-->
Inilah 30 Resep Kue Tradisional , enak , nikmat praktis buatnya harus di coba

Inilah 30 Resep Kue Tradisional , enak , nikmat praktis buatnya harus di coba

Bagikan :

Inilah 30 Resep Kue Tradisional Spesial .. Selamat Mencoba..

KUE MANGKOK GULA MERAH

Bake @vitakwee
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ⁣
Bahan :
200 grm gula merah/aren
2 sdm munjung @fibercreme larutkan dalam 200cc air matang
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili
2 butir kuning telur
50 grm gula pasir butiran halus
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
100 ml minyak sayur/goreng
250 grm terigu segitiga

Cara :
Didihkan larutan @fibercreme , gula merah, vanili dan garam cukup sampai gula larut. Saring sisihkan.

Mikser kuning telur, 50 grm gula pasir, bp dan soda kue sampai mengembang dan pucat dengan speed tinggi, masukan air gula merah secara bergantian dengan tepung terigu boleh mikser pake speed rendah / whisk lalu masukan minyak goreng aduk rata.
tuang adonan dalam cup lalu kukus 20 menit/ hingga matang. sebelumnya kukusan dipanaskan terlebih dahulu.
Angkat, sajikan

Kue NONA MANIS

By. @vitakwee

ㅤbahan 1 :
250 ml santan kental
1 butir telur
80 gr gula pasir
140 gr terigu
bahan 2 :
250 ml santan kental
40 gr gula pasir
30 gr maizena
pewarna hijau /aku pake sari jus pandan.
sejumput garam
bahan 3 :
500 ml santan kental
6 sendok makan terigu
sejumput garam

Cara:
Bahan 1 : mixer gula dan telur hingga kental. Kemudian masukkan santan, terigu secara bertahap sambil di mixer dgn kecepatan rendah sampe rata. Sisihkan

Bahan 2 : rebus semua bahan dgn api sedang hingga beruap dan mengental. Matikan. setelah agak sedikit dingin tmbhkan secara bertahap ke dlm adonan 1 sambil di mixer agar tercampur rata. Sisihkan

Bahan 3 : rebus semua bahan dgn api sedang dan diaduk2 terus hingga beruap dan mengental. Matikan api sambil terus diaduk agar tdk bergerindil. Tuang dlm botol kecap plastik.

Siapkan cetakan kue talam yg dioles minyak tipis. Tuang adonan hijau 3/4. Kemudian semprotkan adonan putih hingga penuh dgn cara moncong botol dibenamkan sedikit ke dalam adonan hijau. Lakukan sampe habis.

Kukus selama 15 menit. Jgn lupa tutup dandang dilapisi serbet. Biarkan dingin utk melepasnya .

NAGASARI HUNKWE

By @ernibryan

Bahan :
Pisang kepok dikukus sampe matang, potong2 sesuai selera

Bahan A:
75 gr tepung hunkwe cap bunga
450 ml santan kental dr 1 butir kelapa
150 gr gula
Sdkt garam

Daun pisang untuk membungkus

Caranya:
1. Campur smua bahan A aduk hingga rata. Masak diatas kompor dgn api kecil diaduk2 terus sampe kental dan matang
2. Ambil 1 sendok sayur adonan lalu taruh diatas daun pisang tambahkan pisang diatasnya lalu bungkus
3. Tunggu sampe suhu ruang lalu simpan dikulkas
Sajikan dlm keadaan dingin lbh enak

Tips membungkus:
Rebus sebentar daun pisang di air yg tlh mendidih supaya pas dibungkus daunnya lentur dan tdk sobek .

KUEH SERI MUKA

Source @moucup
Rebake @linagui.kitchen

Lapis Ketan :
500g beras ketan
100 pcs (2 grm tanpa daun) bunga telang
150ml air mendidih
300g santan
1 sdt garam
4 daun pandan

Pandan custard :
4 butir telur
270g santan kental
50 gr gula pasir
50 brown sugar
35 lembar daun pandan
135g air
14g tep maizena
50g tep pro sedang

Cara membuat beras ketan :
1. Sehari sebelum nya: Seduh bunga telang dengan air panas selama 6-8 jam hingga warna benar2 pekat, lalu saring.
2. Malam hari nya, cuci beras ketan bagi 1/3 (165gr) untuk biru dan 2/3 (335gr) untuk putih. Rendam 1/3 dengan air bunga telang dan 2/3 nya dengan air matang biasa. Pastikan ketan tertutup permukaan air.
3. Keesokan pagi nya, panaskan dandang, alasi dengan daun pisang lalu kukus kedua beras ketan (beri pembatas) selipkan daun pandan yg di potong2 dalam ketan lalu kukus selama 20 menit
4. Panaskan santan, air dan garam untuk beras ketan lalu bagi 1/3 (141gr) untuk biru & 2/3 (284gr) untuk putih
5. Stlh 20 menit, angkat ketan, letakkan dalam mangkuk tahan panas, tuang masing2 porsi santan, aduk2, lalu diamkan selama 15 menit
6. Kukus kembali selama 15 menit

Cara membuat pandan custard :
1. Buat pandan jus dgn blender air dan daun pandan lalu saring
2. Campur dgn santan & brown sugar, boleh ditambahkan 1/4 sdt pandan essence
3. Masak hingga gula larut, dinginkan
4. Mixer telur & gula pasir hingga putih mengembang
5. Masukkan tepung maizena & tep terigu
6. Masukkan santan hangat lalu aduk rata
7. Masak kembali dgn api kecil hingga mengental

Menata :
1. Menggunakan sumpit
2. Aduk kedua warna beras ketan lalu tata dlm loyang yg dialasi dgn daun pisang & di olesi minyak tipis2
3. Ratakan & tekan dgn penekan
4. Tuang pandan custard (bole di saring dulu)
5. Lalu kukus lagi dg api kecil 50-60menit

LUPIS/LOPIS

by @mamupapu_kitchen

Bahan:
🔺250 gr beras ketan
🔺1/2 sdt Garam
🔺1 sdm air kapur sirih (boleh gak pake)
🔺Kelapa parut (kelapa parut, beri garam aduk rata, kukus dg daun pandan)
🔺Kinca Gula merah ( rebus 250 gr gula aren dg 100ml air biarkan mengental, atau boleh diberi campuran 1sdm tapioka yg dicairkan dg air)
🔺Daun pisang atau cetakan lontong
🔺Tusuk gigi, atau tali dari bambu untuk bungkus segitiga

Langkah:
🌾 Cuci beras ketan (rendam 1-3 jam untuk ketan kualitas bagus, dan semalam untuk ketan biasa) lalu tiriskan
🌾 Masukkan ketan kedalam baskom, beri garam, dan air kapur sirih lalu campur rata.
🌾 Bungkus dg daun pisang dg bentuk segitiga atau bisa dg cetakan lontong yg dialasi dg daun pisang.
🌾 Rebus dg air yg banyak hingga semua bungkusan lupis terendam selama 4 jam.
🌾 Angkat dan segera tiriskan lupis, tunggu dingin baru dibuka atau dipotong. Selanjutnya gulingkan diparutan kelapa dan tuangkan kinca Gula merah sesaat akan dimakan.
✍️ Agar lupis kenyal, pengisian ketan harus benar2 penuh dan no bocor2, klo perlu daun jangan 1 lapis alias di double.
✍️ Pemberian kapur sirih bertujuan untuk mengenyalkan dan memberi aroma khas lupis,, tapi jika terlau banyak akan getir. Tp misal gak ada bisa di tiadakan kok, gpp tetep oke asal penuh saat ngisi.
✍️ Kinca, jika pake gula aren asli perlu ditambah garam, tp ada bbrp gula merah yg sudah asin jd tidak perlu tambah garam. Dulu,, saat Indonesia masih melimpah pohon aren dan pengrajin gula aren…nenek moyang buat kinca yg kental itu murni gula aren dan air..tp krn sekarang gula mahal jadi diberi pengental dg bantuan tepung tapioka agar lebih ekonomis…😅
✍️ Ada berbagai nama sebutan untuk ketan kualitas bagus dibeberapa daerah contoh ketan Mentik, ketan Mentog, ketan Gudel, ketan Paris, dll.
✍️ Bisa menggunakan pandan Suji sbg pewarna alami hijau, dan pewarna makanan agar lupis lebih meriah tp tak jarang juga yg suka dg lupis original.

GETUK LINDRI

Ala @kuesabine_bytutiputu

Bahan
1kg singkong
250gr-300gr gula pasir
2 sdm muncung Margarine (Blue B**d)
1st garam
1st pasta pandan
1 sdm Tepung Kanji + 250ml air

Bahan taburan
1/2 butir kelapa sedang parut
1/2 st garam

Cara Membuat
1. Kupas,cuci bersih singkong. Kukus. Sekalian ngukus kelapa yaaa..
Sementara ngukus siapkan gilingan

2. Masak air dan kanji sampai kental.sisihkan

3. Setelah singkong empuk
Letakkan singkong di baskom. Tumbuk kasar. Masukan Gula, Pasta, margarin, garam dan Kanji. Aduk rata.

4. Giling 2 x. Giling 1x biasanya masih kasar.
Cetak dan potong. pada gilingan k2 2x nya.
Beri Taburan kelapa.
Sajikan.
SELESAI

TIPS
1. Pilih singkong tua biasanya batangnya agak besar.
2 . Rendam di air garam kalau setelah di kupas ngga langsung di kukus.
3 . Singkong wajib dalam keadaan panas saat pencampuran bahan lain
4.Fungsi Adonan kanji yaitu untuk merekatkan adoban getuk . Jadi ketika di olah jadi getuk yang padat dan legit.

Kue Lumpur Kentang

By @ayuaudrey91

Bahan
300 cc santan
50 gram mentega
100 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili
Masak dengan api kecil sampai gula larut.
Masukkan 100 gram terigu segitiga biru.
Matikan api…aduk sampai kalis.
Biarkan dingin

Aduk dengan bantuan whisk
2 butir telur
125 gram kentang yg sdh dikukus dan dihaluskan.
100 cc susu cair full cream.
Aduk dan pastikan rata.

Panaskan loyang kue lumpur. Olesi mentega tipis aja.
Tuang adonan 3/4 cetakan…tutup loyang…biarkan setengah matang.

Beri kismis utk hiasan. Masak hingga permukaan kecoklatan. Angkat…hidangkan.

Serabi kuah kinca

By @nurhabibahrangkuti

Bahan
35sdm tepung terigu
3gr fermipan
20lembar daun pandan ( blender dengan air 650ml lalu saring)
Sejumput garam
2sdm gula pasir

Cara membuat
1.campur semua bahan masukkan air pandan sedikit-dikit
2. Aduk hingga licin kemudian di saring agar tidak ada bergerindik
3. Tutup adonan dengan kain basah sampai 3 jam
4.panaskan teflon dengan api kecil,jika sudah panas masukkan adonan,tunggu sampai tampak berlubang-lubang lalu tutup teflon tunggu hingga dasar atas kering (jangan di balik) lalu di angkat.hati-hati jangan sampai gosong.
5. Begitu seterusnya hingga adonan habis

Kuah kinca

Bahan
1000ml air santan
300gr gula merah( di iris-iris)
2sdm maizena
2helai daun pandan

Cara membuat
1.Campur semua bahan kecuali maizena masak hingga mendidih lalu matikan apinya
2.larutkan tepung maizena di wadah lain dengan sedikit air, kemudian masukkan larutan maizena ke kuah kinca aduk-aduk.
3. Hidupkan lagi apinya masak hingga meletup2
4. Sajikan

Getuk Lindri

By @olga.g.putri

Bahan:
1kg singkong
300 gram gula pasir (kalau gak suka terlalu manis bisa dikurangi)
1/2 sdm vanilli (boleh cair boleh bubuk)
1/4 sdm garam
Untuk warna bisa pake endapan daun pandan untuk warna hijaun, bisa pake perasa makanan juga. Atau original juga oke..

CARA MEMBUAT:
1. Kukus singkong hingga empuk tes pake tusukan. Usahakan juga pilih kualitas singkong yang bagus,tidak ganyong/keras.
2. Selagi panas tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan gula, garam dan vanilli.
3. Setelah itu tambahkan perasa makanan (kalau aku pake perasa pandan dan satunya pake gula jawa)
4. Setelah tercampur rata angkat dan sajikan dengan kelapa parut yang sudah dikukus memakai sedikit garam dan vanilli.
Selamat Mencoba

ONGOL2 GULA MERAH

Oleh : @yulichia88

Bahan 1:
400 gr gula merah
100 gr gula pasir
800 cc air bersih
3 lbr daun pandan ikat simpul
1/2 sdt garam
Masak smp gula larut dan mendidih (sisihkan)

Bahan 2:
500 gram sagu tani
450 cc santan (dari 1 butir kelapa)
1 sdm minyak goreng

Cara:
1. Campur semua bahan 2 aduk rata, tuang bahan 1 (cairan gula merah) yg msh hangat, aduk rata, saring
2. Panaskan dandang, siapkan loyang 24×24 oles tipis minyak
3. Kukus adonan perlapis (7 smp10 menit tiap lapisannya, tergantung tebal, tipisnya adonan ya) ato kukus sekaligus sesuai selera, kukus smp mateng, dingin baru dipotong balur dgn kelapa putih parut yg terlebih dahulu dikukus 20 menit
semogabermanfaat ya

KUE WAJIK

by @rita_siucien

BAHAN KETAN :.
500 Gr beras ketan ( rendam selama 2 jam ) cuci brsih. Tiriskn.
400 ml santan sedang.
2 lmbar daunnpandan.
Sejumput garam.

BAHAN Gula :.
300 ml santan kental.
200 Gr gula aren.
75 gr gula pasir
2 lembar daun pandan.
Sjumput garam.

CARA BUAT :.
1. Panas kn kukusan dlu. Di wajan teflon, Cmpur smua Bahan Ketan . Masak hingga santan mengering, lalu kukus aronan ketan hingga matang.
2. Di wajan teflon anti lengket. Cmpur smua bahan Gulaa. Masak hingga gula ny larut , saring lalu masak kembali dan mendidih berbusa.
3. Kcl kn sdikit api kompor. Masukn ketan ke dlm cairan karamel gula. Masak dan aduk2 trs hingga semua ny set dan agak mengering. Matikan kompor.
4. Siap kn loyang ukuran 18×18 yg sdh di olesin sdikit minyak. Tuang adonan wajik ke dlm loyang , di rata kn dan smbil agak di tekan2. Diamkn hingga bnr2 dingin.
5. Saya bikin ny kemren mlm. Jd potong ny pagi ini, wajik ud bnr2 set. Potong pakai pisau yg di lapisin plastik. ENJOY

Lapis Tapioka/kanji

By @olga.g.putri

Bahan:
300 gram tepung tapioka/kanji
150 gram tepung terigu
350 gram gula pasir
1 sdt garam
1200 ml santan matang
Pasta pandan

Cara Membuat
1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga gula pasir larut. (boleh di blender)
2. Setelah itu jika dirasa kurang halus adonan boleh disaring.
3. Ambil cetakan yang akan digunakan olesi dengan minya ke seluruh permukaannya
4. Bagi adonan menjadi 2 bagian atau lebih silahkan disesuikan dengan selera (kalo aku pake pasta pandan, dan adoan terakhir pakai warna merah)
5. Tuangkan adonan 1-2 centong sayur kalo aku dimulai dari warna pandan dan kukus hingga 5 menit masing-masing layer. Lakukan bergantian dengan warna lain.
6. Pada tahap akhir/adonan terakhir kukus kira-kira 15-20 menit ya.
7. Setelah matang diamkan adonan minimal 1 jam, berjam-jam juga lebih oke untuk memudahkan melepas lapir dari cetakan.
Nb: saat panas lapis tidak bisa dikeluarkan dari cetakan.
Selamat Mencoba

KAMIR TAPE

By @wibekti_mulyantari94

Bahannya sederhana, cara buatnya juga gak ruwet, rasanya manis empuk dengan aroma wangi tape, kalo anakku sukanya dikasih susu kental manis pas makan …lebih nikmat katanya😍

Bahan:
150 gr tape singkong
150 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt ragi instan
1 gelas susu cair
2 sdm margarin

Cara membuat :
🍘Campur semua bahan, lalu mixer sampai halus
🍘Tutup adonan lalu biarkan sekitar 1 jam.
🍘Panaskan dengan api kecil, tuang adonan kedalam cetakan jangan sampai penuh, biarkan mengembang dan sisi bawahnya matang, lalu balik hingga kedua sisi matang kuning kecoklatan.
🍘Setelah matang, angkat , kamir tape siap disajikan.

Serabi Solo Teflon ala Notosuman

By @nixma_ilmie

Numpang lewat…..

Srabi Sala adalah sebuah makanan ringan yang berasal dari Solo, Jawa Tengah (sumber: wikipedia).

Merupakan makanan legend dari solo, jawa tengah yang konon katanya di adaptasi dari pancake atau pannekoek dengan penyesuaian kearifan dan selera lokal. Seiring berjalannya waktu serabi makin memiliki beraneka ragam varian dan topping, semua menyesuaikan selera masing-masing.

Bahan

100 gr tepung beras
1 sdm tepung terigu
25 gr gula pasir
1/2 sdm ragi instan, me : fermipan
1/4 sdt vanilli
1/4 sdt baking powder
Sejumput garam
350 ml santan kental, me : 65ml santan instan+air

Topping :
Secukupnya mesis
Secukupnya keju
Atau sesuai selera

Cara membuat :
1. Masak santan dengan daun pandan hingga mendidih. 300 ml untuk campuran adonan dan 50 ml untuk areh
2. Campur semua bahan kering, kecuali baking powder. Lalu tambahkan santan yang sudah hangat dan aduk rata hingga gula larut dan adonan tidak bergerindil.
3. Diamkan adonan minimal 1 jam, hingga adonan berbuih. Lalu campur dengan baking powder dan adonan siap di cetak.
4. Siapkan teflon yang sudah dipanaskan dengan api kecil. Masukkan 1-2 centong adonan dan ratakan adonan diatas teflon tunggu sampai kue berpori.
5. Tuang 1 sdm areh diatas kue, lalu beri topping dan tunggu hingga kue matang kecoklatan kurang lebih 2-3 menit. Setelah matang gulung serabi dan bungkus menggunakan daun pisang.

CARABIKANG /BIKANG MAWAR

By: @Wawa Wiati

Bahan:
200 g tepung beras
100 g terigu
25 g tepung kanji
160 g gula
1/2 sdt garam
3 sdm minyak
1 sachet SKM + santan total 650 ml
2 lembar daun pandan
Nampan / loyang diisi air dan lap basah untuk mendinginkan cetakan setelah kue matang

Cara:
Campur rata tepung beras, terigu, tapioka dan gula pasir. Sisihkan
Masak santan garam dan daun pandan sampai mendidih.
Panas panas lansung tuang sebagian santan ke dalam tepung sambil dimixer atau diaduk cepat dengan whisker sampai terbentuk adonan yg kental, lembut dan licin ( sekitar 5-7 menit)
Masukan sisa santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk lalu masukan minyak, aduk rata lalu saring adonan.
Bagi2 adonan dan beri pewarna sesuai selera (saya dibagi 3 : hijau, putih dan kuning)
Panaskan cetakan dengan api sedang sampai benar2 panas. Harus benar2 panas yaa…. Karena kalo cetakan kurang panas kue akan bantat dan gak berserat. Tuang adonan hijau sampai 1/3 tinggi cetakan, tunggu sampai pinggirnya agak kering lalu tuang adonan putih sampai 3/4 tinggi cetakan, tunggu agak mengering dan terakhir tuang adonan kuning sampai penuh. Biarkan sampai adonan matang, kering dan berpori. Cetakan gak perlu di tutup. Setelah permukaan kue kering dan matang angkat cetakan lalu taruh di atas loyang/ nampan yg telah dialas lap basah. Tunggu sampai gak terlalu panas. Keluarkan kue dari cetakan, letakan di atas gelas kecil, taruh tutup botol di tengahnya, tekan dan rekahkan bagian pinggirnya dengan jari sampai membentuk kelopak yang mekar. Boleh pake bantuan gunting

ONDE ONDE PANDAN

By : @lestarisahidin

Adonan kulit: .

▪️250 gr tepung ketan
▪️50 gram tepung beras
▪️75 gr gula pasir saya blender
▪️1/4 sdt garam
▪️280ml air santan encer hangat kuku tambahkan sedikit demi sedikit jika dirasa sudah bisa dibentuk ,hentikan penambahan santan
▪️Pasta pandan secukupnya ◻️wijen

Cara: .

▪️Masukkan tepung ketan, tepung beras, gula, garam jadi satu, aduk pakai tangan biar tercampur,
▪️Masukkan air santan sedikit sedikit dan tambahkan pasta pandan uleni ringan sampai kalis / sampai bisa dibentuk.
▪️Ambil 1 buah adonan, pipihkan, isi dengan kacang hijau, tutup bulatkan, gulingkan ke wijen. ◻️Adonan kulit saya timbang per 30gr an

Bahan isi kacang hijau: .

▪️120 gr kacang hijau , rendam semalam (saya pakai kacang hijau yg masih ada kulitnya)
▪️1 lbr daun pandan
▪️Cuci bersih kacang hijau kukus hingga empuk
▪️Haluskan kacang ijo dicobek
▪️Pindahkan diteflon tambahkan daun pandan dan sedikit santan
▪️Tambahkan 60gr gula pasir dan 1/2 sdt garam
▪️Tunggu hingga set sambil diaduk2
▪️Jika sudah mengering angkat dan dinginkan
▪️Isian siap digunakan .
▪️Isian saya bagi per 24 gram an

Cara menggoreng pakai minyak yang banyak
1/2 panas masukkan onde & api kecil saja sampai terapung & membesar, itu tandanya kopong, baru pakai api sedang, biar dalam matang & tidak meletus dar dor, kalau langsung pakai api besar itu yang bikin meletus. ◽Kalau mau wijen tidak rontok, setelah dibentuk, celupkan ke air, baru tabur wijen, sambil ditekan.

DADAR GULUNG PANDAN

By : @lestarisahidin

Bahan Kulit dadar:
250 gr Tepung segitiga
30 gr gula pasir
4 gr garam
1 butir telor
460 ml santan kekentalan sedang
180 ml air pandan dan suji
Sedikit minyak buat olesan teflon

Caranya :
1. Campur semua bahan aduk sampai gula larut dan di saring .
2. Siapkan wajan teflon dan panaskan dengan api kecil
3. Ambil tissu satu lembar celupkan ke minyak makan dan usapin ke wajan
4. Setelah panas tuangkan satu centong adonan dan angkat memutar wajan biar tidak menggumpal ditengah aja
5. Masak sampai warna berubah dan bisa lepas dari wajan
6. Sisihkan dan dingin kan sebelum di isi unti kelapa .
Bahan unti kelapa :
1 butir kelapa ( parut putih)
100 gr gula merah
100 ml air
50 gr gula pasir
1 sdt garam

Caranya:
1. Masak air , gula merah dan gula putih sampai larut , saring dan sisihkan
2. Kemudian masak kelapa di gongseng sampai 5 menit kemudian masukin air gula tadi masak sampai rada kering ya
3. Siap di buat isi dadar
4. Selamat mencoba

Otak Otak Udang

By @ettyyuni

Berbuka pake yg gurih bikin kenyang
Berhubung ga ada ikan tapi nemunya udang ya udah pake udang aja ya daan si udang juga cuma seuprit jadi aku pake adonan biang tapi tetep enak ko

Bahan
75 gr tepung terigu
100 ml air
3 bawang putih haluskan
1 butir telur
1sdt gula pasir
Garam
Penyedap
200 gr Udang giling
150 tapioka
1 butir telur
65 ml Santan instan
Daun bawang
1 sdt merica bubuk

Cara
» Campur terigu gula garam dan daun bawang merica bubuk tambahkan bawang putih halus aduk rata
» Didihkan air lalu panas” tuang ke tepung aduk sampai rata dinginkan
» Tambahkan santan udang dan telur aduk rata
» Terahir tambahkan tapioka aduk rata cek rasa
» Lalu taruh adonan 1 sdm atau dg piping bag didaun gulung semat lidi lalu bakar
» Sajikan dg saus atau sambal kacang

APEM SELONG

By @endahsari_83

Bahan:
– 125 gr tepung beras
– 60gr terigu prot tinggi
– 100gr gula pasir
– 1 btr telur
– 1/2 sdt fermipan
– 400 ml santan kental
– 1/4 sdt garam
– 1-2 lbr daun pandan

Toping: nangka potong kecil2
Cara:
– Didihkan santan, pandan dan garam. Biarkan dingin
– Kocok gula dan telur pake wishk asal tercampur aja dan gula larut.
– Masukkan tepung, fermipan dan santan bergantian sambil diaduk2 dg wishk sampai rata.
– Diamkan minimal 2 jam sampai berbusa meletup2. Lebih lama tambah bagus.
– Aduk adonan sampai hilang busanya.
– Panaskan cetakan, tuang 1 sendok sayur penuh lalu tekan adonan dg sendok sembari diputar2 3-4 kali untuk membentuk renda. Klo cm 2x nanti rendanya tipis gampang retak lepas.
– Lalu tuang sedikit adonan lagi diatasnya agar hasilnya ngembang bagus keatas.
– Beri toping nangka
– Tutup, panggang sampai renda kecoklatan dan bagian tengah sdh mengkilat. Angkat.

Jika pake air kelapa lebih enak. Caranya santannya diperas dengan air kelapa sebanyak takaran diatas. .

Klepon Gula Merah

By @octarinadina

Bahan

250grm Tepung Beras Ketan
50grm Tepung Beras
250grm Air Hangat
Gula jawa di sisir
2tetes pasta pandan
2tetes pewarna pink
Kelapa parut (tambahkan sejumput garam dan kukus 15 menit )
2 helaiDaun Pandan

Cara Buat
1. Masukan dlm 1 wadah tepung beras ketan, tepug beras aduk rata
2. Masukan air hangat perlahan2 dan aduk2 hingga adonan bs di pulung dan bagi dalam 2 wadah (pstkan tdk kelembekan agar klepon tdk gembos, dan jgn kekeringan agar klepon tdk pecah saat di rebus)
3. Berikan warna pink dan hijau aduk2 rata
4. Rebus air dan tunggu hingga mendidih
5. sambil menunggu air mendidh, ambil sedikit adonan lebarkan isi dengan gula jawa tutup dan bulat2kan kembali
6. masukan adonan klepon ke yg telah di bulatkan ke air mendidih, masak hingga klepon mengapung dan angkat, diamkan sebentar hingga klepon set
7. gulingkan di dalam parutan kelapa yg telah di kukus
8 ready to serve

KUE PANDAN MATA KEBO

By @desy_mommydd

Bahan :
Isian Kacang Hijau
100 gram kacang ijo kupas
5 sdm gula pasir
100 ml santan kental
1/4 sdt garam
200 ml air

Cara membuat:
1. Rebus Kacang ijo kupas dengan 200 ml air selama 10 menit 👉 lalu matikan kompor dan tutup selama 10 menit 👉 lalu rebus lagi hingga air menyusut (pastikan kacang ijo sudah empuk)
2. Masukan santan kental + gula pasir+ garam kedalam kacang ijo yang telah direbus lalu haluskan dengan blender hingga lembut
3. Masukan adonan kacang ijo+santan kedalam wajan anti lengket lalu panasakan dan aduk2 hingga kacang ijo menggumpal dan kadar air menyusut lalu matikan kompor
4. Bntuk bulat bulat isian agar memudahkan dicetak (kurang lebih bisa jd 20 bulat) sisihkan

BACA JUGA:
Inilah 20 resep Jajanan pasar spesial .. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep kue cemilan nikmat.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep masakan harian , lezat , nikmat.. Selamat mencoba..
Bahan kulit:
200 gram tepung ketan
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
3 sdm gula pasir
110 ml santan kental
2 sdm sari pandan (dr 5 lembar daun pandan)
1/4 sdt pewarna pandan hijau
1/2 sdt garam

Cara membuat :
1. Panaskan Santan +gula pasir+ garam hingga mendidih sisihkan
2. Campur kedalam wadah tepung ketan + tepung terigu+ tepung beras+ sari pandan +pewarna makanan hijau
3. Masukan santan yang masih panas kedalam campuram tepung hingga kalis dan warna tercampur rata

* Siapkan cetakan Kue Mata Kebo / Kue Ku
* Daun pisang secukupnya
* 1 sdm minyak goreng untuk mengoles adonan yang telah matang

1. Ambil secukupnya adonan kulit lalu pipihkan dan beri isian kacang ijo lalu tutup kembali dan bulatkan
2. Beri tepung ketan sedikit kedalam cetakan agar nanti tidak lengket dan mudah saat dilepas
3. Masukan bulatan Kue kedalam cetakan lalu lepaskan diatas daun pisang
4. Kukus semua Kue selama 20 menit angkat dan olesi tipìs diatas kue dengan minyak goreng agar tampak lebih mengkilat
5. Sajikan.

GEMBLONG KETAN

By @koleksiresepsj

Bahan ketan :
200 gr tepung ketan putih
100 gr kelapa parut
1/2 sdt garam
150 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
Minyak goreng

Bahan Gula:
100 gr gula pasir
100 gr gula merah sisir
150 ml air
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara Membuat:
🌻 Campur ketan putih, kelapa parut dan garam. Tuang sedikit demi sedikit santan hangat sambil di uleni sampai kalis. .
🌻 Buat bulat pipih. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kecoklatan. Sisihkan.
🌻 Campur dan masak bahan gula sampai mendidih dengan api kecil sampai kental dan berbusa.
🌻 Masukkan gemblong yang sudah digoreng tadi kedalam adonan gula, aduk rata, matikan api. Aduk lagi sampai gula merata dan mengering. Sajikan.

PUKIS PANDAN

Resep: @dapoermbahhardjo

Bahan Biang:
1/2 sdt ragi instan
1 sdm gula pasir
1/2 sdm terigu
3 sdm air hangat

Bahan Lain:
4 telur
225 gr gula pasir halus
400 gr tepung protein sedang
15 gr susu bubuk
1/2 sdt Baking Powder
1/4 sdt garam
100 gr margarin/butter (lelehkan)
400 ml santan
80 ml / 2 saset SKM putih
Pasta pandan secukupnya
Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat:
1. Campur bahan biang. Sisihkan dan tunggu sampai berbuih.
2. Campur dan ayak tepung, susu bubuk, BP & garam. Sisihkan.
3. Mixer gula & telur dengan kecepatan tinggi sampai putih, kental, dan mengembang.
4. Masukkan campuran tepung, santan, margarin leleh, SKM & pasta pandan secara bertahap serta mixer dengan kecepatan rendah cukup sampai tercampur rata. Lanjutkan mencampurnya dengan spatula.
5. Tutup serbet dan biarkan sampai mengembang 2x lipat. Kira2 1 jam.
6. Keplok2 / aduk2 adonan untuk membuang gasnya.
7. Tuang adonan sampai 2/3 cetakan, panggang dengan api cenderung kecil sampai matang (8~10 menit). Setiap akan menuang adonan, jangan lupa selalu mengaduk2nya untuk membuang gasnya.
8. Supaya pukis tidak kering, olesi permukaan pukis dengan margarin.
Note: jadi 30 buah.

Bakpia Basah isi kacang hijau

Source : mba ayoe_widya83 (sedikit modifikasi dari sy)
Rebake : @resep_kue_tradisional

Bahan Kulit
A
250 gr tepung protein sedang
2 sdm gula pasir
30gr fibercreme
125 ml air hangat ( suam2 kuku)
1/2 sdt ragi instant
Pasta pandan dan taro secukupnya.
B
1/2 sdt garam
35 gr margarine

Bahan isian kacang hijau
250 gr kacang hijau kupas kulit ( rendam 2 jam) kukus bersama dengan 2 lembar daun pandan hingga matang ( empuk/pulen & mekar)
100 gr gula pasir
40 gr fibercreme
1/2 sdt vanila essens ( opptional)
1/4 sdt garam

Cara membuat isian kacang hijau :
Kacang hijau yang masih panas/hangat ditumbuk dengan semua bahan isian sampai halus dan tercampur rata. Kemudian bulat2kan dgn berat 30 gr. Simpan dalam wadah tertutup. Skrng membuat kulitnya. .

Cara membuat kulit:
– Campur bahan A uleni hingga setengah kalis, lalu tambahkan. Bahan B uleni lagi hingga kalis elastis. Istriahatkan 45 menit. Kemudian kempiskan adonan, potong2 dengan berat 30 gr. Bulatkan. Istirahatkan lg 15 menit. – Pipihkan kemudian beri isian kacang hijau, tutup dan cubit2 sambunganya. Letakkan dalam loyang yg sdh dialasi baking paper anti lengket. Biarkan 30 menit. Panaskan oven, api bawah saja suhu ± 180-220°.
– Oven sampai bagian dasar Bapia kecoklatan, kemudian balik sisi lainnya dioven lg sampai kecoklatan. (± 8 – 10 menit tiap sisi / tergantung oven masing2. .

Bakpia Teflon

By @pwp_prias

Bahan:
Kulit A
*150gram tepung terigu
*20gram gula pasir butiran halus
*50gram mentega
*65-75ml air (sesuaikan ya)

Kulit B:
*110gram tepung terigu
*50gram mentega
*2-3sdm minyak goreng

Isi:
*7sdm tepung terigu
*2sdm peres cokelat bubuk
*3sdm gula pasir
*2 sachet SKM putih/cokelat
*2sdm mentega

Cara memasak:
*Isian: Sangrai tepung hingga terasa ringan lalu diamkan sejenak hingga panasnya hilang. Lalu campur semua bahan isian. Aduk2 hingga rata dan kalis kemudian bulat2kan (saya jd 20bulatan)

*Kulit: Dalam wadah, masukkan semua bahan kulit A kecuali air. Aduk2 lalu tuangkan air sedikit2 sambil diaduk hingga adonan kalis dan lentur (stop air jika adonan sdh cukup kalis). Adonan tdk perlu elastis ya, bulatkan lalu sisihkan
*dalam wadah lain, campur semua bahan kulit B. Aduk2 hingga rata dan kalis (adonan agak kering tp bs dibentuk bulat2)
*Diamkan kedua adonan kulit hingga 40menit
*Jika sudah 40menit, ambil adonan A. Bagi menjadi 20 bulatan kecil (saya timbang masing2 13gram). Untk adonan B juga bulatkan bagi menjd 20 bulatan (saya timbang masing2 8gram)
*Ambil 1 adonan kulit A, Gilas tipis lalu letakan kulit B diatasnya dan lipat spt amplop. Gilas lagi lalu lipat amplop lagi. Gilas lagi lalu beri isian ditengahnya dan bulatkan hingga rapih. Lakukan hingga semua adonan habis
*panaskan teflon. Gunakan api lilin saja yaa spya matang hingga kedalam. Susun bakpia diatas teflon. Tutup teflon dan masak hingga bagian bawah bakpia kecokelatan dan kulitnya mulai memutih. Balik dan masak hingga matang 👌
Jika sdh matang, angkat dan biarkan dingin lalu simpan dlm wadah tertutup taruh dikulkas spya awet ❤

***kl mau bakpia dgn kulit luar yg empuk dan lembut, sesaat setelah diangkat tutupi bakpia dgn kain agar uap panasnya meresap dikulitnya. Lalu dinginkan dan simpan dalam wadah

KLEPON⁣⁣

By @vitakwee⁣⁣
⁣⁣
Bahan :⁣⁣
250 grm tepung ketan⁣⁣
50 grm tepung beras⁣⁣
250 ml air matang (saya pakai jus daun pandan, dan beri sedikit pasta pandan, aduk rata)⁣⁣
1/4 sdt garam⁣⁣
1sdt air kapur sirih, saya tambahkan buat mengenyalkan klepon⁣⁣

Isian :⁣⁣
100 grm gula merah sisir halus⁣⁣
Baluran : kelapa parut, daun pandan dan garam secukupnya. Kukus. Sisihkan⁣⁣

Cara membuat :⁣⁣
Campur semua bahan aduk rata, uleni hingga bisa dipulung, ambil sedikit adonan pipihkan beri isian gula merah, bulatkan.⁣⁣

Masukan dalam air mendidih hingga mengapung, angkat tiriskan sebentar lalu gulingkan ke dalam kelapa parut.⁣⁣
Siap sajikan.⁣⁣

DADAR GULUNG UBI UNGU

by. @sukmawati_rs

Bahan:
150 gr tepung terigu
75 gr ubiungu kukus
1 butir telur
1 sdm margarin cair
350 ml santan sedang/ susu cair (secukupnya)
1/2 sdt garam

Isi Unti kelapa:
1/2 buah kelapa parut (pilih yg setengah tua)
100 gr gula merah (bisa campur dg gula pasir, sesuai selera aja)
1 lbr daun pandan simpulkan
1/4 sdt garam
75 ml air
Cara membuat isi:
Didihkan gula merah iris dg air hingga larut, saring.
Campur larutan gula merah, kelapa parut, daun pandan, garam, masak sambil diaduk sampai meresap, sisihkan.

Cara membuat kulit:
Blender santan/susu cair dan ubi ungu hingga halus. Campur dg bahan lainnya, saring.
Panaskan teflon oles sedikit margarin (di awal saja)
Ambil sesendok sayur adonan, tuang ke teflon, buat dadar tipis, masak hingga matang, angkat. Ambil sesendok isi, lipat kanan kiri, gulung. Sajikan

KUE BUGIS

By @seriminaskitchen
Recipe : ayudiahrespatih

Kulit

150 gr tepung ketan
1 buah kentang, kukus, haluskan
1/4 sdt garam
1 sdm gula tepung
100-120 ml santan hangat

Isian

120 gr kelapa parut
50 gr gula pasir
75 gr gula merah, sisir [takaran gula silahkan disesuaikan dengan selera]
1/4 sdt garam
1 1/2 sdt tepung ketan
1 tangkai daun pandan atau 1/2 sdt vanilla bubuk
150 ml air

Isian

Campur semua bahan, masak hingga gula larut semua dan air menyusut. Cicipi, paskan manisnya dengan selera masing-masing. Kulit

Campurkan ketan, gula garam hingga rata, masukan kentang dan santan sedikit-sedikit sambil diuleni hingga rata. Hentikan penambahan ketan apabila ketan sudah dapat dibentuk.
Ambil sedikit adonan ketan, pipihkan, kemudian beri isian. Tutup. Bungkus dengan daun pisang yang sudah dioles minyak goreng, supaya ketannya tidak lengket ke daun.
Lakukan sampai habis, lalu kukus selama 15 sampai 20 menit. Angkat, sajikan setelah dingin atau hangat.

ONGOL ONGOL UBI

By @linasutiono
Source :@ongrainy

Bahan :
600 gr ubi orange/ungu (kukus dan haluskan)
300 gr tepung tapioka/sagu tani
180 gr gula pasir
1 sdt garam
1 btr kelapa parut (kukus beri sedikit garam dan daun pandan)

Caranya :
*Campur semua bahan kecuali kelapan kukus, jadi satu lalu di blender sampai benar2 halus dan tercampur rata.
(Di blender ya moms jgn cuma aduk tangan)
*Tuang adonan ke dlm loyang yg sdh di olesi minyak.
*Kukus selama 60 mnt dgn api sedang (sy pakai loyang persegi uk 20, tutup dandang di bungkus dgn serbet ya)
*Biarkan dingin baru di potong, lalu gulingkan di kelapa parut yg sudah di kukus tadi.

Note :
*Lama mengukus tergantung uk loyang. Untuk 1/2 resep wkt kukus cukup 20-40 mnt saja.
*Utk memotong onggol2 sebaiknya lapisi bag atas dan bawah dgn plastik br di pot sesuai keinginan. Hasil lbh rapi dan licin serta tdk lengket di pisau.



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/34oCrIP
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel