-->
Inilah 20 resep masakan harian lezat , dan sambal pedas nikmat bikin nagihh apalagi di tambah nasi hangat ngak berhenti makan

Inilah 20 resep masakan harian lezat , dan sambal pedas nikmat bikin nagihh apalagi di tambah nasi hangat ngak berhenti makan

Bagikan :

Inilah 20 resep masakan harian lezat , dan sambal pedas nikmat.. Selamat mencoba..

AYAM SUWIR CABE IJO

By @silvialim18

Ayam Suwir :
500 gr daging dada ayam tanpa tulang, cuci bersih
1 sdt garam
Caranya:
* Didihkan air dlm casserole, masukkan dada ayam dan beri garam; rebus hingga dagingnya matang lalu angkat, tiriskan.
* Setelah itu panaskan minyak secukupnya dlm pan, goreng sebentar dada ayam rebus tsb hingga agak berkulit saja lalu angkat, tiriskan. Tunggu hingga tidak panas baru disuwir-suwir smpe habis, sisihkan.

Bumbu Cabe Ijo, ulek kasar (aku menggunakan Magic Chopper CH-200 @idemasak.id +/- 20 detik):
20 bh cabe ijo
20 bh cabe rawit (hijau mix merah)
3 siung bwg putih
12 siung bwg merah
1 bh tomat
3 gr terasi / sesuai selera (jika suka)

Add :
Minyak goreng secukupnya
Garam dan gula sesuai selera

Cara masak :
1. Panaskan minyak dlm wok @idemasak.id lalu tumis bumbu cabe ijonya hingga wangi, bumbui dgn garam dan gula sesuai selera; masak hingga cabe ijonya matang.
2. Masukkan ayam suwir lalu aduk hingga tercampur rata dgn cabe ijonya. Jgn lupa icip koreksi rasa ya. Jika rasanya sudah pas tinggal angkat dan sajikan deh. Enjoy!

BALADO PETE TERI TERONG⁣

by @aras_galeri

Bahan⁣
2 lonjor pete⁣
2 terong ungu⁣
1 ons teri⁣
1 ons cabe merah kriting⁣
5 rawit merah⁣
5 siung bawang merah⁣
1 tomat⁣
Garam⁣

Caranya⁣
1. Kupas kulit pinggir di sekeliling pete, kerik kulit hijaunya pake pisau, potong kotak pete sekulit-kulitnya, belah jangan sampai putus, cuci bersih lalu tiriskan, Terong ungu di belah dua lalu di potong kecil-kecil⁣
2. Goreng berturut-turut pete, terong dan teri di minyak panas, 1-1 jgn sekaligus ya⁣
3. Ulek kasar cabe bawang tomat & garam, lalu tumis sampai harum & cabe matang, campurkan dengan PTT.

Sambal Goreng Cumi Asin

By : @yoanitasavit

Bahan :
250 gram cumi asin
5 lembar daun jeruk, buang batang lalu iris tipis
Garam, Gula, kaldu bubuk secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Air secukupnya

Bumbu blender kasar :
Segenggam Cabai merah keriting campur rawit merah
2 buah tomat uk sedang
5 siung bawang putih
8 buah bawang merah

Cara buat :
1. Rendam cumi 15 menit dgn air suhu ruang, potong sesuai selera lalu cuci bersih. Tiriskan
2. Panaskan minyak tumis bumbu ulek, bawang bombay dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukan cumi tambahkan gula, kaldu bubuk dan sedikit air. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga bumbu meresap dan cumi matang empuk. Koreksi rasa. Angkat dan Sajikan

AYAM GORENG LENGKUAS a.k.a bumbu padang

By. @cheche_kitchen

Bahan :
1 ekor Ayam broiler / 4 potong ayam, boleh paha aja/ dada aja
300 gr lengkuas parut/ blender / lebih jg gpp sesuai dg selera brp byk bumbu akhir yg diinginkan
2 butir telur
1 btg serai
2 lembar daun salam
3 lbr daun jeruk (suwir2) + 2 lembar daun jeruk
Minyak goreng
Kaldu ayam bubuk
200 ml Air / seckpnya utk ungkep ayam .

BUMBU HALUS :
6-7 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit (kurang lebih 3cm)
3 butir kemiri
1/2 sdt lada bubuk
1 sdm ketumbar
garam secukupnya

CARA :
1. Cuci bersih ayam, potong sesuai selera.(Boleh di lumuri jeruk nipis diamkan 20 menit cuci bersih tiriskan, boleh jg skip) optional
2. Campurkan ayam dg bumbu halus+lengkuas + daun jeruk yg telah di suwir sambil cubit2 daging ayam.. agar bumbu merata & meresap, lalu diamkan (marinasi) di kulkas minimal 1j am (me 2 jam lebih) makin lama makin meresap ke dlm daging ayam. Pas dimakan makin berasa bumbunya
3. Setlh dimarinasi ungkep ayam, tmbhkn serai+ daun salam & airtdk perlu byk . Krn ayam nantinya mengeluarkan air jg)
4. Ungkep dg api sedang hingga empuk. Angkat & tiriskan ayam, pisahkan bumbu dg ayam, biarkan ayam dingin. (Tiriskan jg sisa bumbu unkep, kl perlu disaring agar air habis)
5. Kocok lepas telur & tambahkan sisa bumbu ungkep hingga rata.
6. Masukkan ayam ke dlm campuran telur.
7. Goreng ayam hingga matang
8. Setelah matang, angkat dan tiriskan
9. Terakhir goreng semua bumbu hingga kuning keemasan, tiriskan, sajikan dg ayam goreng

SAMBAL LEUNCA PETE

Ala @hwang_frenzdy

Bahan:
•200 gr leunca.
•100 gr pete.
•Segenggam ikan teri.
•2 lbr daun salam.
Bumbu halus:
•Bawang merah,bawang putih,cabe merah keriting,cabe rawit sesuai selera.
Bumbu pelengkap:
•Garam,penyedap jamur dan gula secukupnya.

Cara:
1.Tumis bumbu halus dan daun salam sampe wangi,lalu masukkan teri,aduk2 bentar lalu masukkan leunca dan pete.aduk sampai rata.
2.Masukkan bumbu pelengkap,tes rasa.
3.Aduk kembali sampai matang.
4.Angkat dan siap disajikan.
Semoga bermanfaatπŸ™

Sambel Terasi

Oleh @hj.nana_yasmin114

Pagiiii Indonesia Raya.. Yang suka nyambel kayak sayah yuuuks mareeee… Nyambel nya aga banyak dari biasanya niih..
Tapiiiii ini cuman sisa foto N cobek nya doank lho yaaaa…
Sambel Terasi ala sayah πŸ‘‡
Cabe rawit segenggam
Cabe ijo 4 biji
Cabe merah 2 biji
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Tomat 2 biji
Belimbing wuluh 2 biji πŸ‘‰ Semuanya sayah tumis2 bentar dengan minyak secukupnya .
Terasi ABC 2 buah tidak sayah tumis langsung sayah ulek ajjah bersama temen2nya.. Kasi garam secukupnya
Kasi gula pasir secukupnya jika suka tambahkan gula merah sikit .
Tambah kan juga Royco Indonesia (Royco rasa Ayam ) secukupnya ajah U L E G
Iciv2 rasa daaaann jadii dech sambel terasi pedes manjaaah

PESMOL IKAN NILA

by: @corygrahani

1 kg ikan nila (sesuai selera) cuci bersih, beri garam dan perasan jeruk nipis, diamkan 30 menit, lalu goreng kering, sisihkan

Bumbu halus
10 butir bawmer
8 siung bawput
4 buah kemiri
½ sdt ketumbar
2 cm kunyit
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu lainnya
1 cm jahe
1 cm lengkuas
2 lembar daun salam
1 batang serai

200 ml santan
Gula garam kaldu bubuk
1 batang daun bawang, iris kasar
2 buah cabai merah, iris kasar
5 buah cabai rawit, biarkan utuh
Cuka masak sedikit secukupnya.
Gulpas, garam, kaldu bubuk secukupnya

Cara buat
Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya sampai harum, lalu masukan santan, masak sampai mendidih. Masukan ikan, beri gula, garam, kaldu bubuk, dan sedikit cuka masak lalu koreksi rasa. Masuk daun bawang, cabai merah, cabai rawit, masak hingga air surut. Sajikann

PESMOL IKAN BAWAL

By : @yoanitasavit

Bahan :
2 ekor ikan bawal uk sedang
1 buah jeruk nipis
Cabe rawit merah secukupnya, biarkan utuh
Daun bawang secukupnya, rajang kasar
Garam, lada, kaldu bubuk secukupnya
Air secukupnya
1 buah tomat, potong
Minyak untuk menumis

Bumbu daun :
2 cm lengkuas, geprek
2 batang serai, gerek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, buang batangnya

Bumbu halus :
6 bwg merah
3 bwg putih
2 Cabai merah besar, buang biji
4 cabai rawit merah
3 butir Kemiri
1 ruas jahe
2 ruas kunyit

Cara buat :
1. Cuci bersih ikan, kerat2 badan nya lalu lumuri dgn air jeruk nipis dan garam diamkan 30menit, goreng lalu sisihkan
2. Panaskan minyak tumis bumbu halus dan bumbu daun hingga matang dan wangi
3. Masukan air, garam, lada, kaldu bubuk, dan cabe rawit utuh biarkan mendidih
4. Masukan ikan masak hingga bumbu meresap, test rasa. Terakhir masukan daun bawang dan tomat, angkat dan sajikan

Tumis Genjer

By @ummighanihafidz

Bahan :
Daun genjer
Cabe rawit merah
Cabe merah, buang biji
Tomat potong
B.merah, iris
B.putih, iris
Gula
Garam

Cara memasak :
1. Rebus genjer dgn air mendidih dan sedikit garam, biarkan sebentar saja jgn smp terlalu layu, sisihkan
2. Tumis duo bawang smp harum, tambahkan sedikit air lalu masukkan genjer, masukkan duo cabe, gula, garam, koreksi rasa, angkat

SAMBEL BAWANG

by: @aras_galeri

Bahan
500gr cabe rawit merah & oren
750gr bawang merah
15 siung bawang putih kating
80gr / 1 keping gula jawa
4 sdm gula pasir
* jumlah gula bisa sesuaikan dgn level pedes masing-masing ya
1sdt kaldu jamur non msg
Minyak goreng
Garam

Caranya
1. Goreng bawang merah utuh (sdh dikupas) dan cabe rawit utuh bergantian dalam minyak panas, tiriskan lalu buang minyak bekasnya
2. Blender cabe dan bawang yang sudah di goreng tadi, di tambah bawang putih mentah dan minyak baru secukupnya, sy pake food processor
3. Dalam wajan masukkan cabe yg sudah di blender & gula jawa, masak dengan api kecil sampai tanak (keluar minyak) bumbui dengan gula pasir, garam & kaldu bubuk, koreksi rasa

note:
*kalau minyak di rasa kurang, bisa ditambah ya tapi pada saat dimasak, bukan setelah matang
*sy banyakin jumlah bawangnya untuk mengurangi level pedesnya, setelah di tambah gula jawa & gula pasir pun di lidah sy msh pedes
*untuk minyaknya tadi sy pake minyak kelapa organik dan gula sorghum

Sambal Ikan Asin Cabe Hijau

By @corinakitchen_

Bahan yg dibutuhkan:
100 gr ikan asin (saya pakai ikan serai rebus), goreng sebentar, sisihkan
2 buah tahu, potong kotak, goreng, sisihkan
100 gr cabe hijau
10 buah cabe rawit hijau (sesuai selera)
6 butir bawang merah
1 buah tomat merah, diiris
1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1 lbr daun salam
Kaldu bubuk secukupnya
Minyak utk menumis

Cara membuatnya:
Uleg kasar cabe hijau, cabe rawit dan sedikit garam. Tambahkan bawang merah, uleg lagi. Tumis cabe hijau, tomat iris, serai dan daun salam. Aduk-aduk. Tambahkan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Matikan kompor. Masukkan ikan asin dan tahu. Aduk hingga rata. Angkat dan sajikan.

SAMBAL_MANGGA

By @Echi_Raffani2016

10bh cabe Rawit
6bh cabe Merah
10bh Rampai /tomat kecil cherry
2bh terasi ready pakai *tdk perlu bakar
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1bh Mangga Kueni yg matang di cacah .

πŸ’•Campur Semua bahan sambelan Cabe,terasi,gula,garam..ulek kasar saja..masukkan rampai ulek sebentar .dan terakhir masukan cacahan mangganya aduk rata….jadi dech.
SAMBAL_MANGGA siaaap!!

Ayam Bakar Wong Solo

By @intankarinaijo

Bahan
1 ekor ayam kampung potong sesuai selera
1 jeruk nipis

Bahan yang dihaluskan
10 bw merah
8 bw putih
1 cm kunyit
4 kemiri sangrai
1 sdm ketumbar
1 jempol jahe

Bahan tambahan
5 daun jeruk
1 sdm gula merah
4 sdm kecap manis
500 ml air kelapa
1 sdt lada
Garam
Kaldu jamur bubuk secukupny

Bahan olesan
3 sdm margarin leleh
Sisa bumbu ungkep
1 buah jeruk nipis ambil airnya

BACA JUGA:
Inilah 20 resep masakan harian , lezat , nikmat.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep puding spesial.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep kue bolu , roti isi , dan kue cemilan spesial.. Selamat mencoba..
Cara membuat
1.cuci bersih ayam,kucuri jeruk nipis diamkan 15 menit bilas sisihkan
2.rebus ayam 5 menit hanya agar lemak berlebih terbuang,tiriskan ayam(jika menggunakan ayam kampung skip step ini)
3.tumis bumbu halus sampai wangi,masukkan daun jeruk, kecap manis,lada garam kaldu jamur,gula merah
4.masukkan ayam aduk rata,tambahkan air kelapa secukupnya sampai ayam terendam
5.masak dg api kecil masak sampai bumbu meresap dan air menyusut,matikan api
6.panaskan panggangan,ambil ayam dan oleskan bahan olesan yg telah dicampur mnjd satu sebelum dibakar agar lebih gurih
Sambal Korek
5 genggam cabe rawit merah
12 bawang putih
1 sdm gula
2 sdt garam/kaldu jamur bubuk
4 centong minyak panas
Cara buat:
1.cuci cabe dan bawang
2.goreng dl minyak panas sebentar saja
3.angkat lalu ulek kasar ,tambahkan garam gula kaldu jamur
4.panaskan sambal dengan minyak sampai matang

JENGKOL BALADO

By @dewirmynt_

Bahan:
1/2kg jengkol
Bumbu:
7 Cabe merah keriting (sesuai selera)
5 Cabe rawit merah (cabe jablay)
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah kemiri
3 lembar daun salam
1sdt garam (sesuai selera)
1/2 sdt micin/penyedap rasa
1 sdt gula putih

Cara membuat:
Rendam jengkol, setelah di rendam iris tipis dan goreng. Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga matang. Tambahkan garam, micin dan gula. Tambahan sedikit air, aduk merata. Beri daun salam. Masukan jengkol yg sudah di goreng. Koreksi rasa. Dan angkat.

TUMIS DAUN SINGKONG

By @ilma_ilma24

BAHAN
-2 ikat daun singkong, rebus dg sedikit garam, tiriskan lalu peras sampai air tuntas, iris kecil2
-1sdt gula merah
-garam dan kaldu jamur secukupnya

BUMBU ULEK KASAR
-30 bh cabe rawit merah
-5 siung bwg merah
-4 siung bwg putih
-1 jempol kencur

CARA MEMASAK
Tumis bumbu ulek sampai matang, tambahkan gula merah dan garam dan kaldu secukupnya. Kemudian masukan daun singkong yg sdh di rebus td, aduk sampai bumbu tercampur rata. Angkat sajikan. Mudah kan mak. Yuk dicoba ….

TUMIS CUCIWIS UDANG REBON

By @dapoer_mabelle

Bahan
500 gr cuciwis
2 sdm penuh udang rebon
5 siung bawang putih, iris
5 bh cabe rawit, iris
2 bh cabe keriting
Gula, garam, kaldu jamur
Minyak goreng secukupnya

Cara
1. Siangi cuciwis, pilih yg muda, cuci bersih
2. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih & udang rebon hingga harum. Masukkan cabe, aduk rata sebentar
3. Masukkan cuciwis, beri gula, garam & kaldu jamur, aduk rata.
4. Beri sedikit air masak hingga matang.

SAMBAL PETE TERI TELUR PUYUH

credit @yulichia88⁣

Bahan:⁣
– 6 papan pete kupas⁣
– Ikan teri 30 gram cuci, goreng dan tiriskan⁣
– Telur puyuh secukupnya, rebus dan goreng, sisihkan⁣
– Minyak utk menumis⁣
– Air bersih secukupnya⁣

Bumbu halus:⁣
15 butir cabe keriting⁣
8 butir bawang merah⁣
4 siung bawang putih⁣
Air asam jawa 3 sdm⁣
Garam, gula secukupnya⁣

Cara:⁣
– Tumis bumbu halus hingga harum⁣
– Lalu masukkan pete, aduk2 tambahkan air dan air asam jawa, setelah agak menyusut lalu masukkan gula, garam dan telur puyuh, tunggu agak meresap test rasa⁣
– Tunggu agak dingin baru masukkan teri goreng, diaduk2 angkat dan cekrek πŸ˜‚ siap disajikan, sangat nikmat klo menurut ku ya di temani nasi anget πŸ‘⁣

SAMBAL HIJAU PADANG⁣

Bahan² : ⁣
By @moniirecipe⁣
15 buah cabe Hijau keriting⁣
10 buah cabe rawit hijau⁣
6 buah cabe hijau besar⁣
2 buah tomat hijau sedang⁣
5 btr bawang merah⁣
2 btr bawang putih⁣
½ sdt garam⁣
½ sdt gula pasir⁣
½ sdt penyedap rasa (bisa di skip)⁣
Secukupnya minyak goreng⁣

Cara membuat :⁣

Siapkan panci untuk merebus , rebus semua cabe , bawang merah , bawang putih dan tomat hingga matang , angkat sisihkan .⁣

Ulek halus semua bahan sambal yg sudah di rebus , tambahkan. Garam , gula dan penyedap rasa , (Sambal bisa di upek halus/kasar , Me : ulek kasar)⁣

Siapkan wajan , beri secukupnya minyak untuk menumis ,⁣
Tumis sambel yg sudah di ulek hingga harum , angkat dan sajikan di mangkuk .⁣

Sambel hijau siap di hidangkan dengan nasi hangat dan lauk tambahan.⁣

Resep Sambelita Terasiwati Andalan Guweehh

by : @agustinartisandy

Cabe rawit 80 biji
Bawang merah 8 – 10
Terasi bakar atau terasi goreng jg boleh secukupnya sesuai selera
Tomat ijo 1 – 2 buah ( kalo gak ada bisa ganti pakek tomat merah 1 buah aja ya gaaeeesss )
Minyak gr secukupnya
Gula merah / gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya .

Bikinnya :
Goreng cabe rawit, bawmer (gak usah dipotong2 ya gaaeeesss biarin utuh ), dan tomat ijo nya (dibelah 2 ) sampai layu aja. Terakhir sebelum di Angkat cabe dan kawan2 nya πŸ€ͺπŸ˜… lebokkan terasinya goreng biar matang , kemudian angkat letakkan di cobek .Atau mau pakek terasi bakar juga it’s okay wae mboten what what πŸ˜‚( pilih salah satu ) ,kasih gula merah atau gula pasir juga boleh sesuai selera ( pilih salah satu ) , garam dan kaldu bubuk secukupnya. Uleg kasar atau sesuai selera .
Icip2, Sajikan .

IKAN KEMBUNG SAOS TIRAM

by @aras_galeri

Bahan
500gr ikan kembung segar
3 lonjor pete
1 Bombay ukr kecil
1 jeruk nipis
10 cabe rawit merah
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdm saos tiram
1 sdt kecap asin
1 sdm margarin
Garam & sedikit gula pasir

Caranya
1. Cuci bersih ikan kembung, lumuri air jeruk nipis & garam lalu goreng dalam minyak panas, tiriskan
2. Panaskan margarin, tumis irisan bawang merah & bawang putih, setelah harum masukkan pete, irisan bombay dan rawit merah (boleh di iris rawitnya) lalu bumbui dengan saos tiram, kecap asin, garam dan sejumput gula pasir, tambah sedikit air matang (sekitar 1/4 gelas) masak sampai pete dan bombay layu, koreksi rasa, kalo mau tambah kaldu bubuk silahkan aja, siramkan tumisan pete di atas ikan goreng (lebih meresap kalau ikan goreng di aduk dalam tumisan)



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3bY7eAz
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel