-->
Aneka resep Bolu kukus spesial , Enak , Mantap , Nikamat Bikin ngaihh untuk keluwarga.. Selamat mencoba..

Aneka resep Bolu kukus spesial , Enak , Mantap , Nikamat Bikin ngaihh untuk keluwarga.. Selamat mencoba..

Bagikan :

Aneka resep Bolu kukus spesial.. Selamat mencoba..

RESEP BOLU KUKUS MEKAR

Bahan:
200gr tepung terigu protein sedang
200gr gula pasir
200gr telur (4 btr)
200ml air soda/santan/susu uht
1 sdt SP (cake emulsifier)

Cara membuatnya:
1. Aduk semua bahan menjadi satu, kocok dengan mikser selama 10 menit.
2. Ambil sedikit adonan beri pewarna atau pasta. Aduk rata.sisihkan
3. Siapkan cetakan bolu kukus. Tuangi adonan putih hingga 3/4 penuh. Beri 1 sdm adonan warna, timpa dg adonan putih 1sdm jg, timpa lagi dg sedikit adonan cokelat. Sehingga cetakan penuh.
4. Kukus dalam dandang yg sudah beruap banyak selama 20 menit, dg api besar. Angkat.

Bolu Kukus Mekar

Rebake : @aidistyleshop
Source : Tintin Rayner
repost @literasihalal

Bahan :
– 2 butir Telur ayam, suhu ruang
– 250 gr Tepung Kunci
– 225 gr Gula Pasir
– 150 gr Sprite
– 1 sdt Pasta pandan+coklat/boleh ganti sesuai selera
– 1/2 sdt SP/TBm/ovalett

Cara Membuat : – Kocok Gula Pasir+TBM+Telur dengan mixer speed tinggi sampai pucat kental mengembang.
– Turunkan ke speed terendah, lalu masukkan air soda bergantian dengan tepung sampai habis. Kocok lagi sampai kental.
– Lalu Bagi menjadi 2 warna, kasih pasta suka suka ya, boleh ganti pasta lain m
– Lalu kukus dalam dandang / klakat yang sudah dipanaskan sebelumnya ya (kukus 15 – 20 menit dengan api besar). – Sajikan.

Bolu Kukus Mekar

Source: Ibu @fatmahbahalwan

Bahan :
225 gr gula pasir (me: 200gr)
2 btr telur
1 sdt cake emulsifier (me: TBM)
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 ml air soda (sprite)

Cara membuat :
Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan cup casesnya. Panaskan kukusan dengan API BESAR biarkan uapnya banyak. Bungkus tutup kukusan dengan kain.

Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 10 menit hingga kental (tergantung miksernya juga ya, pokoknya sampe benar-benar kental deh). Bagi adonan kedalam 2 wadah. Beri pewarna makanan sesuai yang diinginkan (saya pakai pasta pandan dan mocca)

Tuangi cetakan. adonan harus penuh sampai atas cup supaya mekarnya bagus. beri atasnya dengan adonan berwarna (kalo saya, setelah diisi dengan adonan hijau, beri adonan cokelat ditengahnya, lalu beri adonan hijau lagi, lalu adonan cokelat) lakukan sampai cupnya penuh. Kukus selama 20 menit dengan api besar.

Note:
Dari pertama bikin bolu kukus ini (sudah ngga ke hitung berapa kali bikinnya 😂😄) alhamdulillah selalu sukses mekar dan hasilnya lembut. Ngga pernah kena ‘kutukan’ bolu kukus 😂

BOLU KUKUS MEKAR

Source:@yusnita.erni.9
By:@fangling8

Bahan:
-2 butir telur utuh
-200 gr tepung protein rendah
-180 gr gula pasir
-1 sdt emulsifier
-125 cc (100 ml air soda)
-1 sdt vanilli
-1 sdm susu bubuk (boleh skip)

Cara membuat:
1.Mixer telur, gula, tepung dan air soda selama 5 menit. Setelah 5 menit masukkan emulsifier. Mixer lagi selama 10 menit.
2.Beri vanilli dan mix sebentar.
3.Ambil sebagian adonan, beri pewarna/ pasta sesuai selera.
4.Masukkan ke mangkuk kertas bolu kukus dan kukus hingga matang kurang lebih 15 menit. Sebelumnya panasi kukusan dan beri kain tutup kukusan agar air tidak menetes di adonan waktu dikukus.

Bolu Kukus Mekar⁣

repost @weni_sulastri75⁣

bahan:⁣
2 butir telur⁣
180-200 gr gula pasir (sesuaikan selera)⁣
1 sdt emulsifier⁣
1 sdt baking powder⁣
2 bks vanili bubuk⁣
150 ml air soda ( aku pake sprite)⁣
250 gr tepung terigu⁣

cara membuat:⁣
1. kocok semua bahan kecuali terigu +-10 menit sampai kental putih berjejak dengan speed tinggi.⁣
2. masukkan terigu yg sudah diayak, kocok dengan speed rendah sampai rata, kemudian naikan kecepatan, kocok lg 5 menit dgn speed tinggi.⁣
3. beri pewarna/perisa sesuai selera, masukkan kedalam cetakan sampai penuh.⁣
4. kukus dengan api sedang cenderung besar sampai matang. kurang lebih 10 menit.⁣

BOLU KUKUS MEKAR PANDAN

Oleh : @dapurfafadiary
Resep : @ernibryan

Bahan A
1 bks santan instant (65 ml)
100 ml jus pandan
Sedikit garam
30 ml susu UHT
125 gr gula pasir
(Masak sampai gula larut, biarkan sampai suhu ruang)

Bahan B
50 gr gula pasir
2 kuning telur

Bahan C
200 terigu protein sedang
10 gr tepung maizena
4 gr baking powder

Bahan D
100 ml minyak goreng

VERSI AKU:
(2 x resep)

Bahan A:
2 bks santan instant (2 x 65 ml)
1 kotak susu UHT (250 ml)
2 sdm pasta pandan
2 lembar daun pandan
250 gula pasir
1 sdt garam
(Masak sampai gula larut, biarkan sampai suhu ruang, lalu saring)

Bahan B, C, dan D sama. Tinggal dikali 2 aja.

Cara membuat:
1. Mixer bahan B hingga kental mengembang.
2. Masukkan ⅓ bahan A, mixer rata. Lalu ⅓ bahan C. Mixer dengan speed rendah. Lakukan hingga habis.
3. Masukkan bahan D, mixer dengan speed rendah sampai tercampur rata.
4. Tuang ke cetakan bolu kukus yg sudah dialas paper cup.
5. Kukus selama 15 menit, selama mengukus jangan dibuka-buka. Angkat dan sajikan.

Resep Bolu Kukus

Bahan :
250gr Terigu
200gr Gula pasir
1/4sdt Garam
1/2sdt Vanili bubuk
1sdt Sp
200ml Air
1btr Telur
1/2sdm Pasta pandan (bisa diganti dg pasta coklat)

Cara membuat :
Mixer telur, gula pasir, sp, vanili bubuk, garam, tepung terigu dan air.
Mixer sampai putih kental dan berjejak.
Selanjutnya ambil sedikit adonan lalu beri pasta pandan.
Lalu, siapkan cetakan bolu kukus dan beri kertas bolu kukus diatasnya.
Masukan adonan putih terlebih dahulu kemudian barulah tambahkan adonan pandan nya.
Panaskan kukusan dengan menggunakan api sedang ke kecil.
Jika semua sudah siap, kukus bolu dengan api yang besar ya.
Tunggu selama 15 menit kemudian angkat dan sajikan.

Ada beberapa tips penting supaya bolu kukus mekar sempurna yaitu cetakan haruslah yg berlubang2 dan gunakanlah api besar saat mengukus bolu, selain itu tutup panci juga harus dibungkus dengan serbet bersih ya bund..

BOLU KUKUS MEKAR SUSU

By : @fatmahbahalwan

Bahan A:
200 gr gula pasir
200 gr tepung terigu
200 ml Susu UHT Indomilk
2 btr telur utuh
1 sdt Quick75

Bahan B:
1 sdt Pasta Cokelat @goldenbrownflavor

Cara membuatnya:
1. Campur Bahan B, hingga cokelat cair. Sisihkan.
2. Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan mixer selama 10 menit.
3. Bagi dua adonan, ¼ bagian diberi cairan cokelat, ¾ bagian biarkan tetap putih.
4. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan paper cup. Tuangi adonan berselang seling, putih cokelat, putih cokelat.
5. Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 10 menit. Buka kukusan, angkat.

Bolu Kukus Mekar

By : @lysa_tangkulung
Recipe:@yusnitaerni.9

Bahan:
2 butir telur utuh
200 grm terigu kunci
180 grm gula pasir.
1 sdt emulsi/tbm
100 ml air soda/sprite)
1 sdt vanilli
1 sdm susu bubuk (boleh skip)
Pasta secukupnya

Cara:
1.Mixer gula dan telur tepung sprite ( airsoda) selama 5 menit setelah 5 menit masukkan tbm nya mixer lagi selama 10 menit ( jadi jumlah waktu 15 menit)
2.Beri vanilanya mix sebentar-ambil sebagian adonan.beri pewarna atau pasta mocca sesuai selera
3.Masukkan adonan yg telah di bagi2 ke plastik segitiga .
4.Semprotkan ke mangkuk kertas bolu kukus lalu bergantian kukus hingga matang lebih kurang 10-15 menit.
5.Kukusan harus di panasin dulu sampai mendidih dan tutupnya jgn lupa bungkus dengan kain.( api kompor besar)

Tips anti gagal buat bolu kukus mekar:
Semua bahan di mixer kecuali TBM setelah 5menit masuki TBM nya
Mixer adonan jgn terlalu tinggi speednya ..
Setelah mix selama 5 menit masuki TBM nya mixer lagi selmat 10 menit jadi jumlah waktu pengocokan 15 menit.
Telurnya & semua bahan harus fresh ya besar telur jgn terlalu besar.
Pas pengukusan usahakan air kukusan jgn sampai penuh ke atas karena menyebabkan bawah adonan berair & proses kembangnya juga susah .
Setelah dikukus &pengukusan selanjutnya kalau airnya kurang tambahkan lagi seperti awal pengukusan setelah mendidih baru lanjut lagi pengukusannya.
Usahakan air kukusan jangan menetes di adonan.
Lama pengukusan tergantung besar kecilnya mangkok kalo yg standard cukup kira2 10 menit aja kalo yg agak gede kira2..20menitan .
Jangan dibuka pas lagi mengukus bisa gak pake penutup kain tutup kukusannya yg penting gak kena aja ke adonannya ..tapi lebih aman menggunakan penutup kain ..
Pas dikukus semua harus tertutup rapat.

Bolu kukus mekar

Bahan:
200gr tepung terigu
180gr gula pasir
2butir telur
125ml sprite
Sedikit vanilli
1/2sdt tbm/sp
Pewarna makanan/pasta secukupnya

BACA JUGA:
Inilah 21 resep Kue tradisional spesial .. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep masakan harian nikmat.. selamat mencoba..
Inilah 20 resep Kue cemilan nikmat.. Selamat mencoba..
Cara membuat:
Panaskan panci dgn api besar,tutup panci d alas serbet bersih….
Campur tepung,gula,telur, sprite,vanilli mixer dgn kecepatan tinggi selama 5menit,lalu masukan tbm,mixer lagi sampai putih kental mengembang (lbh kurang 10menit),lalu bagi adonan sesuai selera tambahkan pewarna makanan,tuang ke cetakan dgn menggunakan sendok makan,kukus dlm 15menit

TIPS: *gunakan telur fresh/baru
*Dandang/kukusan harus bnr2 panas (gunakan api besar dan air harus mendidih banget)
*Mixer adonan sampai putih mengembang/kental (klo adonan d angkat pake spatula akan jatuh berjejak)

Bolu kukus gula merah

Made by @lindacen_cen

Bahan:
200gr gula merah sisir halus
200ml air putih
3helai daun pandan,simpulkan
1/4sdt garam
1/4sdt vanilli bubuk
2butir kuning telur
1/2adt soda kue
50gr gula pasir
1/4sdt baking powder
250tepung terigu
100ml minyak goreng

Cara :
1. Didihkan air,gula merah,garam dan vanili bubu, tambahkan daun pandan,diamkan sampai larut.saring dan sisihkan sampai suhu ruang.
2. Kocok kuning telur,gula pasir,baking powder dan soda kue sampai pucat mengembang dgn kecepatan tinggi.
3. Tuang air gula merah perlahan sambil terus d aduk dgn mixer kecepatan rendah,tambahkan tepung terigu,aduk rata,matikan mixer,tuang minyak goreng ke dalam adonan,aduk rata memakai spatula.
4. Masukan adonan ke dalam cetakan bolu kukus sampai penuh,kukus dgn api besar slm 20mnt.

BOLU KUKUS MEKAR

Recipe : @murniasri_sarifudin
Rebake: @linakhouw_

Bahan:
3 butir telur ukuran sedang
265gr gula pasir ( me: 240gr)
300gr tepung terigu protein rendah
187ml air soda (me: sprite)
1sdt vanila
12gr emulsifier
50gr meises (optional)

Cara membuat:
1. Kocok dgn mixer kecepatan tinggi semua bahan jadi satu kecuali SP
Setelah 5 menit, masukan SP nya
2. Kocok lagi dgn kecepatan tinggi sampai putih kental mengembang, total waktu mixer nya dari awal 15menit
3. Bagi warna sesuai selera ( saya masukan meises ke dalam adonan, aduk rata dengan spatula)
4. Isi cetakan bolu kukus yang sudah dialasi papercase dengan adonan sampai full supaya nanti hasil mekarnya bagus
5. Panaskan dandang terlebih dahulu, lalu kukus dengan api besar selama 10menit, atau tergantung besar kecilnya cetakan bolu kukus.
6. Angkat lalu simpan bolu kukus di cooling rak hingga dingin.

Bolu kukus mekar

Bahan:
200gr tepung terigu
180gr gula pasir
2butir telur
125ml sprite
Sedikit vanilli
1/2sdt tbm/sp
Pewarna makanan/pasta secukupnya

Cara membuat:
Panaskan panci dgn api besar,tutup panci d alas serbet bersih….
Campur tepung,gula,telur, sprite,vanilli mixer dgn kecepatan tinggi selama 5menit,lalu masukan tbm,mixer lagi sampai putih kental mengembang (lbh kurang 10menit),lalu bagi adonan sesuai selera tambahkan pewarna makanan,tuang ke cetakan dgn menggunakan sendok makan,kukus dlm 15menit

TIPS: *gunakan telur fresh/baru
*Dandang/kukusan harus bnr2 panas (gunakan api besar dan air harus mendidih banget)
*Mixer adonan sampai putih mengembang/kental (klo adonan d angkat pake spatula akan jatuh berjejak)

Bolu kukus mekar

Bahan:
200gr tepung terigu
180gr gula pasir
2butir telur
125ml sprite
Sedikit vanilli
1/2sdt tbm/sp
Pewarna makanan/pasta secukupnya

Cara membuat:
Panaskan panci dgn api besar,tutup panci d alas serbet bersih….
Campur tepung,gula,telur, sprite,vanilli mixer dgn kecepatan tinggi selama 5menit,lalu masukan tbm,mixer lagi sampai putih kental mengembang (lbh kurang 10menit),lalu bagi adonan sesuai selera tambahkan pewarna makanan,tuang ke cetakan dgn menggunakan sendok makan,kukus dlm 15menit

TIPS: *gunakan telur fresh/baru
*Dandang/kukusan harus bnr2 panas (gunakan api besar dan air harus mendidih banget)
*Mixer adonan sampai putih mengembang/kental (klo adonan d angkat pake spatula akan jatuh berjejak)



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3uZutAQ
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel