-->
Inilah 20 resep kue cemilan nikmat enak, mudah di buat untuk keluwarga

Inilah 20 resep kue cemilan nikmat enak, mudah di buat untuk keluwarga

Bagikan :

Inilah 20 resep kue cemilan nikmat.. Selamat mencoba..

OLIEBALLEN (oliebol/oliebollen)

By @koleksiresepsj

Bahan:
6 gr ragi instan
80 gr gula pasir
200 ml air
280 gr tepung terigu serbaguna
1 butir telur
20 gr susu bubuk
1/2 SDT esens vanili
2 SDM susu kental manis
1/2 SDT garam
1 SDM mentega, lelehkan
Minyak untuk menggoreng
Optional: Gula donat untuk taburan

Cara membuat:
🌻 Campur air hangat dengan gula dan ragi instan, aduk rata dan diamkan 5-10 menit.
🌻 Masukkan tepung terigu ke dalam larutan ragi, aduk rata ( semua aduk pakai garpu saja).
🌻 Masukkan telur, susu bubuk, SKM, garam, esen vanila, butter leleh, aduk rata. Tutup wadah, diamkan 30-45 menit. 🌻 Aduk dan kempeskan adonan, dengan bantuan 2 buah sendok, buat bola bola langsung masukkan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu (cukup dengan api kecil), balik balik sampai kecoklatan dan matang *nanti akan bulat dengan sendirinya.
🌻 Optional: Beri taburan gula donat. Sajikan.

APEM PANGGANG

By @dhiahoddie

Bahan :
125 gr tape singkong
225 gr gula pasir
250 gr tepung beras
60 gr tepung terigu
1 sdt ragi instan
1/2 sdt garam
400 ml santan
2 lbr daun pandan

Cara membuat :
1. Rebus santan dan daun pandang sampai mendidih, angkat dan dinginkan. Sisihkan.
2. Lumatkan tape dan gula pasir sampai halus, masukkan tepung beras, tepung terigu, ragi instan dan garam. Aduk rata.
3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan whisk sampai halus dan tidak bergerindil. Saring. Diamkan 1 jam (tutup kain kering)
4. Panaskan cetakan snack maker (bawah cetakan bisa di alas seng biar kue gk cepet gosong), oles margarin tipis2. Tuang adonan sampai penuh, tutup cetakan. Panggang sampai matang. Angkat dan sajikan.
Resep di atas jadi 14 pcs.

Homemade Bakpao / Chinese steamed buns / Baozi

By @stefanielaz
Source @fen.z

Resep Bakpao
Bahan biang:
350g tepung protein rendah
200ml air dingin
1 sdm gula
3g ragi
– Campur bahan diatas sampai membentuk adonan padat tutup dengan plastic wrap, biarkan 2 jam suhu ruang atau semalaman di kulkas.

Bahan utama:
150g tepung protein rendah
100g gula
3g ragi
50g tepung tengmien
50-75g air dingin (awalnya 50g dulu, ditambahkan air sedikit2 jika adonan masih rada kering)
6g baking powder double acting
5g garam
75g mentega putih
Cara:
1. Campur bahan biang dengan bahan utama kecuali mentega putih dan garam ulen sampai 1/2 kalis.
2. Tambahkan mentega putih dan garam ulen sampai kalis elastis.
3. Timbang adonan @50g (sesuai selera masing2) bulatkan, tutup dengan plastik wrap dan diamkan 10-15 menit, beri isian dan alas dengan kertas bakpao.
4. Biarkan adonan mengembang kira2 +/- 45 menit sampai 1 jam dari pertama kali diisi, sistem mengukus itu dari yang pertama di isi terlebih dahulu.
5. Kukus selama 10 – 12 menit tergantung ukuran bakpao, pastikan air sudah mendidih sebelum masukkan bakpao. Kukus dengan klakat atau steamer jangan sampai terkena tetesan air kukusan.
Jangan kelamaan proofing akhir, hasil bakpao bisa jadi kempes.

SERABI TEFLON SAUS DURIAN

Oleh : @yulichia88

Bahan:
200 gram terigu
60 gram tepung sagu
400 ml santan dari setengah butir kelapa
1 sdt fermipan (pastikan raginya masih aktif ya)
Garam secukupnya
Gula pasir 1 sdm

Cara:
1. Dalam baskom campur terigu, tepung sagu, fermipan, gula dan garam tuang santan sedikit demi sedikit aduk rata, jika adonan kurang halus disaring – Diamkan adonan serabi selama 45 menit
2. Panaskan teflon, tuang adonan 1 sdk sayur, panggang dgn api kecil, smp adonan mengeluarkan gelembung2 dan berlobang, tutup sebentar, lalu buka tutupnya, angkat, sajikan dgn saus durian

Saus durian
200 gram daging durian
500 ml santan dari 1 butir kelapa
2 keping gula kabung (gula merah) sisir
2 sdm gula pasir
3 lembar daun pandan simpul
Secukupnya garam

Cara:
– Gula kabung dimasak dgn sedikit air smp cair, saring sisihkan
– Dlm panci campur semua bahan, aduk2 biar santan tidak pecah
– Setelah mendidih dan agak mengental, test rasa, matikan kompor
Siap disajikan dgn serabi
Semoga bisa bermanfaat ya

KETAN TALAM DURIAN

by @rita_siucien

BAHAN KETAN:.
300 gr beras ketan. Rendam 2 jam. Cuci bersih dan tiris kn.
350 ml santan sedang ( 200 ml santan instan + air ).
2 lembar daun pandan .
Sejumput garam.

BAHAN LAPISAN DURIAN :.
200 gr daging durian .
300 ml santan sedang .
100 gr gula pasir .
60 gr tepung beras .
50 gr tepung custard.
1 sdt pasta durian .

CARA BUAT :.
1. Panaskn kukusan dulu. Siap kn loyang ukuran 18×18. Olesin dngn sdikit minyak dan alasin dasarny kertas baking. Sisih kn.
2. Cmpur smua bahan ketan. Masak hingga santan menyusut. Lalu kukus ketan selama 15 . Angkat dan pindahkn ketan ke loyang. Tekan2 hingga rata dan padat. Sisih kn.
3. Cmpur smua bahan durian. Blender hingga halus . Tuang lgsg ke atas lapisan ketan. Kukus dngn api sedang selama 40 – 50 menit hingga matang .
4. Angkat dan dinginkn hingga bnr2 dingin. Potong2 sesuai selera.

BOLU KUKUS MEKAR

by @uulfarandfavian

Bahan :
225 gr gula pasir ( sesuai selera ya saya kurangi jadi 190 gr )
250 gr tepung terigu
2 btr telur
1 sdt cake emulsifier (ovalet/sp/tbm)
1/4 sdt vanilli bubuk
150 ml air soda ( me : sprite )
Pewarna sesuai selera

Cara :
1.Panaskan dandang/kukusan
2.Kocok gula, telur dan cake emulsifier dengan kecepatan tinggi hingga kental. Tambahkan vanilli.
3.Turunkan kecepatan terendah, masukkan air soda dan tepung sedikit demi sedikit secara bergantian hingga mengental.
4.Bagi dan beri pewarna sesuai selera. Saya bagi jadi 3 warna ya. Dan alasnya kertas baking / roti yg dipotong mengikuti ukuran cup agak dilebihkan yah.
5.Tuang adonan setinggi cetakan yg sudah dialasi cup kue ato kertas roti (baking paper).
6.Kukus selama 10 menit ato hingga matang. Jika blm waktu minimal dandang ato kukusan jgn dibuka buka.
Tips : Adonan dimasukkan dlm dandang/kukusan yg sudah dipanaskan dengan api besar.
7.Semoga bermanfaat

BOLU SAKURA

by @uulfarandfavian

Bahan A :
125 gr gula pasir
250 ml air panas
Cara :
1. Buat caramel, panaskan gula di panci tebal. Boleh sambil diaduk2 sedikit. Setelah gula larut semua, tambahkan air panas pelan pelan dan bertahap.
2. Biarkan larut dan mendidih. Matikan dan dinginkan.

Bahan B :
2 butir telur
125 gr gula pasir ( sesuai selera)
1/4 sdt vanilli bubuk

Bahan C :
225 gr tepung terigu segitiga
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder double acting

Bahan D :
75 gr margarin cairkan ( me : blueband )

Cara :
1. Mixer bahan B hingga putih dan gula larut kurang lebih 5menit. Tambahkan bahan A atau caramel yg sudah dingin atau hangat. Sambil terus dimixer.
2. Campur bahan C tepung, soda kue dan baking powder. Ayak jadi satu. Tuang ke campuran telur dan caramel sedikit demi sedikit hingga rata. Matikan mixer.
3. Masukkan bahan D margarin cair sambil diaduk pake spatula. Hingga benar2 rata yah.
4. Panaskan kukusan dengan api besar hingga benar2 panas. Oles cetakan sakura dengan minyak goreng.
5. Tuang adonan ke dlm cetakan, jgn penuh banget yah saya kira2 kurang 0.3 mm dari permukaan cetakan. Kukus hingga matang kurang lebih 15menit.
6. Angkat dan keluarkan dari cetakan jika sudah hangat atau dingin. Selamat mencoba!!

BIKA AMBON

By @dhiahoddie

Bahan A :
4 butir kuning telur
1 butir telur
100 gr gula pasir
70 gr tepung tapioka
1/4 garam
1 sdt vanili

Bahan B (biang) :
2 sdm tepung terigu
2 sdm gula pasir
1 sdt ragi instan (asli : 2 sdt)
50 ml air hangat kuku

Bahan C :
250 ml santan
2 lbr daun jeruk
1 batang serai
1/2 sdt kunyit bubuk (pewarna kuning)

Bahan D :
1/2 sdm margarin cair

Cara membuat :
1. Masak semua bahan C sampai mendidih, angkat dan dinginkan.
2. Campur semua bahan B, aduk rata dan diamkan 15 menit sampai mengembang dan berbuih (tutup plastik/ piring)
3. Kocok telur, gula, garam dan vanili sampai larut, masukkan tepung tapioka, aduk rata.
4. Masukkan bahan B ke dalam kocokan bahan A, selanjutnya bahan C, aduk rata dan saring. Diamkan adonan selama 3 jam, tutup kain bersih. Tambahkan bahan D, aduk kembali.
5. Panaskan loyang bekas di atas kompor (aku pake cetakan kue pukis dan di pake bagian bawahnya), setelah benar2 panas, taruh cetakan loaf yang sudah di oles margarin dan di beri kertas roti, panaskan di atasnya.
6. Setelah panas tuang adonan, panggang dengan api kecil sampai berbuih dan permukaan/ tepi nya kering.
7. Tutup dengan loyang lebih besar dan balik, panggang 15 menit, supaya permukaan bagian atas mengering. Angkat dan dinginkan.
8. Potong2 sesuai selera dan sajikan. .

SOES BUAH

Source : Ibu @anisitiaisah
By : @agustialidya88

Bahan :
300ml air
100gr margarin/butter
150gr tepung terigu
4 butir telur
Garam secukupnya

Cara membuat :
– Campur air, margarin dan garam di wadah panci, masak sampai mendidih.
– Kecilkan api, lalu masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis, matikan api lalu tunggu hingga hangat.
– Masukkan telur satu persatu sambil diaduk dengan sendok kayu atau mixer speed rendah, sampai rata dan mengembang
– Masukkan piping bag lalu cetak
– Oven dengan suhu 200°c (aku pakai oven tangkring jadi pakai api besar) setelah soes mengembang dan kokoh kecilkan api ke sedang sampai matang tidak ada buih2 kecil lagi di body soes. Jangan sekali kali membuka tutup oven ketika soes dalam proses mengembang karena soes akan kempes kembali.

DIPLOMAT CREAM
(Campuran pastry cream/Vla dengan whipped cream)

Bahan :
500 ml susu cair
2 1/2 sdm custard
1 kuning telur
Secukupnya Gula
Sejumput garam
100 ml Whipped Cream

Pelengkap :
Buah buahan sesuai selera

Cara Membuat :
– Campur susu cair, kuning telur, maizena, gula dan garam aduk hingga rata, masak dengan api kecil sambil diaduk aduk sampai mendidih meletup letup, matikan api.
– Aduk aduk hingga vla hangat atau dingin, masukkan dalam wadah yang ada tutupnya atau plastik wrap (agar permukaan tidak berkulit) simpan dalam lemari es.
– Ambil whip cream lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku.
– Campur adonan vla dengan whip cream secara perlahan hingga rata, masukkan piping bag lalu semprotkan ke dalam soes beri toping buah. Lebih enak disajikan ketika dingin baru keluar dari kulkas. Selamat mencoba

KLEPON LABU KUNING

by : @dapur.shanty__6

BAHAN
200 gr labu kuning
150 gr tepung ketan putih
1/4 sdt garam
Gula merah secukupnya iris

Kelapa
1/2 sdt garam
2 lbr daun Pandan
1/2 buah kelapa

Air secukupnya utk rebus

CARA MEMBUAT :
Kupas labu kuning lalu kukus labunya dan kelapa parut hingga matang
Haluskan labu kuning selagi panas hingga lembut campurkan tepung ketan dan garam, campur hingga rata. Uleni hingga bisa dibentuk. Jika tepungnya dirasa kurang bisa ditambahkan ato dikurangi.
Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isian gula merah dan bentuk bulat
Lakukan hingga seluruh adonan habis.
Sembari membentuk bulatan-bulatan, didihkan air hingga mendidih, tambahkan daun pandan yang sudah di simpul.
Setelah mendidih masukkan bulatan-bulatan klepon sedikit demi sedikit saja, angkat apabila sudah terlihat mengambang.
Kemudian gulingkan di atas kelapa parut yang sudah dikukus

Selamat mencoba

MEXICAN BUN aka COFFEE BUN

Made by @novita._.sari

Bahan:
– 200 gram tepung terigu
– 50 gram tepung maizena
. – 50 gram gula pasir
– 60 gram mentega
– 1 1/2 sdt ragi instan
– 2 butir kuning telur ukuran besar
– 40 gram susu kental manis

. – 70 gram air es

-1/2 sdt garam

Bahan isi:
Butter beku, potong-potong kotak dadu

Cara membuat:
🍞 Campur semua bahan kering, kecuali garam aduk rata.
. 🍞 Masukkan skm ,air es dan telur, aduk dan mixer sampai rata dan setengah kalis.
🍞 Masukkan mentega dan garam, mixer lagi sampai kalis dan elastis Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah, istirahatkan selama 1 jam.
🍞 Kempiskan adonan, timbang masing-masing 50 gram. Pipihkan, isi dengan butter beku. Bulatkan kembali. Istirahatkan kembali sampai mengembang lagi untuk kedua kalinya (sekitar 30 menit).

. *Note : jika adonan kelembekan kalian bisa tambahkan terigu lagi sedikit” sampai kalis, begitu juga kalo kurang air.

Bahan topping:
🍞 20 gram gula halus.

🍞 80 gram susu kental manis .
🍞 45 gram mentega
🍞 1 buah telur ukuran kecil
🍞 70 gram terigu protein .
🍞 2 sdt kopi hitam asli, larutkan dengan 2 sendok makan air panas, dinginkan

Cara membuat topping:
🍞 Kocok mentega, gula halus, susu dan telur hingga lembut dan creamy. Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan larutan kopi aduk rata.
Masukkan dalam kantong segitiga, gunting sedikit ujungnya.

Penyelesaian:
🍞 Semprotkan topping di atas roti bulat yang telah mengembang. Semprot dengan pola melingkar seperti obat nyamuk .
🍞 Panggang dalam oven bersuhu 180’C api atas bawah sampai matang sekitar 15 menit. Apabila topping belum begitu kering, tambah 5 menit lagi ke pindah ke mode api atas. Sajikan hangat. .

GETAS a.k.a. GEMBLONG

By @virazsiregar
Source : ibu Veronicadhani

Bahan :
200 gram tepung ketan putih
200 gram kelapa parut putih
1 sdt garam
130 ml santan cair
Sejumput vanili bubuk (tambahan dari saya)

Bahan Gula Balur :
130 gram gula pasir
60 ml air
Cara membuat :
1. Siapkan wadah, masukan tepung ketan, kelapa parut dan garam. Aduk rata.
2. Masukan santan sedikit-sedikit sambil di aduk rata dengan tangan, sampai tekstur adonan bisa dibentuk.
3. Bentuk adonan melonjong, lakukan sampai habis. Lalu goreng sampai matang.
Tiriskan.
4. Siapkan wajan anti lengket, masukan gula pasir dan air. Masak sambil di aduk aduk, sampai tekstur berbusa kental dan berambut. Lalu masukan kue nya, aduk rata sampai cairan gula kesat membentuk karamel, angkat dinginkan.

KUE TALAM SINGKONG /TIMUS

Oleh: @yulichia88

Bahan:
1000 gram singkong parut halus
3 keping gula merah + 50 gram gulpas
450 ml santan dari 1 biji kelapa
4 sdm tepung sagu ( sesuai selera)
Garam secukupnya
Daun pandan 2 lbr disobek2

Cara:
– Santan, gula merah, gula pasir dan daun pandan di masak smp mendidih, diaduk biar santan tdk pecah, saring dan dinginkan
– Sediakan wadah, masukan parutan singkong, lalu tambahkan garam n sagu, lalu masukan cairan santan yg di masak td, diaduk2 smp rata
– Lalu tuang adonan ke loyang yg sdh dioles minyak tipis
– Kukus dgn api sedang hingga matang, jgn lupa tutup kukusannya dilapisi serbet
– Setelah matang, angkat biarkan dingin baru dipotong dgn mengunakan pisau yg dilapisi plastik.. Siap disajikan πŸ‘
Semoga bisa bermanfaat ya

PUKIS COKELAT CHOCOLATOS

BACA JUGA:
Inilah 20 resep kue bolu spesial.. selamat mencoba..
Inilah 15 resep masakan olahan ayam nikmat.. selamat mencoba..
Inilah 30 resep puding , lapis , kue , dan cemilan nikmat.. selamat mencoba..
Oleh: @dapoermbahhardjo

Bahan biang:
1 sdm ragi
1 sdm gula pasir
3 sdm air hangat *Campur rata dan diamkan sekitar 10 menit

Bahan lain:
3 telur
200 gr gula pasir (bs ditambah/dikurangi sesuai selera)
90 gr mentega (lelehkan)
225 gr terigu protein sedang
25 gr maizena
1/4 sdt garam
150 ml susu (100 gr susu bubuk + air)
150 ml santan (1 santan instan + air)
2 bungkus chocolate chocolatos

Cara membuat:
1. Kocok telur sampai tercampur, masukkan gula. Kocok sampai putih mengembang.
2. Secara berselang-seling masukkan semua bahan yang lain dan campur/koccok rata.
3. Diamkan 30 ~ 60 menit atau sampai mengembang 2x.
4. Aduk-aduk untuk menghilangkan buihnya.
5. Masukkan setinggi 2/3 cetakan yang sebelumnya sudah dipanaskan. Panggang dengan api sedang *Jadi sekitar 24 buah ukuran sedang.

KUE NONA MANIS

by @trisulistijani.2908

serve 21 pcs

Bahan A (adonan pandan) :
250 ml Santan sedang
2 sdm Endapan jus pandan
60 gr Gula pasir
30 gr Maizena
1/4 sdt Garam

Bahan B (adonan pandan) :
120 gr Gula pasir
1 btr Telur
135 gr Terigu protein sedang
250 ml Santan sedang

Bahan C (adonan putih) :
250 ml Santan kental (santan instan 200 ml+air)
1 sdm Gula pasir
1 sdm Terigu protein sedang
1/4 sdt Garam

Cara buat :
1. Campur semua bahan A, aduk rata hingga tidak bergerindil. Masak sambil diaduk-aduk menggunakan api kecil hingga meletup-letup. Angkat, sisihkan.
2. Adonan B : Kocok gula dan telur hingga mengembang. Turunkan kecepatan mixer ke speed paling rendah. Masukkan terigu, kocok hingga rata. Masukkan santan, kocok hingga rata. Matikan mixer.
3. Masukkan adonan A ke dalam adonan B, kocok kembali menggunakan mixer hingga tercampur rata. Matikan mixer. Sisihkan.
4. Panaskan pengukusan.
5. Campur semua bahan C. Aduk rata hingga tidak ada yang bergerindil. Masak menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk (agar santan tidak pecah). Setelah mendidih, angkat. Masukkan adonan putih ke dlm botol kecap.
6. Siapkan cetakan kue talam, oles tipis dengan minyak goreng. Tuang adonan pandan ke dalam cetakan kue talam hingga agak penuh. Lalu tambahkan adonan putih hingga cetakan penuh (masukkan ujung botol agak sedikit ke dalam adonan pandan).
7. Masukkan ke pengukusan yang sudah mendidih. Kukus Kue Nona Manis selamat 10-12 menit atau sampai matang dengan api sedang dan lapisi tutupnya dengan serbet bersih.
8. Angkat. Biarkan suhu ruang, lalu keluarkan dari cetakan.
Kue Nona Manis siap disajikan.

KUE MANJA

Ala @kuesabine_bytutiputu

Untuk 12 buah ( mini diameter 6cm)
1 butir telur utuh
3sdm gula pasir (ini manis kalo mau ngga terlalu manis 2 sdm cukup)
6 sdm terigu
1/4 st bp
1/4 st soda kue
1/4st garam
1sdm minyak goreng
1 cangkir air (bisa susu cair)

Cara membuat
1. Aduk dengan whisker telur dan gula sampai gula larut
2. Masukkan terigu,bp,sd,garam ,minyak goreng.
3. Aduk ,masukkan air sedikit demi sedikit
4. Aduk sampai menjadi adonan licin.Diamkan 15-30 menit ,makin lama kayanya makin bagus deh.
5 . siapkan teflon tanpa di oles. Panaskan dengan api sangat kecil. Tunggu sampai benar2 panas.
6. Tuang 1sdk sayur (yang kecil ,paling 2sdm adonan) tunggu sampai berlubang2. Angkat.segera rekatkan ujung ketemu ujung. Lakukan sampai adonan habis. Selalu rekatkan ketika adonan di angkat dari pan.
7 masukkan vla coklat ke piping bag. Semprotkan vla di setiap lubang kue. .
BAHAN VLA COKLAT
2sdm terigu
3sdm susu bubuk full cream
1/4st garam
1/2st vanilla bubuk
1 sdm margarine
50 gram DCc (bisa lebih kalau suka yang pekat
300 ml air Aduk semua bakan den4gan whisker. Sampai kental dan meletup2. Matikan apinyΓ . Masukkan Dcc aduk sampai dcc tercampur rata dengan vla. Setelah dingin siap buat isian

Singkong fantasi

by: @jarohaguswinarni

Bahan:
1 kg singkong
200 gr gula pasir
100 gr tapioka
1 bks agar2 plain
vanili dan garam
200 gr kelapa parut
2 lbr daun pandan
pewarna makan

Cara:
Kukus kelapa parut dg daun pandan selama 20 menit, angkat, sisihkan.
Kupas singkongnya, cuci bersih, parut, peras dg kain bersih, tampung airnya, diamkan sampai mengendap. Buang airnya, ambil endapannya campurkn dg parutan singkong td. Tambahkan bahan yg lain kecuali pewarna dan kelapa. Aduk rata. Bagi adonan mjd 3, masing2 beri warna, aduk rata. Siapkan loyang (sy pakai loyang 3 sekat), alasi dg plastik/daun pisang, oles dg minyak. Tuang adonan, ratakan, kukus sampai matang, kurang lebih selama 30 menit. Angkat dinginkan, keluarkan dari loyang, potong2, baluri dg kelapa parut. Tata di piring saji, siap disajikn.

DADAR GULUNG PISANG COKLAT

By : @gisry

BAHAN KULIT DADAR :
250 gram Tepung Terigu
30 gram Coklat Bubuk
2 sdm Gula Pasir
2 butir Telur
550 ml Air Matang
30 ml Minyal Sayur

BAHAN VLA :
100 gram Coklat Batang DCC
2 sachet SKM (susu kental manis)
15 gram Gula Halus
300 ml Air Matang
35 gram Tepung Terigu

FILLING (PISANG):
Secukupnya Pisang Kepo Matang
Secukupnya Margarin

CARA MEMBUAT :
– VLA/ FILLING DADAR : Untuk membuat vla, campurkan semua bahan, aduk hingga tercampur rata. Masak sampai mendidih dengan api kecil, aduk sampai mengental, angkat, dinginkan, sisihkan.
– KULIT DADAR : Untuk kulit, aduk semua bahan jadi satu dengan wish/mixer kecepatan rendah, tuang air sedikit demi sedikit sampai rata. Saring, diamkan 15 mnit. (Saya aduk menggunakan whisk)
– Dadar kulit coklat dengan cara menuang 1 sendok sayur ke dalam teflon anti lengket, api kecil. Caranya sama seperti bikin kulit risol. Jika lengket boleh oles sedikit margarin didasar teflon, kemudian di lap dengan tissu.
– Sambil membuat kulit, lipat adonan yang sudah jadi. Siapkan pisang yang sudah dipanggang sebentar dengan margarin.
– Lembarkan kulit, letakkan pisang, siram vla, lipat seperti bikin lumpia, lakukan sampai selesai. Biarkan dingin. Dadar gulung pisang coklat siap dinikmati.

KUE TALAM PANDAN

Recook : @yulichia88

Source : @lina.tjoandra

Bahan lapisan ijo:
80 gram tepung beras
20 gram tepung tapioka
50 gram gula pasir
125 ml jus pandan suji
65 ml santan

Bahan lapisan putih:
25 gram tepung beras
10 gram tepung tapioka
65 ml santan
100 ml air
Sejumput garam

Cara membuat:
1. Campur semua bahan lapisan ijo, aduk rata (aku dimasak dulu) lalu tuang dicetakan yg dioles minyak, kukus dikukusan panas selama 8 menit
2. Campur semua bahan lapisa putih, aduk rata, tuang dilapisan ijo kukus lagi 10 menit, sampai matang ( sesuaikan besar cetakan masing2 ya)
Dinginkan, keluarkan dari cetakan siap disajikan, enak dan wangi bangetπŸ’š
Semoga bermanfaat ya



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3hFnDgU
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel