-->
Inilah 20 resep masakan harian lezat , nikmat, enak mantap mikin nagih setiap hari selamat mencoba

Inilah 20 resep masakan harian lezat , nikmat, enak mantap mikin nagih setiap hari selamat mencoba

Bagikan :

Inilah 20 resep masakan harian lezat , nikmat.. Selamat mencoba..

SEMUR JENGKOL PEDAS MANIS

@susan_mellyani

BAHAN:
500g jengkol tua
2 lembar daunsalam
1 tangkai daun bawang potong2
1 ruas lengkuas geprek
Secukupnya kecap manis
Gula,garam secukupnya
1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu halus:
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah kemiri
10 buah cabe merah kriting (pedas sesuai selera)
1/2 sdt merica butiran
1 sdt ketumbar

LANGKAH:

1.rebus sengkol hingga empuk,sy di presto 15 menit lalu kupas jengkol dan belah,geprek satu2,sisihkan

2.panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum,masukan salam dan lengkuas,tumis hingga bumbu matang

3.masukan jengkol,aduk rata,tuang kecap manis,aduk rata,tuangi air secukupnya,beri gula,garam,kaldu bubuk,aduk rata

4.proses hingga air menyusut dan bumbu mengental,koreksi rasanya,jika rasa sdh pas masukan daun bawang,aduk sbntr angkat dan sajikan

SAMBEL GORENG KENTANG

by: @aras_galeri

Bahan
1kg kentang potong dadu
500 gr ati sapi segar
3 papan pete
4 cabe merah iris serong
*bisa ganti cabe merah besar
1/2 gelas santan kental
Sereh, daun salam, daun jeruk, jahe, jeruk nipis

Bumbu halus
10 cabe merah kriting
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 kemiri sangrai (optional)
1 sdt gula merah, sy ganti 1sdt saos tiram
Garam

Caranya
1. Rebus ati sapi dengan tambahan 4lbr daun jeruk, 2lbr daun salam, sejempol jahe geprek, air jeruk nipis dan garam sekitar 10-15 menit
Buang air rebusan lalu ati sapi di potong dadu, sisihkan
2. Goreng kentang sampai kuning kecoklatan, tiriskan
3. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai, tumis sampai harum dan matang lalu masukkan santan, setelah santan mendidih masukkan ati sapi dan irisan cabe merah, bumbui garam dan saos tiram, lalu masak dengan api kecil dan wajan di tutup agar bumbu meresap
4. Setelah kuah menyusut, nyemek-nyemek ya bukan kering, masukkan pete, masak kembali sampai pete mulai layu lalu masukkan kentang goreng, aduk sampi bumbu rata

Teri kacang balado

@ara_galeri

Saya lebih suka teri kacang balado yang kriuk-kriuk, di simpen dalam toples kedap udara sampe 1 minggu pun masih awet kriuknya.. caranya gimana?
Bumbu balado cukup pake bawang putih dan jangan pake bawang merah apalagi tomat atau asam jawa.. kecuali porsi kecil yang langsung habis sekali makan it’s ok..
Sy selalu bikin banyak biar sekalian buat stok, kalau sarapan males masak tinggal bikin ceplok telor, di makan pake teri kacang, nasinya kasih kecap sikiit aja, MasyaAllah..๐Ÿ˜

UDANG SAOS KECAP

@eunice_euston
By : @eunice_euston

Bahan :
500gr udang uk besar
2 siung bawang putih cincang halus
3 butir bawang merah cincang halus
5 sdm Kecap manis
Garam gula penyedap secukupnya
Sedikit air

Cara memasak : -tumis bawang merah dan putih sampai kuning dan wangi.. masukkan udang tumis sebentar.. lalu masukkan garam gula penyedap dan kecap.. tambahkan sedikit saja air.. masak sampai udang matang dan saos agak mengental.
Angkat dan sajikan๐Ÿ˜‰

Bandeng goreng sambel dabu dabu

by@lilik_indrayani_81

๐ŸŒถ Bandeng goreng : bawang putih, ketumbar & kunyit bubuk, garam, semua bahan ulek kemudian campurkan ke ikan bandeng (yg sebelumnya direndam dengan perasan jeruk nipis kemudian cuci bilas kembali hingga bersih) lalu goreng, saat ikan udah dimasukkan ke penggorengan beri taburan tepung bumbu sebanyak 2 kali
๐ŸŒถ Sambel dabu dabu versi aku : cabe rawit merah / bisa dicampur rawit hijau, tomat, bawang merah, sedikit bawang putih semua bahan diiris, terasi abc, perasan jeruk nipis, garam, gula, kaldu jamur, campur semua bahan dalam wadah, panaskan minyak makan secukupnya lalu masak bahan sambel selama 5 menit atau lebih kemudian siram bandeng goreng dengan sambel.

TUMIS DAUN PEPAYA

by: @aras_galeri

Bahan
1 ikat daun pepaya
4 siung bawang merah iris
2 siung bawang putih iris
1 cabe merah kriting iris
2 sdm udang rebon
2 lbr daun jeruk
1 lbr daun salam
Garam, kaldu bubuk dan gula pasir secukupnya

Caranya
1. Didihkan air, tambahkan garam lalu rebus daun pepaya sampai matang, daun pepaya di potong kecil2 ya
2. Tumis irisan duo bawang sampai harum, tambahkan daun jeruk, daun salam irisan cabe dan udang rebon, bumbui garam, sedikit kaldu bubuk dan gula pasir, lalu masukkan daun pepaya, masak sampai matang, cek rasal

GURAME BAKAR KECAP

by: @aras_galeri

Bahan
1 kg ikan gurame
*bisa ganti ikan laut (kuwe, bawal, baronang dll) atau ikan tawar jenis lain sesuai selera
2 jeruk nipis
2 sdm margarin
Kecap manis secukupnya

Bumbu halus
8 siung bawang putih
1/2 sdm ketumbar bubuk
Seruas kunyit
Garam & kaldu jamur

Caranya
1. Cuci bersih ikan gurame, kerat-kerat badannya, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sekitar 15-30 menit, bilas, tiriskan
2. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis & bumbu halus sampai rata
3. Panaskan teflon (bisa pake happy call) lalu bakar ikan sambil di olesi margarin, setelah dua sisi ikan di bakar 1/2 matang, olesi kecap manis sesuai selera, bakar kembali sampai ikan matang dan kecap menjadi karamel

Ayam rica pedess versi menggunakan ayam potong yang di goreng dahulu…

@lilik_indrayani_81

Bahan :
1 ekor ayam potong, potong potong lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis, cuci bilas kembali hingga bersih, beri garem sebanyak 3/4 sdt lalu goreng agak kering / sesuai selera
4 batang serai geprek
1 jempol laos geprek
4 lembar daun salam kering
8 lembar daun jeruk segar
1 batang daun bawang / optional
2 buah tomat ukuran sedang
cabe kecil utuhan secukupnya
kaldu ayam bubuk
garam
gula pasir

BUMBU HALUS :
13 siung bawang merah
9 siung bawang putih
8 biji kemiri
1/2 telunjuk kunyit
3/4 jempol jahe
3 cabe merah besar
1 ons cabe kecil

CARA MEMBUAT :
potong ayam sesuai selera, beri perasan jeruk nipis dan diamkan minimal 5 menit kemudian cuci bilas kembali sampai bersih.
ulek / blender kasaran bahan bumbu halus kemudian tumis sampai tanek, masukkan serai laos daun salam dan daun jeruk lalu aduk aduk sampai agak layu, beri garam, kaldu bubuk, gula pasir.
beri air kurleb 250 ml, masak hingga mendidih lalu koreksi rasa dan masukkan ayam goreng, aduk aduk hingga bumbu tercampur rata dan kuah mengental kemudian angkat

MUJAHIR GORENG

@suprabajati

*Bahan
1,5 ikan mujahir
1 jeruk nipis
Garam

*Bumbu halus
4 bawang putih
1 sdm ketumbar
1 jempol kunyit
Garam secukupnya

*Cara
Bersihkan ikan lalu cuci,kerat2 dan lumuri dgn perasan jeruk nipis dan garam,diamkan 5 menit lalu bilas kembali
Haluskan bumbu dan beri sedikit air,masukkan ikan dlm bumbu diamkan 5 menit lalu goreng dlm minyak panas hingga matang

๐ŸŒถ๐Ÿ… SAMBAL TRASI ๐Ÿ…๐ŸŒถ

*Bahan
10 cabe merah keriting
5 cabe rawit merah
1 sdt trasi bakar
1 sdt gula jawa
1 buah jeruk limo (bisa skip)
Garam secukupnya

*Cara
Haluskan semua bahan lalu kucuri dgn jeruk limo

AYAM GORENG KUNING

Oleh : @yulichia88

Bahan:
500 gram ayam (aku bagian paha ayam)
1 sachet bumbu desakumarinasi
5 sendok makan air
Minyak goreng, untuk menggoreng

SAMBAL PENYET
Bahan sambal penyet:
7 butir cabe merah dan 5 butir cabe rawit
1 buah tomat kecil
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 gram terasi
Garam dan 1 sdm gula merah diiris
Minyak goreng

CARA MEMASAK:
1. Campur 1 sachet bumbu desakumarinasi dgn 5 sdm air aduk rata, sisihkan
2. Panaskan minyak, goreng langsung ayam tanpa bumbu setengah matang
3. Kemudian siram 1/2 larutan bumbu desakumarinasi tunggu smp minyak bening, lalu balik ayamnya
4. Kemudian tuang sisa larutan bumbu desakumarinasi lalu goreng ayam sampai matang, angkat dan tiriskan
5. Sajikan dgn sambal penyet

CARA MEMBUAT SAMBAL PENYET:
– Goreng cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi hingga layu dan terasi mateng
– Angkat, ulek kasar tambahkan garam, gula merah, lalu kucuri air jeruk sambal jika suka

AYAM UNGKEP BAKAR

By.@lisna_lisnawati71

Bahan :
– setengah kilogram (500 gr) Daging Ayam
– 2 lmbr daun jeruk
– 1 btg sereh geprek
– 2 sdm air asam jawa (asam Jawa seduh dengan air panas)
– 1 sdt gula pasir, 1 sdt garam, 1 sdt penyedap/ sesuai selera aja ya
– 300 mil air
– sedikit minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
– 5 siung bawang merah
– 2 Siung bawang putih
– 5 buah cabe merah keriting
– 3 buah cabe rawit merah
– 1 sdt ketumbar sangrai
– 2 ruas kunyit
– 2 ruas jahe

Cara Membuatnya :
1. Potong Ayam sesuai selera, Cuci bersih
2. Tumis bumbu yang dihaluskan, daun jeruk dan sereh geprek hingga harum, lalu masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
3. Tambahkan air, air asam jawa, garam, gula dan penyedap, tes rasa, ungkep hingga ayamnya empuk, bumbu meresap dan kuahnya asat, angkat
4. Lalu panggang ayam nya ,bolak balik sambil di olesi sisa bumbu ungkepan
5. Sajikan bersama sambel dan lalapan

Udang Asam Manis

@kellys_kitchenn

Bahan :

Udang uk besar 500 gr (kupas kulit)
2 siung bwg putih (cincang)
5 butir bwg merah (cincang)
2 sdm gula pasir
Asam jawa secukupnya
2 sdm kecap manis
Garam & bumbu penyedap secukupnya
Air sedikit
Minyak

Langkah :

1> Tumis bwg merah & bwg putih hingga harum

2> Masukan udang tumis sebentar

3> Masukan gula, asam & kecap manis, aduk2 beri sedikit air, garam & bumbu penyedap

4> Masak hingga udang matang & kuah mengental

5> Sajikan ☺️

PEPES AYAM⁣

By @dada.tastes⁣

Bahan :⁣
300 grm dada ayam⁣
1 butir telur⁣
1 lbr daun kunyit⁣
3 lbr daun jeruk⁣
50 ml santan⁣
Garam, kaldu bubuk dan gula secukupnya⁣

Bahan halus :⁣
6 butir bawang bawang merah⁣
4 siung bawang putih⁣
2 btg serai⁣
1 cm jahe⁣
2 cm kunyit bakar⁣
1 cm lengkuas⁣
2 butir kemiri⁣
1 sdt ketumbar⁣
1 sdt jintan⁣
8 bh cabai merah keriting⁣
2 bh cabai rawit⁣

Cara membuat :⁣
1. Haluskan daging ayam dan bumbu halus, sisihkan.⁣
2. Panaskan minyak di wajan tumis bahan halus sampai wangi masukkan daun kunyit, daun jeruk, santan, garam, kaldu bubuk dan gula secukupnya, tumis hingga agak kering.⁣
3. Angkat, campurkan ke dalam daging ayam yang telah di haluskan dan pecahkan sebutir telur.⁣
4. Aduk sampai rata dan bungkus dengan daun pisang, lakukan sampai habis.⁣
5. Kukus selama 15 menit atau sampai matang dan angkat.⁣
6. Bakar di alat pemanggangan bolak balik sampai wangi.⁣
7. Sajikan selagi panas

PEPES TERI

@dapur_nn

tunggu matengnya ya baru diserbu ๐Ÿ˜

Bahan2 :
Teri basah, bersihkan lalu beri garam dan perasan jeruk, sisihkan.
Pete
Daun kemangi
Tomat iris2

Tumbuk halus bawang putih merah, cabe keriting, rawit, dan kemiri.
lalu aduk rata di teri, beri kemangi, pete dan tomat lalu bungkus di daun pisang. Bakar hingga matang. .

AYAM POP

by: @aras_galeri

BACA JUGA:
Aneka resep masakan asam manis.. Selamat mencoba..
Aneka resep olahan ikan tongkol spesial .. Selamat mencoba..
Aneka resep masakan jengkol nikmat.. Selamat mencoba..
Bahan A
1 ekor ayam pejantan potong 4 bagian
*atau bisa pakai ayam kampung muda, buang kulitnya (optional)
Sejempol lengkuas geprek
Sejempol jahe geprek
5 siung bawang putih ulek halus
1 sdt lada bubuk
Air kelapa
Garam & kaldu bubuk

Bahan B
Margarin
Jeruk nipis
Minyak goreng

Caranya
1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dan tiriskan
2. Dalan panci/wajan masukkan semua bahan A, jika air kelapa kurang bisa tambah air biasa sampai cukup merendam ayam (tapi jangan sampai berlebihan)
3. Rebus ayam sampai empuk dengan api kecil, sekitar 45 menit, agar bumbu lebih meresap setelah matang biarkan saja dalam panci yang tertutup sampai air rebusan dingin
4. Panaskan minyak goreng dengan tambahan 1sdm margarin, lalu goreng ayam SEBENTAR SAJA dalam minyak panas, atau cukup di celup kedalam minyak panas, tiriskan
5. Sajikan ayam pop dan sambel merah, sambel hijau atau sambel favorit masing masing

Cumi goreng asem

by: @lusiaa_vv

Bahan:
600gram Cumi
1 sendok mkn @FiberCreme

Secukupnya:
asam jawa
saus tiram
Kecap manis
Garam,lada,gula pasir&
Minyak goreng

Cara:
-Bersihkan Cumi,potong cincin -Remas” satu sendok makan asam jawa dngn -+100ml air buang ampasnya lalu tuang dlm wajan. -Masukan Cumi masak smp air menyusut tambahkan @FiberCreme ,kecap manis dan saus tiram .
-Bumbui dikit garam,lada dan gula pasir masak sampai mengental lalu masukan dua sendok makan minyak goreng,tambahkan cabe rawit bila suka pedas masak smp meletup” saus berkaramel dan sebelum diangkat kucuri satu buah jeruk kunci (untuk rasa lebih seger).tes rasanya bila sudah pas asem guriiih manis asin dan pedesnyaa,angkat sajikan๐Ÿ‘Œ

AYAM GORENG KETUMBAR

by : @aras_galeri

Bahan
1 ekor ayam potong 16
*sy pake bagian paha bawah saja
Jeruk nipis
4 sdm ketumbar butiran

Bumbu halus
5 siung bawang putih
2 kemiri
Seruas jahe
Seruas kunyit
Garam & kaldu bubuk

Optional: 1 sdm tepung beras / tepung maizena / tepung sagu untuk lapisan, tp di foto ini gak pake tepung

Caranya
1. Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dan tiriskan
2. Sangrai ketumbar sampai harum, lalu ulek kasar
3. Lumuri ayam dengan bumbu halus dan ketumbar sampai rata, lalu simpan dalam kulkas semalaman
4. Goreng ayam dalam minyak panas dengan api sedang cenderung kecil
5. Bisa juga sebelum di goreng, masukkan tepung kedalam wadah ayam, aduk tepung sampai rata agar bumbu lebih menempel, sesuai selera aja, dua duanya sama enak

Sambel korek : 10 cabe rawit merah, 1 siung baput semua memtah diulek dg tambah garam dan gula pasir lalu siram dg sdkit minyak panas sisa goreng ay aduk sampai tercampur rata

Mendol

cr@luis_widarto

Bahan :
– 2 papan tempe 500 gr
Bumbu Halus :
– 5 siung bawang putih
– 4 biji cabe rawit
– 2 cm legkuas
– 2 ruas kencur
– 4 sdt ketumbar
– 4 lembar daun jeruk buang tengahnya
– sejimpit gula pasir
– garam secukupnya
– minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
⏩Tumbuk agak kasar tempe pakai ulekkan, campur sama bumbu halus cicipi rasa, bentuk sesuai selera atau kepal-kepal sampai adonan habis.
⏩Panaskan minyak, goreng sampai kering atau kuning kecoklatan, sekali balik saja biar mendol tidak hancur, angkat tiriskan.

Tips Sukses Menggoreng Mendol ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰
1. Pastikan mendol udah dikepal2 sedikit ditekan2 ya.
2. Panaskan minyak, sampai bener2 panas, kalo kurang panas, alamat mendol pasti hancur (saya pakai penggorengan aluminium biasa ya, karena menurut saya pake penggorengan ini hasilnya lebih garing, dari pada pakai penggorengan teflon)
3. Gorenglah dengan minyak agak banyak agar semua mensol terendam minyak
4. Saat memasukkan mendol dlm wajan penggorengan isinya jangan banyak ken kalau kebanyakan isi suhu minyak akan turun dan mendol akan gampang hancur
5. Yg terakhir sekali balik aja, jangan sering dibolak balik ntar hancur krn tekstur mendol sangat rapuh kalai audah maauk penggorengan

OSENG CUMI ASIN

by @tsaniwismono

Bahan :
250 gram cumi asin, rebus sebentar, tiriskan
7 bawang merah
3 bawang putih
100 gram cabe rawit merah & hijau
1/2 buah tomat
2 cm jahe
2 cm lengkuas
1 lembar salam
1/2 sdt garam
1/4 sdt penyedap rasa
1 sdm kecap manis
1/2 gelas air
3 sdm minyak

Cara Memasak :
Panaskan minyak, tumis bawang merah putih sampai harum, masukkan cabe tomat salam lengkuas jahe dan cumi, tumis sampai cabe layu. Beri air, bumbui garam kecap dan penyedap. Masak sampai meresap, angkat.
Note : kalau suka cumi empuk, cumi asin direbus seperti yang saya lakukan. Kalau mau diseduh air panas doang juga bisa.

AYAM BETUTU

(rice cooker)
@immawasis

BAHAN:
1 ekor ayam utuh
1 gelas air

BUMBU KASAR :
5 bh bawang merah
3 siung bawang putih
5 bh cabe merah
5 bh cabe rawit merah

BUMBU HALUS:
4 bh kemiri
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
2 sachet terasi udang
2 ruas jari kunyit, bakar
2 ruas jari jahe
3 ruas jari kencur
3 sdm minyak sayur
1 sachet kaldu ayam bubuk
2 sdt garam/sesuai selera

BUMBU rempah daun&batang
2 batang sereh, geprek
3 cm batang kayu manis
2 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam

CARA:
1. Cincang bumbu kasar dg chopper. Bagi 2 bagian. Ambil 1 bagian, blender bersama dengan bahan bumbu halus.
2. Siapkan ayam utuh yg sudah dipesiang. Balurkan bumbu halus & kasar serta rempah batang&daun.
3. Bungkus ayam dengan aluminium foil dengan bagian atas masih terbuka sebagian.
4. Masukkan ayam ke dalam panci rice cooker. Tuang air ke dalam panci, di bagian luar aluminium foil.
6. Pilih menu stew, atau masak selama 2 jam. Ayam lembut nan spicy dan juicy pun siap sebagai teman makan nasi. Jodohin dengan sambal matah dan selada air rebus.

Sambal matah:
Potong tipis Bawang merah, sereh, cabe rawit hijau & merah. Siram dg minyak panas. Beri sedikit garam atau kaldu bubuk. Siap dihidangkan.



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3p9ERVu
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel