180-200 gr gula pasir (sesuaikan selera)
1 sdt emulsifier
1 sdt baking powder
2 bks vanili bubuk
150 ml air soda ( aku pake sprite)
250 gr tepung terigu

Cara membuat :
1. kocok semua bahan kecuali terigu +-10 menit sampai kental putih berjejak dengan speed tinggi.
2. masukkan terigu yg sudah diayak, kocok dengan speed rendah sampai rata, kemudian naikan kecepatan, kocok lg 5 menit dgn speed tinggi.
3. beri pewarna/perisa sesuai selera, masukkan kedalam cetakan sampai penuh.
4. kukus dengan api sedang cenderung besar sampai matang. kurang lebih 10 menit.

BOLU KUKUS

Bahan :
200 gr Tepung Terigu
180 gr Gula Pasir
125 ml Sprite
2 btr Telur
1 sdt SP
1/2 sdt Pasta Vanila
1/2 sdt Essence pisang
1/4 sdt Garam
Secukupnya Pewarna

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, kocok dgn kecepatan tinggi hingga mengembang, putih, kental dan adonan kelihatan mengkilap.
2. Bagi adonan, beri pewarna sesuai selera. Tuang ke dalam cetakan bolu kukus.
3. Kukus selama 10-15 menit dgn api sedang cenderung besar (Pastikan kukusan sdh dlm keadaan mendidih dan beruap banyak). .

Bolu Kukus Mekar

By @litarizkymaulana

Bahan :
225 gr gula pasir (me: 200gr)
2 btr telur
1 sdt cake emulsifier (me: TBM)
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 ml air soda (sprite)

Cara membuat :
Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan cup casesnya. Panaskan kukusan dengan API BESAR biarkan uapnya banyak. Bungkus tutup kukusan dengan kain.

Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 10 menit hingga kental (tergantung miksernya juga ya, pokoknya sampe benar-benar kental deh). Bagi adonan kedalam 2 wadah. Beri pewarna makanan sesuai yang diinginkan (saya pakai pasta mocca untuk yang cokelat dan yang putih pasta vanila)

Tuangi cetakan. adonan harus penuh sampai atas cup supaya mekarnya bagus. beri atasnya dengan adonan berwarna (kalo saya, setelah diisi dengan adonan putih, beri adonan cokelat ditengahnya, lalu beri adonan putih lagi, lalu adonan cokelat) lakukan sampai cupnya penuh. Kukus selama 20 menit dengan api besar.

Note:
Dari pertama bikin bolu kukus ini (sudah ngga ke hitung berapa kali bikinnya) alhamdulillah selalu sukses mekar dan hasilnya lembut. Ngga pernah kena ‘kutukan’ bolu kukus.

Bolu Kukus Mekar (8pcs)

Resep ce @juwitacc
Rebake @lisagunawan05

Bahan:
1btr telur
80gr gula
70ml sprite
110gr terigu kunci
1sdt susu bubuk
Sekitar 5sdm endapan pandan suji kental (td tdk sy ukur, cuma warna liat adonannnya)
1/2sdt TMB
Meses
~mixer semua bahan kecuali TBM sekitar 5mnt, masukkan TBM, mixer lagi dgn speed tinggi 8mnt (total 13mnt). Campur meses, Tuang ke cup kertas, kukus dgn api bsr 15mnt.

BOLU KUKUS JAHE

By.@lisna_lisnawati71

Bahan (A) :
– 200 gr gula merah sisir (me: gula aren)
– 50 gr gula pasir
– 1/4 sdt garam
– 3 jempol Jahe ,kupas lalu Cuci bersih parut dengan parutan keju
– 200 mil air

Bahan (😎 :
– 250 gr terigu segitiga biru
– 1 butir telur
– 100 mil minyak goreng
– 1/2 sdt vanili bubuk
– 1 sdt baking soda

Cara Membuatnya :
1.campur bahan (A) dalam panci ,didihkan di kompor hingga mendidih dan gula larut,saring dan biarkan dingin/hangat juga boleh
2. Mixer telur dengan vanili bubuk hingga putih dan membusa dengan speed tinggi
3. Lalu matikan Mixer, kemudian masukkan tepung terigu dan baking soda yang telah di ayak, masukkan cairan gula,lalu mixer sebentar saja dengan speed terendah hingga tercampur rata
4. Matikan Mixer, masukkan minyak goreng,aduk balik dengan spatula hingga adonan tercampur rata
5. Siapkan cetakan bolu Kukus yang telah di alasi dengan kertas baking paper, lalu tuang adonan ke dalamnya
6. Masukkan dalam dandang yang telah di panaskan, Kukus hingga matang kurang lebih 20 menit, alasi tutup kukusan dengan serbet

Bolu kukus gula merah

Source @ayuaudrey91
Recook @lindacen_cen

Bahan:
Gula merah 250 gram
Gula 2sdm ( optional )
Air panas 200 cc
Terigu 250 gram
1/2sdt baking powder
1/2sdt soda kue
2 kuning telur
50 cc minyak
2lbr daun pandan

BACA JUGA:
Inilah 20 resep olahan ayam Bikin Ngiler.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep Bakmie ayam spesial.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep masakan harian lezat , dan sambal pedas nikmat.. Selamat mencoba..
Caranya =
Masak gula dan aer plus daun pandan sampai gula larut. Saring dan dingin kan.

Di wadah terpisah ayak terigu dan soda + baking powder. Buat cekungan ditengah masukan kuning telur. Aduk rata dgn bantuan whisk. Tuang bertahap larutan gula…aduk sampai rata. Terakhir masuk kan minyak…aduk balik dgn spatula. Pastikan rata tidak ada endapan minyak.

Siapkan cup bolu kukus…tuang adonan sampai penuh. Kukus sekitar 15menit. ..( dandang atau kukusan mesti benar2 panas ya )

BOLU KUKUS merah putih⁣

Recipe: @yusnitaerni.9
⁣Rebake: @yeyetrisiana

Bahan⁣

2 telur @55 gram⁣
175 gram gula pasir ⁣
1 sdt emulsifier/SP⁣
200 gram tepung terigu pro rendah⁣
100 ml air soda/sy sprite ⁣
1 sdm susu bubuk (bisa skip)⁣
1sdt vanilli (aku 1 sdt vanilla extract)
1 sdm pewarna merah (aku cross) dan pasta coklat/mocca⁣

Cara:⁣
1. Dalam bowl masukkan telur, gula, tepung, susu bubuk, sprite kocok dengan mixer speed sedang selama 5 mnt⁣
2. Setelah 5 menit masukkan SP lalu kocok kembali selama 15 mnt⁣ kecepatan tinggi
3. Panaskan kukusan dengan api besar⁣
4. Bagi adonan dalam 2 mangkuk. Salah satunya beri pewarna merah dan pasta coklat/mocca. Aduk rata. Masukkan adonan dalam piping bag. Lalu semprotkan ke dalam cup bolkus yg sdh dialasi paper cup. Tuang selang seling antara merah dan putih. Sampai batas paper cup/penuh. ⁣
5. Taruh dalam kukusan yg sdh beruap panas. Beri jarak antara satu sama lain. Air dalam kukusan jgn smp mengenai cup nanti bantat.⁣
6. Kukus sampai matang kurleb 20 mnt(utk bolkus yg agak besar), pakai api besar, jangan buka tutup kukusan, dan pastikan tertutup rapat.⁣ Air di tutup kukusan jangan sampai mengenai bolu kukus (tutup dengan kain)

BOLU KUKUS PANDAN

Saurce : @tintinrayner
Made by : @aiai_tjhang

Bahan:
200 gr Cairan Pandan (100 gram Santan Instant+5sdm Endapan Pandan+Air timbang sampai 200gr)
1/4 sdtGaram
1/4 sdtVanilla bubuk
2 butirKuning Telor
1/2 sdtSoda Kue
240 grGula Pasir
1/4 sdtBaking Powder
250 grTepung segitiga/kunci
100 ml Minyak Goreng

1. Didihkan Santan Instant,200 gram Gula dan Endapan Pandan sampai gula larut
2. Mixer kuning telor+sisa Gula pasir 40gr+BP+Sodakue sampai pucat mengembang pake speed tinggi
3. Masukkan secara berurutan : Cairan Pandan lalu campuran terigu sampai rata aja yah dengan mixer speed paling rendah,matikan mixer masukkan masukkan minyak aduk pake Spatula aja.
4, Masukkan cup bolu kukus.
Kukus selama 20 menit dengan api besar
jangan lupa panasin dandang sampe full uap sebelum masuk ya
dan sebaiknya tutup dandang dilapisi serbet supay ya ga netes2

BOLU KUKUS

Hand mixer & food steamer

@russellhobbs.id

Bahan:
• 2 butir telur
• 170 gr gula pasir (boleh diadjust)
• 200 gr terigu protein rendah
• 125 ml soda water
• 1 sdt vanilla paste
• 1 sdt SP

Langkah :
• mix semua bahan menjadi 1, kecuali SP sampai benar2 tercampur
• tambahkan SP kemudian mix adonan sampai mengembang ( kl adonan cair ada hasilnya akan bantat )
– bagi2 adonan dan beri pewarna yg diinginkan ( ak pakai paste buatan sendiri dr bahan2 natural )
– tuang adonan ke dalam cetakan dan kukus adonan sampai matang

Bolu Kukus Semangka

Bahan :
250 g tepung terigu
200 g gula pasir
200 ml susu cair
2 butir telur
1 sdt SP
pewarna merah
pewarna hijau
meises coklat

Cara :
– campurkan semua bahan (kecuali pewarna dan meises), lalu kocok dengan kecepatan tinggi selama 10 menit. Adonan jadi agak kental dan solid.
– bagi adonan menjadi 3 bagian. 1 bagian paling banyak beri pewarna merah dan diberi meises, 1 bagian warna hijau dan sisanya biarkan tanpa diberi pewarna. Masukkan dalam piping bag (plastik segitiga).
– masukkan ke dalam cetakan dengan urutan, adonan warna merah, lalu adonan putih dan hijau.
– kukus selama 15-20 menit dengan api agak besar, pastikan kukusan telah dipanaskan dan sudah beruap, jangan lupa tutup dialasi kain supaya uap air tidak menetes ke adonan.
– segera angkat dan keluarkan dari cetakan. Jadi sekitar 15 cup bolu kukus. ..



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3fOAsTt
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel