-->
Inilah 16 resep sambal pedas nikmat bikin nambah nasi bikin nagihh setaiap hari

Inilah 16 resep sambal pedas nikmat bikin nambah nasi bikin nagihh setaiap hari

Bagikan :

Inilah 16 resep sambal pedas nikmat.. selamat mencoba..

Ayam dan tempe bacem⁣

Bahan :⁣
3/4 ekor ayam ⁣
Tempe secukupnya ⁣
100gr gula merah⁣
3sdm kecap manis⁣
5lbr daun salam⁣
1sdt Ketumbar bubuk⁣
1/2 sdt lada bubuk⁣
1ruas lengkuas geprek⁣
Air secukupnya⁣
Garam secukupnya⁣

Bumbu yg dihaluskan ⁣
4siung bawang putih⁣
7siung bawang merah⁣

Cara:⁣
Didihkan air bersamaan dg bumbu halus, lengkuas,daun salam,dan gula merah..beri garam dan lada ⁣
Stlh mendidih masukkan ayam dan tempe..beri kecap manis⁣

Masak sampai air menyusut dan sesekali di aduk jgn lupa ditutup ya wajannya.. Stlh air menyusut ⁣
Ayam dan tempe siap di goreng (goreng sebentar saja dg api sedang)⁣

Sambel terasi⁣
Segenggam cabe rawit ijo⁣
15 buah cabe merah keriting ( boleh gnti rawit merah)⁣
1 buah bawang merah⁣
1 buah tomat merah⁣
1 bungkus Terasi abc yg kecil⁣

Cara⁣
Goreng semua bahan cabe sampai layu lalu angkat dan ulek beri garam dan gula secukupnya ( saya pke gula merah ) perasi dg jeruk limo.⁣

SAMBAL_MANGGA

By @Echi_Raffani2016

10bh cabe Rawit
6bh cabe Merah
10bh Rampai /tomat kecil cherry
2bh terasi ready pakai *tdk perlu bakar
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1bh Mangga Kueni yg matang di cacah .

💕Campur Semua bahan sambelan Cabe,terasi,gula,garam..ulek kasar saja..masukkan rampai ulek sebentar .dan terakhir masukan cacahan mangganya aduk rata….jadi dech.
SAMBAL_MANGGA siaaap!!

Sambel Pete

@denokaiyu

Bahan..
– 5 papan pete , kupas dan belah jadi 2,, cuci bersih
– 1/2 kg cabe rawit
– 3 buah cabe merah besar.. 2 buah tomat ukuran sedang
– 6 bungkus kecil terasi.. garam dan gula merah secukupnya
– 10 butir bawang merah
– 2 bungkul bawang putih.

Langkah.

1. blender agak kasar bawang merah putih sisihkan.

2. kemudian terpisah blender semua cabe..

3. Panaskan minyak goreng terasi lalu masukan bawang merah putih blender tumis sebentar,, lalu masukan cabe,, tambah sedikit air masak terus baru masukan tomat yang diiris tipis, gula merah dan garam masak hingga matang,, bisa ditambah minyak sedikit sambil terus diaduk,, koreksi rasa,,, bisa ditambah vitsin bila suka..

4. Terakhir masukan pete dan aduk sebentar lalu matikan api dan angkat..

5. Setelah dingin sambel bisa ditaruh dibotol.. dan bisa disimpan dikulkas setidaknya bisa bertahan 1 minggu karna tdk ada bahan pengawetnya.

Sambal Penyet Ikan Panggang

By @syifa.nia

Bahan-bahan ::
– 4 Ekor Ikan Panggang
– Minyak Goreng Secukupnya

Bumbu Halus ::
– 2 Siung Bawang Putih
– Garam Secukupnya
– Penyedap Rasa Secukupnya
– Air Secukupnya

Bahan Sambal ::
– 12 Cabe Rawit (Opsional)
– 5 Cabe Merah Keriting
– 2 Siung Bawang Putih
– 2 Buah Tomat
– 100 ml Minyak Goreng Bekas menggoreng ikan

Bumbu Pelengkap Sambal ::
– 1/2 sdt Terasi Matang
– Garam Secukupnya
– Penyedap Rasa Secukupnya
– Gula Pasir Secukupnya
– 1 Buah Jeruk Limau

Pelengkap ::
– Daun Singkong Rebus
– Terong Goreng
– Tempe Goreng
– Ketimun

Langkah-langkah ::

1. Siapkan wadah beri bumbu halus dan air secukupnya,aduk rata kemudian bumbui ikan panggang. Panaskan minyak goreng ikan panggang hingga matang, angkat dan tiriskan.

2. Membuat sambal, panaskan minyak goreng sisa menggoreng ikan tadi, masukkan semua bahan sambal masak hingga layu. Lalu tuang ke dalam cobek, dan beri bumbu pelengkap sambal,uleg hingga halus,dan memarkan jeruk limau hingga keluar air jeruknya,uleg rata kembali.

3. Sambel penyet ikan panggang dan pelengkapnya siap disajikan dengan nasi hangat.. Nikmatnyaa…

Sambal Bawang Tomat

by. @dishby_ifah

Bahan-bahan : .
🌸 Sambal Bawang Tomat :
– 8 buah cabe merah keriting
– 15 buah cabe rawit merah (bisa di kurangi)
– 6 buah cabe rawit hijau
– 5 siung bawang merah
– 1 buah tomat ukrn sedang
– 1/4 sdt terasi bakar
– 1/4 sdt garam
– 1/4 sdt kaldu bubuk
– secukupnya Minyak goreng

🌸 Pelengkap :
– Bakwan jagung
– 10 buah bakso sapi, rebus sebentar lalu goreng hingga kering
– Timun
– Kacang panjang

Cara membuat :

1. Panaskan minyak goreng secukupnya, lali goreng cabe, bawang, dan tomat, hingga layu. Setelah itu, angkat dan tiriskan

2. Selanjutnya ulek bahan yg sdh di goreng bersama dengan terasi, garam, kaldu bubuk, hingga halus

3. Sajikan sambal dengan pelengkap dan nasi hangat

SAMBAL MANGGA

BAHAN :
– 1 buah mangga (jgn terlalu muda,jgn terlalu tua)
– 15 buah cabe merah keriting
– 5 buah cabe rawit
– 1/2 sdt terasi bakar
– Garam & gula secukupnya
– 1 buah jeruk sambal

CARA MEMBUATNYA :

1. Kupas mangga lalu potong memanjang bentuk korek api,sisihkan.

2. Ulek cabe merah keriting,cabe rawit,garam,gula & terasi bakar,setelah tercampur rata kucuri sambal dgn jeruk sambal/nipis,aduk kembali,berikutnya campurkan mangga bersama sambal tadi,aduk rata,sajikan

Step by step Sambal Ijo ala Padang

By @dishby_ifah

Bahan-bahan :
– 100 gram Cabe ijo keriting
– 50 gram Cabe rawit ijo
– 5 buah tomat ijo
– 5 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 1 papan pete, kupas dan belah dua
– 25 gram Teri medan, rendam air hangat sebentar, cuci bersih
– 1 sdt kaldu bubuk
– secukupnya Garam
– secukupnya Minyak goreng

Cara membuat :

1. Rebus cabe ijo, cabe rawit, tomat, bawang merah dan putih dengan air secukupnya, masak hingga mendidih (jangan terlalu lama, mendidih sekali langsung angkat) tiriskan

2. Uleg kasar bahan sambal yg sudah di rebus tadi, sisihkan

3. Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan teri hingga setengah kering (jika suka teri yg garing, masak lebih lama hingga teri garing)

4. Selanjutnya masukan sambal ijo yg sudah di uleg tadi, aduk rata.. Masak hingga kadar air berkurang dan keluar minyaknya..

5. Setelah itu, tambahkan kaldu bubuk, garam, dan pete.. Aduk rata dan masak hingga pete matang dan meresap..

6. Angkat dan sajikan

Resep Sambel Terasi Andalan Guweehh

By @agustinartisandy

Cabe rawit
Bawang merah
Terasi bakar
Tomat ijo
Minyak gr
Gula merah / gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya .

Caranya :

Goreng cabe rawit, bawmer, dan tomat ijonya sampai layu aja. Angkat letakkan di cobek . Tambahkan terasi bakar , gula merah , garam dan kaldu bubuk secukupnya. Uleg kasar atau sesuai selera .
Test rasa , Sajikan .

SAMBEL TERASI

Dengan lauk daging ayam goreng. manteb banget nih dicocok ke sambel nya.
Maknyuss!

Bahan
5 cabe merah kriting
5 cabe hijau besar
5 cabe rawit merah
1 tomat merah
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 sdt terasi goreng
1 sdt gula jawa
Garam

Caranya
Goreng semua cabe, bawang & tomat, lalu ulek kasar dengan garam, terasi & gula jawa, tetesi air jeruk limo, kalo biasa pake penyedap silahkan

SAMBAL TERASI

BAHAN :
– 25 buah cabe rawit merah
– 10 buah cabe merah keriting
– 1 buah tomat
– 1 1/2 sdt terasi bakar
– 7 siung bawang merah
– jeruk sambal
– Garam & gula secukupnya

PELENGKAP :
– Ikan goreng,tempe goreng & lalapan

CARA MEMBUATNYA :

Goreng bawang merah,cabe rawit,cabe keriting & tomat setengah matang,angkat,lalu tuang ke cobek,ulek rata,boleh ulek kasar atau ulek halus,sesuai selera aja,tambahkan garam,terasi & gula,terakhir kucuri dgn jeruk sambal,aduk rata,sajikan sambal bersama ikan goreng,tempe goreng & lalapan.

Sambal Belimbing Wuluh

By @susan_gracia

Bahan:
– 100 gr Cabe keriting
– 100 gr Cabe rawit merah
– 15 siung bawang merah
– 4 siung kecil bawang putih

– 1 keping terasi bakar
– Garam sesuai selera
– Gula sesuai selera
– Jeruk limo
– 5 buah belimbing wuluh, iris .

CARA MEMBUAT :

1. Goreng cabai rawit, cabai merah, bawang merah dan bawang putih, setengah matang saja, lalu angkat

2. Ulek semua bahan sambal kecuali belimbing wuluhnya, cek rasa

3. Tambahkan irisan belimbing wuluh dan perasan jeruk limo, ulek sedikit sampai tercampur. Enjoooyyy

Sambal rawit ala

@nafisa_shidqia

Bahan:
– 3sdm minyak
– Cabe rawit hijau 20biji (cabe acar)
– Cabe merah 10biji
– Tomat 1 biji
– 2 siung bawang merah
– Terasi abc 1/2 bungkus
– Garam secukupnya
– Vitsin (boleh di skip)
– Gula pasir secukupnya

BACA JUGA:
Inilah 20 resep kue bolu spesial.. selamat mencoba..
Inilah 15 resep masakan olahan ayam nikmat.. selamat mencoba..
Inilah 30 resep puding , lapis , kue , dan cemilan nikmat.. selamat mencoba..
Langkah:

1. Tumis semua bahan, kecuali gula dan garam.

2. Ulek semua bahan tambahkan garam dan gula, terakhir siram sisa minyak menumis tadi. Cicipi rasa, sajikan. (Ps: cocok buat ayam penyet, ayam goreng, ikan bakar)

SAMBEL TERASI

By: @reystafauzia

Bahan:
– 7 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 6 biji cabe rawit (sesuai selera)
– 2 buah tomat ukuran besar
– 1 bks terasi, bakar
– 1 sdm air jeruk nipis
– Garam
– Gula

Caranya:

1. Goreng semua bahan, kecuali terasi.

2. Angkat, lalu uleg bahan yg sudah digoreng tadi dan tambahkan terasi bakar, beri garam dan gula, uleg lagi, beri perasan air jeruk nipis, kemudian koreksi rasa dan sajikan.

SAMBEL GOANG

Oleh @dhilasina

Bahan:
– 2 genggam cabe rawit hijau
– 3 siung bawang putih
– 1 sdt air jeruk nipis
– Garam, penyedap kalau suka
– 5 sdm minyak goreng

Cara membuat:

1. Ulek cabe rawit, bawang putih, air jeruk nipis, garam, sisihkan

2 Panaskan minyak, siram ke atas sambel yang sudah diulek.

3. Selesai 😉 sambel goang siap mengguncang magic jar anda 😂😂😂😂 Gampang kan?

Oya, aku biasanya pakai minyak sehabis menggoreng lauk yang mau disajikan bersama sambel. Misalnya, hari ini menunya ikan goreng, jadi setelah goreng ikan minyaknya diambil sedikit untuk disiram ke atas sambel. Jadinya lebih gurih

Sambal Ikan Teri

Oleh @cookingwithsheila

Beberapa hari yang lalu, saya lihat foto sambal ikan bilis. Biasanya ikan bilis itu menu masakan Malaysia yah. Saya modif sendiri deh pakai cara saya. Ehh jadinya enak deh.. Adik saya yang engga suka teri bilang enakkkk… Selagi matang, teri nya masih renyah…

Bahan:
– 2-3 sdm ikan teri (yang agak besar), cuci dan goreng kering
– 1/2 sdt Garam
– 1 sdt kaldu ayam atau jamur bubuk
– 1 sdt Gula pasir
– 1 buah jeruk sambal

Dihaluskan kasar:
– 6 butir bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 15 buah cabai rawit hijau
– 5 buah cabai rawit merah
– 5 buah cabai merah besar
– 1 sdt terasi bakar

Cara Membuat:

– Panaskan minyak dan tumis cabai yang sudah dihaluskan kasar.

– Bumbuhi dengan gula, garam dan kaldu bubuk.

– Masak hingga matang dan terakhir tambahkan teri. Aduk rata.

– Matikan api dan terakhir beri perasan air jeruk sambal.

Untuk semangkuk kecil

SAMBAL_TERASI

By @Echi_Raffani2016

– 10bh cabe Rawit
– 2bh cabe Merah
– 10bh Rampai /tomat kecil cherry
– 2bh terasi ready pakai *tdk perlu bakar
– 1 sdt gula pasir
– 1/2 sdt garam

Campur Semua bahan sambelan *mentahsemua Cabe,terasi,gula,garam..ulek kasar saja..masukkan rampai ulek sebentar
SAMBAL_TERASI siaaap..



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/2RtziVk
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel