-->
Inilah 10 resep kue sarimuka spesial enak, kenyal , dan lembut praktis ekonomis wajib di coba

Inilah 10 resep kue sarimuka spesial enak, kenyal , dan lembut praktis ekonomis wajib di coba

Bagikan :

Inilah 10 resep kue sarimuka spesial enak, kenyal , dan lembut.. Selamat mencoba..

Ketan Srikaya Pandan / Kuih Seri Muka

Source rasamalaysia blog

By @ginalarasati_bundaradithya .

Bahan :

Lapisan ketan

– 300 gram ketan, rendam dalam air 2-3 jam (me: semalaman)

– 200 ml santan cair (100 ml santan kental dimix dengan 100 ml air)

– 2 lembar daun pandan – 1 sdt garam .

Lapisan srikaya

– 200 ml santan kental

– 2 butir telur ukuran besar ditambah dengan 2 butir kuning telur

– 170 gram gula pasir

– 100 ml juice pandan (10 lembar daun suji dan 8 lembar daun pandan, diblender dengan sedikit air, lalu ambil endapannya)

– 5 sdm tepung terigu

– 2 sdm tepung maizena .

Cara membuat :

1. Kukus ketan setengah matang, angkat lalu tuang santan cair, aduk hingga santan meresap, tambahkan garam dan daun pandan lipat, kukus lagi hingga matang selama 20 menit.

2. Angkat, ratakan dan padatkan ketan dalam loyang beralas daun pisang dan diolesi sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik. Padatkan ketan, Usahakan benar benar padat agar tidak ada space kosong diantara ketan ya.

3. Sementara memasak ketan, kita siapkan lapisan srikayanya. Campur telur, santan, gula, pandan juice. Mix dengan balon whisk, masak dengan api sedang cukup sampai hangat saja, lalu masukkan tepung tepungan. Masak hingga agak mengental, angkat. Lalu tuang adonan srikaya ke atas ketan.

4. Kukus lagi hingga matang atau hingga lapisan srikaya nya mengeras sekitar 40 menit. Lapisi tutup kukusan dengan serbet supaya tidak ada air yang menetes di atas srikaya.

5. Angkat dan dinginkan. Potong potong sesuai selera.

KETAN LAPIS SRIKAYA PANDAN

@dada.tastes
.
.
A. Bawah layer

500 gr beras ketan

200 ml air hangat

5 sdm @FiberCreme

4 lbr daun pandan potong kecil

1 sdt garam

30 bh bunga telang campur 20 ml air hangat

Cara :

1. Rendam beras ketan selama 6 jam

2. Campurkan air hangat, FiberCreme, garam ke dalam beras ketan dan letak 4 lbr daun padan di atas beras ketan.

3. Kukus dgn api besar selama 30 menit atau sampai matang, beri tetesan air bunga telang kukus lagi 10 menit.

4. Angkat daun pandan buang.

5. Letakkan di dalam loyang 8 ” ratakan dan tekan2 sampai padat hingga tidak berlubang.
.
.
B. Atas layer sri kaya

4 butir telur grade A

200 ml air hangat

5 sdm @FiberCreme

200 gr gula

70 gr tepung gandum/terigu

30 gr tepung jagung

30 helai daun pandan blender dgn 200 ml air, saringkan ambil 100 ml air pandan

Cara :

Campur semua bahan di atas masak dgn atas mangkok bawah dgn air panas aduk2 hingga mendidih dan kental, saringkan

Kemudian tuangkan ke dalam loyang beras ketan tadi, Kukus selama 40-60 menit sampai matang

Sarimuka Ketan Lapis Durian

By @carolinelc88

Bahan :

500 gr ketan cuci bersih lalu rendam 2 jam

350 ml santan sedang dari 1 butir kelapa (sy ambil dari perasan ke 2)

3 lembar daun pandan

1 sdt garam .

Bahan adonan Atas :

5 btr telur ayam

600 ml santan kental dari 1 butir kelapa

150 gr gula merah disisir

2 sdm tepung terigu

1 1/2 sdm tepung tapioka

1 1/2 sdm tepung beras

1/2 sdt garam

150 gr DURIAN blender pake santan

1 sdt vanilla extract .

Cara membuat :

1 Panaskan dandangan /kukusan , siapkan loyang 20×20 cm yg sdh diolesi minyak

2. Masak ketan ,santan, pandan dan garam, rebus hingga mendidih dan air santan kering lalu angkat.

3. Tuangkan ketan kedlm loyang, sambil di ratakan dan padatkan, kukus kembali ketan dlm dandang, 20 menit

Untuk Bagian Atas :

1. Masak santan dan gula merah hingga mendidih dan gula larut, lalu saring

2. Kocok telur, garam, tambahkan terigu, tapioka dan tepung beras aduk rata. Lalu tuangkan santan/gula merah kdlm adonan tepung, sambil d aduk rata

Tambahkan durian dan vanilla extract aduk sampai rata

3. Tuangkan kurleb 3 sdk sayur adonan gula merah tiap lapis kukus selama 10 menit kurang lebih ya

4. Untuk lapisan terakhir kukus 15 menit

5. Setelah mateng, Angkat dan dinginkan. Potong dan sajikan

Selamat mencoba

Noted :

– setelah benar2 dingin baru dipotong – lapisi pisau dengan cling wrap atau plastik agar gampang memotong kue nya .

– durian bole di tiadakan, tambah kan sedikit gula jika tidak pake durian

Berhubung ada bbrp yg pm minta resep kue legendaris ini…

Emak bianca share…

Sori yehh nunggunya lama…

Baru sempet🀣

Bahan lapisan ketan :

Beras ketan 500gram rendam semalaman…emak bianca pakai merk thailand, aslinya udah simpan lbh dr setahun tuh beras tp trnyata msh bgs bgt

500ml santan, klo pke kara cream 100ml dgn air 400ml

1 sendok teh garam

Masak ketiga bahan di atas di atas api sedang ampe santan mulai kering. Kemudian masukkan ke cetakan. Tekan2 merata biar nanti hasilnya bagus. Kemudian kukus selama 15 menit yah…api jangan gede2

Bahan lapisan srikaya :

600ml santan, klo pake kara cream 200ml dgn air 400ml

150gram gula pasir atau sesuai selera

3 telur

4 sendok tepung terigu

Nah campur semua bahan yahhh…sebelum dituang ke lapisan ketan saring dulu biar hasilnya cantik. Nahhh klo mu warnanya ga pucat boleh tetesin sedikit pewarna kuning. Kukus sekitar 25 menit dan ingat apinya jgn gede2 yahh😊

Kue Talam Sarikaya ini enak banget rasa y gurih, manis lembut dan berasa rasa panda suji asli..patut dicoba bunn..πŸ‘

Lapisan ketan

– 300 gram ketan, rendam dalam air 2-3 jam (me: semalaman)

– 200 ml santan cair (100 ml santan kental dimix dengan 100 ml air)

– 2 lembar daun pandan

– 1 sdt garam .

Lapisan srikaya

– 200 ml santan kental

– 2 butir telur ukuran besar ditambah dengan 2 butir kuning telur

– 170 gram gula pasir

– 100 ml juice pandan (10 lembar daun suji dan 8 lembar daun pandan, diblender dengan sedikit air, lalu ambil endapannya)

– 5 sdm tepung terigu

– 2 sdm tepung maizena .

Cara membuat :

1. Kukus ketan setengah matang, angkat lalu tuang santan cair, aduk hingga santan meresap, tambahkan garam dan daun pandan lipat, kukus lagi hingga matang selama 20 menit.

2. Angkat, ratakan dan padatkan ketan dalam loyang beralas daun pisang dan diolesi sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik. Padatkan ketan, Usahakan benar benar padat agar tidak ada space kosong diantara ketan ya.

3. Sementara memasak ketan, kita siapkan lapisan srikayanya. Campur telur, santan, gula, pandan juice. Mix dengan balon whisk, masak dengan api sedang cukup sampai hangat saja, lalu masukkan tepung tepungan. Masak hingga agak mengental, angkat. Lalu tuang adonan srikaya ke atas ketan.

4. Kukus lagi hingga matang atau hingga lapisan srikaya nya mengeras sekitar 40 menit. Lapisi tutup kukusan dengan serbet supaya tidak ada air yang menetes di atas srikaya.

5. Angkat dan dinginkan. Potong potong sesuai selera.

Si manis ijo mau lewat dulu y…πŸ˜„ ketan talam sarikaya..

Lapisan ketan

– 300 gram ketan, rendam dalam air 2-3 jam

– 200 ml santan cair (100 ml santan kental dimix dengan 100 ml air)

– 2 lembar daun pandan

– 1 sdt garam .

Lapisan srikaya

– 200 ml santan kental

– 2 butir telur ukuran besar ditambah dengan 2 butir kuning telur

– 170 gram gula pasir

– 100 ml juice pandan (10 lembar daun suji dan 8 lembar daun pandan, diblender dengan sedikit air, lalu ambil endapannya)

– 5 sdm tepung terigu

– 2 sdm tepung maizena .

Cara membuat :

1. Kukus ketan setengah matang, angkat lalu tuang santan cair, aduk hingga santan meresap, tambahkan garam dan daun pandan lipat, kukus lagi hingga matang selama 20 menit.

2. Angkat, ratakan dan padatkan ketan dalam loyang beralas daun pisang dan diolesi sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik. Padatkan ketan, Usahakan benar benar padat agar tidak ada space kosong diantara ketan ya.

3. Sementara memasak ketan, kita siapkan lapisan srikayanya. Campur telur, santan, gula, pandan juice. Mix dengan balon whisk, masak dengan api sedang cukup sampai hangat saja, lalu masukkan tepung tepungan. Masak hingga agak mengental, angkat. Lalu tuang adonan srikaya ke atas ketan.

4. Kukus lagi hingga matang atau hingga lapisan srikaya nya mengeras sekitar 40 menit. Lapisi tutup kukusan dengan serbet supaya tidak ada air yang menetes di atas srikaya.

5. Angkat dan dinginkan. Potong potong sesuai selera.

πŸ’š KUE SERI MUKA πŸ’š.

Source : @rondut.

By : Maidy.

•|Bahan ketan :

🍚 500gr beras ketan.

🍚 2 gr bunga telang (sy pk yg sdh kering).

🍚 150 ml air mendidih.

🍚 300 gr santan.

🍚 1 sdt garam.

🍚 4 lembar daun pandan.

Cara :

1. Sehari sblmnya seduh bunga telang, biarkan 6-8 jam hingga warna bnr” pekat, lalu saring.

2. Malam harinya, cuci bersih beras lalu bagi : 1/3 (165gr) rendam dgn seduhan bunga telang untuk warna biru & 2/3 (335gr) rendam dgn air minum biasa untuk warna putih.

3. Esok paginya panaskan dandang. Beri alas daun pisang n pembatas untuk mengukus ketan biru n putih. Beri potongan daun pandan, lalu kukus ketan slm 20 menit.

4. Panaskan santan, air n garam. Bagi 2 : 1/3 (141gr) untuk biru & 2/3 (284gr) untuk putih.

5. Setelah 20 menit, campur ketan dgn santan. Aduk rata n diamkan 15 menit. Lalu kukus kembali 15 menit.

6. Siapkan loyang 20×20, beri alas daun pisang n oles tipis k4 sisi loyang dgn minyak. Masukkan ketan

2 warna ke dlm loyang, gunakan sumpit untuk membuat motif. Ratakan smbl ditekan” hingga padat. Sisihkan.

•|Bahan pandan custard :

πŸͺ΄ 4 butir telur.

πŸͺ΄ 50 gr gula pasir.

πŸͺ΄ 270 ml santan kental.

πŸͺ΄ 50 gr brown sugar.

πŸͺ΄ 135 ml jus/endapan pandan suji.

πŸͺ΄ 14 gr maizena.

πŸͺ΄ 50 gr terigu protein sedang.

Cara :

1. Masak santan, endapan pandan n brown sugar hingga mendidih n gula larut. Sisihkan hingga dingin.

2. Kocok telur n gula pasir hingga kental berjejak. Masukkan tepung, kocok hingga rata. Tambahkan campuran santan, aduk hingga rata.

3. Masak kembali hingga mengental.

4. Tuang keatas ketan, kukus kembali dgn api sgt kecil slm 1 jam.

5. Biarkan dingin sepenuhnya sblm dipotong”.

6. Selamat mencobaπŸ₯°

BACA JUGA:
Inilah 15 resep Kue bolu spesial.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep Kue bolu Dan Kue cemilan nikmat.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep Kikil nikmat lezat.. Selamat mencoba..

Sari Muka Pandan

By @yoenitaa

Bahan bawah

90 gr Tepung Beras

60 gr Tepung Terigu

150 gr Gula pasir

250 ml Jus pandan ( kalo endapan nya aja, cukup 50-100 ml )

1 Butir telur

1 sdt Garam

750 ml Santan Cair, masak hingga mendidih

Baguan Bawah :

600 ml Santan kekentalan sedang

300 gr Gula merah

1 sdt Garam

50 gr Tepung beras

35 gr Tepung terigu

3 butir telur

Langkah :

1. Panaskan kukusan siapkan loyang yg sdh di olesi minyak

2. Campurkan tepung beras, terigu gula, jus pandan jg garam dan telur, aduk rata

3. Tuangkan santan, aduk kembali hgg rata

4. Tuangkan 4-5 centong adonan kdlm loyang yg sdh panas , kukus selama 5-10 menit, lalu tuang lapisan berikut ( max 3 lapisan )

5. Campur santan dan gula merag, garam, masak hgg mendidih, angkat

6. Satukan tepung beras, terigu, telur dan garam, aduk rata, lalu tuangkan santan gula merah, aduk kembali, lalu saring

7. Tuangkan bertahap adonan gula merah di atas lapisan pandan, ( max 3 lapisan )

8. Masak tiap lapisan 5-10 menit, dan untuk lapisan terakhir masak selama 15 menit

9. Setelah matang angkat ,dinginkan

Ketan Srikaya Pandan / Kuih Seri Muka

Source: rasamalaysia blog

@ginalarasati_bundaradithya .

Bahan :

Lapisan ketan

– 300 gram ketan, rendam dalam air 2-3 jam (me: semalaman)

– 200 ml santan cair (100 ml santan kental dimix dengan 100 ml air)

– 2 lembar daun pandan

– 1 sdt garam .

Lapisan srikaya

– 200 ml santan kental – 2 butir telur ukuran besar ditambah dengan 2 butir kuning telur

– 170 gram gula pasir (me 130 gr, udh cukup manis td)

– 100 ml juice pandan (10 lembar daun suji dan 8 lembar daun pandan, diblender dengan sedikit air, lalu ambil endapannya) – 5 sdm tepung terigu

– 2 sdm tepung maizena

Cara membuat :
1. Kukus ketan setengah matang, angkat lalu tuang santan cair, aduk hingga santan meresap, tambahkan garam dan daun pandan lipat, kukus lagi hingga matang selama 20 menit.

2. Angkat, ratakan dan padatkan ketan dalam loyang beralas daun pisang dan diolesi sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik. Padatkan ketan, Usahakan benar benar padat agar tidak ada space kosong diantara ketan ya.

3. Sementara memasak ketan, kita siapkan lapisan srikayanya. Campur telur, santan, gula, pandan juice. Mix dengan balon whisk, masak dengan api sedang cukup sampai hangat saja, lalu masukkan tepung tepungan. Masak hingga agak mengental, angkat. Lalu tuang adonan srikaya ke atas ketan.

4. Kukus lagi hingga matang atau hingga lapisan srikaya nya mengeras sekitar 40 menit. Lapisi tutup kukusan dengan serbet supaya tidak ada air yang menetes di atas srikaya.

5. Angkat dan dinginkan. Potong potong sesuai selera.

Kue serimuka / talam ketan srikaya pandan

By @CookingwithHel

Bahan lapisan ketan

– beras ketan 250gr

– santan 100ml

– air 2 cup beras / 320ml

– garam setengah sdt

– pandan 1 lembar

Bahan lapisan pandan

– daun pandan 8lembar, suji 2 lembar blender dengan 200ml air, lalu saring

– telur 2 butir kocok lepas

– santan 100ml

– tepung terigu pro sedang 3 sdm

– maezena 2 sdm

– garam setengah sdt

– gula 100gr

Cara buat

– masukan semua bahan lapisan ketan ke dalam rice cooker, aduk rata, lalu masak seperti memasak nasi biasa.

– setelah ketan matang aduk-aduk lalu tuang ke loyang atau wadah tahan panas. Loyang / wadah di oles minyak dulu. Ratakan dan tekan2 ketan pada loyang, sisihkan

– campur semua bahan lapisan pandan, aduk rata, saring bila bergerindil.

– masak hingga mengental lalu tuang diatas lapisan ketan putih, ratakan

– kukus selama 20-30 menit

– tunggu dingin baru dipotong sesuai selera



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/34LG2AW
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel