-->
Pantai Klayar Pacitan yang Keindahannya Tak Terbayar

Pantai Klayar Pacitan yang Keindahannya Tak Terbayar

Bagikan :

Siapa sih yang tidak kenal Pacitan? Tak hanya sekadar tempat kelahiran Mantan Presiden SBY, tetapi Pacitan juga terkenal akan pesona wisata yang tiada duanya. Salah satu yang terkenal yakni Pantai Klayar. Pantai ini juga dikenal karena menjadi salah satu judul lagu maestro campursari Didi Kempot.

Pantai Klayar bisa dibilang merupakan primadona wisata Pacitan. Pantai yang awalnya tergolong sebagai pantai perawan ini perlahan-lahan mulai dikenal hingga ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru. Bagaimana tidak? Panoramanya begitu indah dan membuat siapapun terpesona kala mengunjunginya.

Dengan keindahannya yang tak terbayar, Pantai Klayar layak untuk dikunjungi. Mari simak ulasan lengkap mengenai pantai cantik ini.

Lokasi Pantai Klayar

Lokasi dari Pantai Klayar sendiri tidak berada di pusat ibukota Kabupaten Pacitan. Dari ibukota Kabupaten Pacitan, lokasinya masih berjarak 40 km ke arah barat. Wilayah pantai ini masuk dalam Desa Kalak, Kecamatan Donorojo dan tidak jauh dari perbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Akses dan Cara Menuju Pantai Klayar

instagram.com/wahyurahmaa

Bagi Sweet Couple yang berencana untuk wisata ke Pantai Klayar, tak perlu khawatir dengan aksesnya. Akses jalannya tergolong bagus, walau memang harus melintasi kawasan pegunungan dan perbukitan terlebih dahulu.

Ada 2 akses utama menuju Pantai Klayar. Pertama dari ibukota Kabupaten Pacitan, ikuti jalan raya lintas selatan Jawa ke arah barat (Jalan Raya Pacitan-Wonogiri-Solo/Jogja). Kedua, dari Yogyakarta melalui Wonosari, Gunung Kidul dan Pracimantoro Wonogiri. Keduanya sama-sama memiliki petunjuk arah jalan yang jelas menuju Pantai Klayar.

Pastikan Anda membawa atau menyewa kendaraan bermotor sendiri karena kendaraan umum tidak tersedia 24 jam di wilayah ini.

Klik di sini untuk informasi akses dari dan menuju Pantai Klayar.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

instagram.com/dimasvlens

Untuk menikmati keindahan Pantai Klayar, Sweet Couple tidak perlu membayar mahal. Dengan tiket masuk seharga Rp10.000,00 untuk dewasa dan Rp5.000,00 untuk anak-anak, Anda sudah bisa menikmati pesona pantai unggulan Pacitan ini. Biaya parkirnya pun juga terjangkau. Untuk motor dikenakan Rp2.000,00 dan mobil seharga Rp5.000,00.

Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Klayar

Ada sejumlah aktivitas dan objek wisata yang bisa Sweet Couple nikmati selama berkunjung di Pantai Klayar. Apa saja itu?

Tebing Batu Sphinx

instagram.com/ryanf_jr

Siapa bilang Sphinx hanya ada di Mesir? Anda juga bisa menemukannya di Pantai Klayar Pacitan kok. Tentunya dengan versi yang agak berbeda ya.

Sphinx yang dimaksud di sini yakni sebuah tebing batu setinggi kurang lebih 50 meter tepat di tengah pantai. Bentuknya jika dilihat sekilas menyerupai patung Sphinx di Mesir yang terkenal itu.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di Sphinx-nya Pacitan ya.

Seruling Laut Pantai Klayar

instagram.com/khaifarmputra

Objek wisata di Pantai Klayar lainnya yang menjadi primadona adalah Seruling Laut Pantai Klayar. Bisa dibilang, fenomena ini yang membuat pantai ini begitu unik dan menjadi perbincangan banyak orang. Kok bisa ya?

Seruling Laut sendiri merupakan suatu fenomena alam ketika air laut datang dan menabrak batu, lalu keluar melalui celah-celah batu dan menyembur ke atas. Saat hal ini terjadi, suara yang dihasilkan bagaikan suara seruling. Oleh karena itu banyak menyebutnya Seruling Laut atau Seruling Samudera.

Ingin merasakan sensasinya? Langsung saja kunjungi Pantai Klayar!

Pasir Putih Pantai Klayar

instagram.com/melinia.nf

Sebagai objek wisata unggulan Pacitan, Pantai Klayar dianugerahi pasir putih yang membentang luas. Pasir putihnya terbingkai sempurna bersama air laut membiru di sekelilingnya. Sweet Couple bisa loh bermain-main di sepanjang pantainya sambil menikmati hamparan pasir putih.

Di wilayah Pantai Klayar sendiri juga terdapat banyak tebing dan bebatuan dengan bentuk unik yang cocok untuk diabadikan melalui foto. Ini adalah salah satu mahakarya Tuhan yang luar biasa di wilayah selatan Jawa khususnya Pacitan.

Buat yang ingin berenang, kami sarankan untuk tidak melakukannya. Pasalnya, ombak di sini tergolong besar ditambah lagi dengan arus yang kuat. Wajar saja, Pantai Klayar berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar pantai selatan Jawa memiliki ombak yang ganas. Jadi, alangkah baiknya untuk menikmati panorama lautnya saja ya.

Menikmati Pantai Klayar dari Bukit Pandang

instagram.com/dimasvlens

Ingin menyaksikan panorama Pantai Klayar dengan lebih leluasa? Sweet Couple menuju ke bukit pandang yang terletak di sebelah barat pantai dan melihat pemandangan Pantai Klayar dari ketinggian. Di sini, pemandangannya sangatlah jelas dan Anda bisa menikmati keindahan lanskap pesisir selatan Jawa yang khas ini. Worth to try loh!

Itulah sejumlah informasi terkait Pantai Klayar beserta aktivitas dan objek wisata yang terdapat di dalamnya. Tentunya, Pantai Klayar menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang wajib Anda datangi di Indonesia. Dengan keindahannya, rasanya tidak ada alasan untuk mengunjunginya. Yuk kunjungi pantai ini bersama orang tercinta Anda!

Artikel disadur dari travel.detik.com, indonesiakaya.com, dan piknikwisata.com



Sweetrip Indonesia https://ift.tt/3bVZGOL

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel