-->
Inilah 20 resep kue cemilan nikmat..dari berbagi bahan enak dan ekonomis wajib di coba

Inilah 20 resep kue cemilan nikmat..dari berbagi bahan enak dan ekonomis wajib di coba

Bagikan :

Inilah 20 resep kue cemilan nikmat.. selamat mencoba..

PROL TAPE KELAPA MUDA

By @malichatun88

Bahan :
500 gr tape singkong, haluskan
100 gr gulpas
3/4 sdt garam
3 butir telur
50 gr terigu protein sedang
150 ml santan dr 1/2 butir kelapa
250 gr kelapa muda kerok memanjang
100 gr margarin leleh
1 buah kuning telur utk olesan
35 gr almon slice sdh digongseng

Cara Membuat :

1. Mixer kecepatan rendah/aduk pakai balon wisk telur, gulpas sampe tercampur

2. Remas remas tape singkong, buang serat tengahnya, masukkan kedalam adonan telur sambil dimixer kecepatan rendah, masukkan terigu sambil diayak, santan, margarin leleh. Terakhir kelapa muda, garam, mixer sampe tercampur rata

3. Tuang diloyang muffin pendek lebar yg sdh dioles mentega, dapat 14 biji

4. Oven 25 menit dg api bawah suhu 180 delci, keluarkan olesi kuning telur, taburi almond, oven slama 10 menit api bawah, 5 menit api atas/ sampai matang

BROWNIES KUKUS

By @tuty_ts

Bahan 1:
6 btr telur
225 gr gula pasir
1 sdt sp

Bahan II:
125 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
[ Campur jadi satu,ayak]

Bahan III:
150 ml minyak goreng
100 gr DCC
[ Lelehkan jadi satu,dinginkan ]

Bahan IV:
75ml SKM coklat

Cara:
🍃 Panaskan kukusan jangan lupa balut tutup kukusan dengan kain bersih.
🍃 Mixer bahan 1 sampai mengembang kental berjejak,turunkan kecepatan mixer masukkan bahan II kocok sampai rata.matikan Mixer
🍃 Tuang bahan III aduk balik dengan spatula sampai tercampur rata dan tidak ada endapan minyak didasar adonan.
🍃 Ambil adonan sebanyak 100 gr beri bahan IV aduk hingga tercampur rata.
🍃 Tuang adonan diloyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung kemudian kukus selama -+10 menit,timpa adonan yang sudah dicampur dengan SKM kukus lagi selama -+5 menit. Dan yang terakhir tiang sisa adonan kukus selama 25 menit atau sampai matang.lakukan tes tusuk untuk melihat tingkat kematangannya.
🍃 Angkat,tunggu dingin baru dipotong.
🍃 Siap disajikan

PISANG AROMA

by @sarongsarie

Bahan:
– 5 pisang kepok kuning yg uda mateng ( 1 pisang jd 4 potong)
– 20 kulit lumpia
– gula pasir
– sedikit tepung terigu dan cairkan dengan sdikit air untuk perekat

Cara:
– taro pisang diatas kulit lumpia, taburi gulapasir dan gulung, kemudian rekatkan dengan cairan tepung
– lakukan sampai habis
– goreng sampai kecoklatan
– jadii♥️

FILIPINO CHOCO BREAD

By @endahomemade

Bahan roti:
A:
200 gr tepung pro tinggi
45 gr tepung pro sedang
36 gr gula pasir
15 gr susu bubuk
3 gr ragi
1 butir telur+ 20gr whip cream bubuk + susu cair ditotal hingga 180 gr
B:
30 gr butter
Sejimpit garam

Olesan:
Butter (dioles setelah matang)

Bahan filling:
113 gr tepung terigu pro sedang
75 gr gula pasir
11 gr bubuk cokelat
1/2 butir telur
3/4 sdm air
1/4 sdt garam
1 sdm margarin
1/2 sdm pasta coklat
Step: mikser semua bahan hingga rata, lalu ambil @22gr, bulatkan

Cara membuat:
Campur bahan roti A, aduk rata lalu tambahkan bahan basah (cairan) dan uleni hingga 1/2 kalis
Masukan bahan B, uleni hingga kalis elastis
Proofing adonan hingga mengembang 2x lipat
Kempiskan adonan, timbang @42gr
Bulatkan adonan, pipihkan, lalu beri bulatan isian, tutup rapat
Gilas adonan memanjang, jangan sampai isian keluar, kerat kerat dengan pisau bagian tengah tapi jangan sampai tembus bawah
Balik adonan, lalu pilin memanjang, rekatkan tepinya
Proofing lagi hingga mengembang
Oven suhu 170 selama 15-20 menit hingga matang
Keluarkan dr oven, olesi dg butter dg kuas hingga rata
Dinginkan di cooling rack, siap disajikan

KUE APEM GULA MERAH

By @dapoer_mabelle

Source : @ernibryan

Bahan
100 gr gula aren
100 ml air
2 helai daun pandan
80 gr tepung beras
50 gr terigu segitiga
½ sdt ragi instan
50 ml santan kental (me: 1 bgks kara 65 ml)
½ sdt baking powder

Taburan
Kelapaparut
Sejumput garam
1 lbr daun pandan
đŸŒē campur kelapa parut dg garam, aduk rata. Beri daun pandan lalu kukus kurleb 10 menit

Cara
1. Masak air, gula aren, daun pandan sampai gula larut. Saring dan biarkan suhu ruang
2. Dalam wadah terpisah campur tepung beras, terigu, ragi lalu masukkan larutan gula aren yg tadi dinasak & santan, aduk rata menggunakan spatula
3. Mixer kurleb 5 menit dg speed rendah lalu diamkan adonan selama 30 menit
4. Campur baking powder, aduk hingga rata. Tuang adonan ke dlm cetakan
6. Kukus dg panci kukusan selama 15 menit (tutup panci dibungkus serbet agar air tdk menetes)
7. Angkat & sajikan dg kelapa parut

ONDE ONDE

Source : mba dhiahoddie
Rebake : @shafur.bajry

Bahan Kulit :
200 gr tepung ketan
1 sdm tepung beras
50gr kentang kukus, haluskan
3 sdm gula halus
1/4 sdt garam
150 -160 ml air hangat
100 gr wijen
Minyak goreng

Bahan Isi :
100 gr kacang hijau kupas, (sy kacang hijau untuh yg belum dikupas) rendam 2 jam kukus dan haluskan
1 lbr daun pandan
100ml santan
3sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili

Cara membuat isian:
– Campur semua bahan dan masak di atas wajan teflon, aduk2 sampai kalis, angkat.
– Bentuk bulatan kecil-kecil , sisihkan.

Cara Membuat Adonan Kulit :
– Campur tepung ketan, tepung beras, kentang, gula dan garam, aduk rata.
– Tuang air hangat sedikit demi sedikit, jika adonan sdh bs di pulung, stop.
– Ambil sedikit adonan pipihkan, beri isian kacang hijau dan bulatkan.
– Balurkan ke dalam wijen. Goreng dengan api kecil hingga matang.

DONAT KAMPUNG

By @vinnahayes

Bahan:
400 gr tepung cakra kembar
100 gr tepung segitiga biru
1 sdm ragi instan
3 sdm gula pasir
1 butir telur
2 butir kutel
200-250 ml fresh milk
2 sdm butter
Garam

Cara:
1. Campur tepung, gulpas dan ragi. Aduk rata
2. Tambahkan telur lalu tuang susu cair sedikit demi sedikit (jangan tuang semua susunya, lihat dulu adonannya). Aduk rata
3. Masukkan butter dan garam, aduk. Jika adonan masih keras, boleh tuang lagi sisa susu tadi
4. Istirahatkan adonan selama 30-45 menit sampai mengembang
5. Giling adonan kemudian cetak atau timbang adonan @35 g dan bentuk bulat lalu lubangi
6. Istirahatkan kembali adonan tsb sampai mengembang
7. Goreng donat dengan api kecil. Donat cukuo dibalik 1x supaya tidak berminyak
8. Tunggu sampai dingin baru taburi gula halus

PUKIS JADOEL

Resep @jensoee
Rebake & modified @doroteatirta

Bahan biang:
1 sdm terigu
1 sdm gula pasir
3 gram ragi instan
50 ml air hangat
Campur semua bahan, diamkan 15 menit

Bahan adonan:
300 ml santan kental hangat
175 gr tepung protein sedang
75 gr tepung protein tinggi
175 gr gula pasir (sy 200 gram)
2 butir telur utuh
2 kuning telur
½ sdt garam
2 sdm minyak goreng
50ml butter cair

Cara:
1. Campur bahan biang dan bahan adonan kecuali minyak dan butter. Mixer selama 15 menit dengan kecepatan sedang
2. Tuang butter dan minyak, keplok adonan dengan whisk selama 5 menit. Tutup dan diamkan selama minimal 3 jam.
3. Setelah 3 jam aduk rata adonan sampai hilang gasnya. Tekstur adonan akan sama seperti sebelum didiamkan
4. Oles wajan pukis yg sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan butter, tuang ¾ cetakan, langsung beri filling kemudian segera tutup supaya permukaan pukis mulus tidak berlubang. Gunakan api kecil, api harus stabil tidak diubah”. Cek bagian bawah, jika sudah golden brown angkat dan oles dengan butter
5. Sajikan selagi hangat

PORTUGUESSE EGG TART with CHEESE

By @doroteatirta

Bahan:
Puff pastry instan, potong dengan ring cutter
2 kuning telur
50 gr gula pasir
1 sdm maizena
100 ml whipping cream cair
200 ml susu cair
100 gr keju

Cara:
1. Campur kuning telur,gula, dan maizena. Aduk dengan whisk sampai gula larut. Tambahkan susu dan whipping cream. Tim sampai hangat
2. Tambahkan keju, aduk rata sampai agak mengental
3. Tata puff pastry pada loyang muffin, tuang adonan isi sampai hampir penuh
4. Panggang dengan api atas bawah suhu 200-220⁰ sampai permukaan nya kecoklatan
5. Angkat dan sajikan

SOES KERING NUTELLA

By @cz_signature

85 ml air
40 ml susu cair
50 gr mentega tawar
1/4 sdt garam
1 sdm gula pqsir
85 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein rendah
2 btr telur
Nutella secukupnya untuk isian

1. Masak air,susu dan mentega hingga mendidih, lalu matikan api, tuang langsung semua terigu dan garam. Lalu aduk cepat dan nyalakan api kembali, aduk hingga menjadi gumpalan yang kalis.
2. Pindahkan kedalam mangkuk lainnya, dan tunggu hingga dingin.
3. Sementara itu kocok lepas kedua telur, hingga rata.
4. Setelah adonan dingin, masukan telur perlahan2 sambil terus dikocok rata.
5. Setelah rata, masukan kedalam kantung segitiga dan gunakan tips/spuit dan semprotkan keatas baking paper. Besar sesuai dengan keinginan ya.. tapi pastikan ada jarak karena adonan akan mengembang ketika dipanggang.
6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180C selama +/- 30menit, atau hingga matang. ( suhu harus disesuaikan dengan oven masing2ya)
7. Setelah matang dinginkan diatas cooling rack dan beri isian sesuai selera.

ROTI MANIS ISI KEJU

By @dapoer_mabelle

Bahan
200 gr tepung cakra
45 gr tepung segitiga
15 gr susu bubuk
45 gr gula pasir
6 gr ragi instan
180 cc (campur 1 telur utuh + 20 gr whipcream bubuk + susu cair sampai mencapai 180 cc)
30 gr butter
3 gr garam

Cara
1. Mixer/uleni semua bahan kecuali butter + garam sampai kalis. Masukkan butter + garam terus uleni/mixer sampai kalis elastis lembut
Note : tuang cairan pelan2, klo dirasa sdh cukup stop ya spy tdk kelembekan
2. Bagi adonan sesuai keinginan (me : 45 gram) Gilas adonan lalu bulatkan
3. Susun di loyang yg sdh diberi kertas roti. Diamkan sekitar 1 jam/sampai mengembang 2 kali lipat
4. Oles dg susu cair lalu oven dg suhu 180°c sekitar 25 menit (me : 170 menit 15 menit)
5. Stlh matang keluarkan dr oven dan olesi mentega

BIKA AMBON EKONOMIS PANDAN

Source : @aniktriwina
Recook: @syaffasegaff

Bahan:
100gr Tepung Topioka/Kanji
50gr Terigu
100gr Gulpas
1/4sdt Garam
1sdm Margarine (Cairkan)
2butir Telur Utuh (Kocok lepas)

65ml Santan Kental me 1 Kara kcl + 135 air jadi 200ml.
Pewarna Pandan Secukupnya
1batang Serei
3lmbr Daun Jeruk

(kedua ini Bisa diSkip Apabila Tdk Suka atw tdk Ada)

Bahan Biang:
50ml Air Hangat
1sdt Gulpas
1sdt Ragi (me fermipan)

Caranya: Campur Ketiga Bahan Biang ini Aduk Lalu Diamkan 10mnt Sampai Buihnya Naik Hingga kePermukaan Gelas

Caranya:
1. Panaskan Santan tambahin serei dan Daun jeruk Masak Sampai Mendidih, Sisihkan.

2. Campurkan Terigu, Kanji, Gula dan Garam Lalu Tambahkan Juga Bahan Biang , Telur, Margarine Cair , Santan Separuh Dulu Lalu diAduk Rata Sampai Gula Larut dan Licin Lalu Tambahkan Sisa Santan Aduk Kembali.

3. Diamkan Kurleb 1jam.

4. Panaskan Wajan Anti Lengket/ Teflon Yg diAtasnya diLetakin Cetakan/ Alumunium Foil Cup, Sampai Benar2 Panas , Dgn Api Kcl Sedang.

5. Sebelum diTuang keDalam Cetakan Aduk Rata Terlbh Dahulu Adonannya , Lalu Tuangkan 3/4 Tinggi Cetakan, Biarkan Sampai Mengeluarkan Gelembung2.

6. Jika Bagian Atas Udah Mulai Mengering, Tutup Sebentar Kurleb 3mnt.

7. Setelah Matang Angkat, Sajikan diSaat Masih Dingin Nikmat,Sedap dan Kenyalnya Terasa Bgt.

PALM CHEESE COOKIES

By @vthree2107

Bahan :
🍓 200 gr mentega (me : 100 gr butter + 100 gr margarine)
🍓 30 gr gula halus
🍓 1 kuning telur
🍓 1/2 sdm vanilla paste (me : vanilli bubuk)
🍓 260 gr terigu pro rendah
🍓 20 gr susu bubuk
🍓 1/2 sdt baking powder (2 gr)
🍓 70 gr keju edam/cheddar/parmesan (me : cheddar, parut)

Taburan : 100 gr palm sugar

How To :
👉 Mixer mentega & gula halus asal rata, masukkan kuning telur & vanilla, mix sampai rata.
👉 Masukkan bahan kering : terigu, susu bubuk, baking powder & keju edam, aduk rata dengan spatula.
👉 Siapkan loyang ,alasi baking paper.
👉 Timbang adonan @9 gram (me : 7 gr), bulatkan lalu baluri dengan palm sugar, susun dalam loyang (beri jarak yg cukup karena cookies akan melebar).
👉 Preheat oven 10 menit, panggang api atas bawah di suhu 140°C – 150°C selama kurleb 40 menit (me : 25 menit).
👉 Angkat palm cookies dari loyang, susun dalam wadah kedap udara.

KUE SENGKOLUN JAKARTA

By @tissacake

Kue tradisional Jakarta yang dibuat dari tepung ketan, sagu dan gula aren.

Sengkolun kalau di daerah lain itu seperti Awug Awug yang terbuat dari kelapa parut. Kalau di Jakarta sengkolun itu mirip Ongol Ongol tapi bedanya Sengkolun pakai Santan&Tepung Ketan, kalau Ongol Ongol Jakarta itu pakainya sagu & gula merah, tidak pakai santan&tepung ketan.

Bahan 1:
Gula merah 500 gram
Gula pasir 3 sdm
Air 600 cc
2 lbr daun pandan
Campur semua bahan. Masak sampai gula larut dan mendidih. Lalu saring.

Bahan 2:
Santan 500 cc dari 1 butir kelapa
Garam 1 sdt
2 lbr daun pandan
Campurkan santan, daun pandan & garam, lalu masak sampai santan mendidih.

Bahan 3 :
2 sdm minyak kelapa (bisa diganti myk goreng)
300 gram tepung ketan
200 gram sagu tani

Cara:
Setelah santan adem, campurkan bahan 3, aduk sampai larut dan rata. Setelah itu masukan bahan 1, aduk lagi sampai tercampur rata. OLesi loyang dgn minyak. Panaskan kukusan. Stlh kukusan panas, masukan adonan, bisa bertahap selapis demi selapis atau langsung dituang sekaligus. Masak sampai adonan menjadi coklat transparan (sekitar 45 menit) .
Angkat dari kukusan stlh matang, lalu diamkan sampai adem.
Potong2 kalau sdh adem. Sajikan dgn kelapa muda parut yg telah dikukus.

BACA JUGA:
Inilah 15 resep puding spesial .. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep puding spesial .. Selamat mencoba..
Inilah 13 resep masakan tempe spesial.. Selamat mencoba..

Pisang Goreng

By @ocha_chupid

Bahan:
1sisir pisang raja yang sangat matang, kulit kehitaman, potong2

Adonan tepung:
12sdm penuh tepung terigu
3sdm tepung maizena
1butir telur
5sdm gula pasir/sesuai selera
1sdt garam
2sdm penuh margarin, cairkan
150ml air

Cara membuat:
-dalam wadah campur semua adonan tepung, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mendapatkan adonan yang kental
-masukkan pisang, aduk rata
-siapkan wajan, goreng pisang dengan menggunakan sendok hingga kering dan kecoklatan
-pisang goreng siap disajikan

Amparan Tatak Pisang

By @lidyatjahjadi

Bahan Lapisan 1 :
200 gram Tepung Beras
20 gram Tepung Sagu
225 gram Gula Pasir
½ sdt garam
8 buah Pisang raja, belah dua, potong satu cm
800 ml santan hangat
2 sdm minyak goreng, untuk mengoles

Bahan lapisan 2 :
350 ml santan
50 gram Tepung Beras
2 sdm Gula Pasir
¼ sdt garam
¼ sdt vanili bubuk

Cara membuat :
1. Lapisan 2 : aduk Semua bahan lapisan 2 hingga tercampur rata. Sisihkan.
2. Lapisan 1 : campur tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan garam. Aduk rata.
3. Tuang santan hangat sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
4. Tambahkan pisang. Aduk rata. Tuang dalam loyang kotak ukuran 20x20x7 cm yang sudah dioles minyak dan dialas plastik.
5. Kukus diatas api sedang 30 menit sampai 3/4 matang.
6. Tuang Adonan lapisan 2. Kukus kembali 30 menit sampai matang. Keluarkan dari loyang. Siap disajikan

PUTU AYU PANDAN

by @pawonkulo

Putu ayu ini warna hijaunya dari jus pandan. Jika setelah dicampur dengan adonan warna hijaunya masih pucat, boleh ditambah pasta pandan 1 tetes atau sesuai selera.

Cara menimbang bahan cair menjadi 100 gr:
1. Siapkan timbangan.
2. Letakkan mangkuk atau gelas di atas timbangan. Tekan tombol ON (untuk timbangan digital).
3. Tuang santan kental terlebih dahulu.
4. Kemudian tuang jus pandan hingga beratnya 100 gr.
5. Stop tuang jus pandan jika berat campuran santan kental dan jus pandan sudah 100 gr.

Bahan:
2 butir telur (saya timbang sekitar 107gr)
1/2 sdt ovalet (bisa diganti SP atau TBM)
100 gr tepung terigu protein sedang
75 gr gula pasir (manis sesuai selera)
1/8 sdt vanili bubuk
Sejumput garam
1 tetes pasta pandan (opsional)

Bahan cair:
40 ml air
65 ml santan kental instan
2 lembar daun pandan (saya pakai yang daunnya panjang dan lebar)

Topping:
180 gr kelapa parut

Olesan:
Minyak goreng, secukupnya

Cara membuat:
1. Bahan cair: blender daun pandan dan air lalu saring jus pandannya. Buang ampasnya.
2. Masukkan santan kental dalam wadah, tuang jus pandan pelan-pelan sambil ditimbang hingga 100 gr, aduk rata. Stop tuang jus pandan dalam wadah berisi santan jika berat bahan cair campuran santan kental dan jus pandan sudah 100 gr.
3. Siapkan wadah lain lalu masukkan telur, ovalet, gula dan garam. Mixer hingga mengembang.
4. Masukkan terigu dan vanili bubuk. Aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata.
5. Tuang bahan cair 100 gr, aduk rata dengan spatula. Jika warna hijaunya masih pucat, boleh ditambahkan 1 tetes pasta pandan (tidak wajib).
6. Siapkan cetakan putu ayu, olesi seluruh permukaan cetakan dengan minyak goreng tipis saja. Beri kelapa parut lalu padatkan agar hasil kelapanya nanti padat dan rapih.
7. Tuang adonan di atas kelapa parut.
8. Kukus 30 menit dengan api sedang hingga matang.

PUTU AYU LABU KUNING

Source @hanhanny
By @ettyyuni

Bahan :
200 gr kelapa parut + sedikit garam
150 gr labu kuning kukus lalu haluskan
150 gr terigu serbaguna (ayak)
150 gr gula pasir
2 butir telor ukuran besar
1/2 sdt emulsifier (sp,ovalet,tbm)
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
150 ml santan (65 ml santan instan + air)
Secukupnya cetakan putu ayu yang dioles sedikit minyak goreng

Cara :
Kukus kelapa sekitar 15 menit. Masukkan secukupnya kedasar cetakan yg sudah dioles minyak tekan padatkan. Sisihkan
Kocok telor gula pasir garam dan emulsifier dengan speed tinggi hingga kental putih mengembang
Kecilkan mixer ke speed rendah, masukkan labu kuning kocok sebentar. Masukkan terigu selang seling dengan santan kocok asal rata
Tuang ke cetakan hingga penuh lalu kukus sekitar 15-20 menit. Kalo pake kukusan biasa jangan lupa tutupnya dibungkus serbet bersih. Kukusan harus dipanaskan sebelumnya dan gunakan api sedang saat mengukusnya.
Setelah matang diamkan hingga cukup hangat, lepaskan dari cetakan

BANANA MUFFIN

Recipe : @lisagunawan05
Rebake : @anieandriyani

Bikin muffin itu paling praktis ya, no mixer. Jadi bagi kalian yg mau bikin kue tapi gak pny mixer, bikin ini aja. Modal sendok aja jadi 😜😜. Muffin nya moist, lembut, gak seret sama sekali, mantab deh resepnya @lisagunawan05. Harus banget cobain rebake ini yaa ☺️

Bahan :
350 gr Pisang Raja Super Matang
100 gr Dark Brown Sugar (me : Ricoman)
85 gr Wysman leleh
1 btr Telur (uk besar)

190 Tepung Terigu Segitiga
1 sdt Baking Soda
1/2 sdt Bubuk Kayu Manis (optional)
1/2 sdt Garam

100gr Chocochip (me : coklat batang di chopped)

Cara Membuat :
1. Lumatkan pisang, campur gula, telur, dan butter leleh. Aduk menggunakan whisker atau sendok hingga gula larut.
2. Bahan kering diaduk rata dlu, lalu masukkan ke adonan pisang sambil disaring. Aduk asal rata saja (jangan OVERMIX).
3. Masukkan coklat, tuang ke cup.
4. Oven suhu 175 drjt Celcius selama kurleb 30 menit. (Disesuaikan oven dan ukuran muffin masing2 ya)

Mug muffin saya besar, 1 resep diatas hanya jdi 6 muffin

TALAM PANDAN GULA MERAH

by @koleksiresepsj

Lapis gula merah:
175 ml air
150 gr gula merah
100 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
350 ml santan
1/4 SDT vanili bubuk
1/4 SDT garam

Lapis pandan:
100 tepung beras
50 tepung sagu
500 ml santan
1/4 SDT vanili bubuk
1/4 SDT garam
1 1/4 SDT pasta pandan
150 gr gula pasir

Cara membuat:
đŸŒģ Lapis gula merah: rebus air dan gula merah sampai gula larut saja, dinginkan. Campurkan dengan semua bahan Gula merah lainnya, aduk rata dan saring.
đŸŒģ Tuang adonan gula merah kedalam loyang berukuran 16x16x7 yang sudah di oles minyak goreng. Kukus sekitar 20 menit (alas tutup dengan serbet)
đŸŒģ Lapis Pandan: Campur semua bahan lapis pandan aduk rata sampai gula larut. Saring dan sisihkan.
đŸŒģ Tuang adonan pandan keatas lapis gula merah. Kukus lagi selama 30 menit atau sampai matang.
đŸŒģ Potong setelah dingin dengan pisau plastik atau pisau dilapisi plastik atau dioles minyak.



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/33TtXJE
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel