Inilah 13 resep Sambal pedas nikmat enak , mantap , praktis ekonomis wajib di coba

Inilah 13 resep Sambal pedas nikmat.. Selamat mencoba..

SAMBALADO UWOK PATAI JO BADA

-sambel kukus pete & teri-
by: @aras_galeri

Bahan
200gr cabe merah kriting
100gr cabe rawit merah
3 tomat merah ukr sedang
5 papan pete
1 ons teri
15 siung bawang merah
* 10 siung mentah
* 5 siung di iris trus di goreng
3 jeruk limo
Garam & sedikit gula pasir

Caranya
1. Cuci bersih teri, sangrai sampai teri matang lalu sisihkan
2. Kukus cabe & tomat lalu ulek dengan bawang merah mentah, bumbui garam & gula
3. Goreng pete beserta kulitnya, sisihkan
*caranya buang dulu sekeliling pinggiran pete, lalu kerok kulit luar perlahan, potong tiap 1 pete dengan kulitnya, belah tengah jangan putus, biar bisa intip ada ulat / gak
4. Goreng bawang merah iris, setelah bawang harum kekuningan, siramkan bawang dan minyak ke atas sambel yang sudah di ulek, masuk kan teri & pete, aduk sampai rata, kucuri air jeruk limo

Note:
* pete juga bisa di kukus dengan cabe yah, jadiin lalap untuk cocolan sambel, silahkan bikin sesuai selera, sy pake pete sekulit-kulitnya karena permintaan keluarga 🤭
* teri juga bisa di goreng, tapi setelah teri di campur sambel nanti akan alot kalau teri disangrai akan lembut gak keras dan jauh lbh enak
*bagi yg g suka bwng merah mentah, bawang bisa dikukus bare cabe tapo versi yg pake bwng mentah ini jauh lbh enak

SAMBEL TERASI

by: @aras_galeri

Bahan
5 cabe merah kriting
5 cabe hijau kriting
10 cabe rawit ijo
5 cabe rawit merah
1 tomat merah
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
* bawang boleh di skip
kadang sy pake bawang kadang engga, suka-suka aja
1/2 sdt terasi goreng
1 sdt gula pasir (bisa ganti gula jawa)
Garam

Caranya
Goreng semua cabe, tomat dan bawang, lalu ulek kasar + garam, terasi & gula pasir, tetesi air jeruk limo, kalo biasa pake penyedap silahkan saja, tapi gula garam aja udah enak banget

Ikan Asin sambel tomat cabe ijo pete

@emihacikenz

150 gram ikan Asin jambal @super.ikan.asin
Secukupnya pete
secukupnya gula,garam ,Kal bubuk
5-6 daun jeruk
minyak goreng secukupnya

bahan ulek
200 gr cabe ijo keriting
rawit secukupnya
4 bawang putih
8 bawang merah
1 buah tomat

1.cuci ikan Asin rendam beberapa saat lalu keringkan potong2 goreng sisihkan
2.rebus Bahan ulekan lalu ulek kasar
3.panaskan minyak secukupnya masukkan bahan yg diulek beri daun jeruk aduk rata
4.masukkan garam,gula ,Kal bubuk aduk rata Lalu masukkan pete masak hingga matang,taburi sambel cabe ke ikan Asin ,sajikan

PARI PANGGANG SAMBAL PENYET

By : @eunice_euston

Bahan :
-ikan pari, bersihkan potong2, taburin sedikit garam, lalu panggang beralaskan daun pisang

SAMBAL PENYET

Bahan:
-4 siung bawang putih
-3 buah bawang merah
– 8 buah cabe merah keriting
-12buah cabe rawit merah
-1/2 buah tomat merah
-2 sdm terasi sangrai
-secukupnya garam, penyedap jamur, gula

Cara :
1. Goreng semua bahan (kecuali terasi, garam, penyedap dan gula) hingga layu.
Lalu angkat, ulek stengah halus, tambahkan terasi sangrai garam dan penyedap jamur dan gula..
2. Sambal siap disajikan dgn ikan pari dan lalapan

SAMBEL GORENG PETE

by: @aras_galeri

Bahan
150 gr cabe merah kriting
100 gr cabe rawit merah
3 lonjor pete
5 siung bawang merah
1/2 bombay cincang
1 tomat merah
2 lbr daun jeruk
Garam & kaldu bubuk non msg

Caranya
1. Ulek kasar cabe, bawang merah, tomat lalu sisihkan
2. Tumis bombay cincang sampai layu, lalu masukkan cabe yang sdh di ulek, tambahkan daun jeruk, setelah hampir matang masukkan pete, bumbui garam & sejumput kaldu bubuk, bisa ganti gula pasir atau penyedap sesuai selera yg masak😊

SAMBEL IJO KENCUR

by. @ilma_ilma24

Bahan:
-5 bh cabe ijo kriting
-5 bh cabe ijo rawit/japlak
-1 bh tomat ijo
-4 siung bamer
-3cm kencur
-garam, gula, kaldu jamur secukupnya

Cara Membuat:
-goreng semua bahan sampai layu dan matang. cabe tomat harus bener2 matang layu biar gk bau langu.
-angkat tiriskan lalu masukan ke cobek, tambahkan garam, gula, dan kaldu jamur secukupnya
-ulek kasar/ sesuai selera
-nikmati dg lauk lainnya. rasanyaaa…ah mantap 😆

PENYETAN LAMONGAN

@malichatun88 –

Bahan Sambal
15 cabe merah keriting
15 rawit merah
10 rawit hijau ( sy skip, lupa beli)
15 bawang merah
2 buah tomat ukuran besar
1 bungkus kecil terasi
¼ butir jeruk nipis/ 1 sdm air lemon
Garam
Gula merah

Isi Penyetan:
Labuh kecil belah 2 rebus
Selada
Kacang panjang
Timun
Tempe goreng
Ayam goreng lengkuas
1 lonjor pete

Cara membuat :

Bahan sambal bisa dikukus/goreng lalu ulek kasar/pakai chopper
Masukkan gula merah, garam terasi, ulek lagi, koreksi rasa, guyur 1 sendok sayur dg minyak goreng bekas ayam
Sambal penyetan sdh siap dihidangkan

Sambal Jeruk

@nafisa_shidqia

Bahan:
13 cabe rawit
2 bawang merah
1 buah tomat
1/2sachet terasi (ab*)
2buah limau kuit (jeruk sambel)
1sdt gula
1/2sdt garam
1/4 penyedap (bisa skip)

Cara membuat:
Goreng sebentar bawang, cabe, tomat dan terasi. Lalu ulek kasar, beri garam, gula dan penyedap. Terakhir beri irisan limau kuit, aduk rata. Sajikan bersama lauk sesuai selera😁

Sambal korek

@corygrahani

20 buah cawit merah dan hijau boleh campur
2 butir bawmer
1 siung bawput
Kaldu bubuk

BACA JUGA:
Aneka resep masakan harian lezat..
Aneka resep lontong sayur nikmat..
Aneka resep tahu isi nikmat ..
Minyak goreng panas bekas menggoreng ayam

Uleg semua bahan lalu tuangi minyak panas, sajikan

@sitti_surianti

SAMBAL DADAK

Bahan:
15 buah cabe rawit merah
10 buah cabe keriting
2 buah tomat potong2
3 bawang putih
6 buah bawang merah
1 buah terasi abc dibakar sebentar
Sepotong gula merah
Garam sesuai selera
Kaldu jamur atau kaldu ayam bubuk sesuai selera
Sedikit minyak untuk menggoreng

Cara membuat
👉panaskan sedikit minyak
👉goreng bawang putih dan bawang merah sebentar biar gak langu rasanya.tuangke ulekan
👉masukan semua bahan sambel lalu ulek sampai semuanya rata.
👉koreksi rasa.
👉siap dinikmati
👉selamat mencoba ya moms semoga bermanfaat😘

SAMBEL
By.@lisna_lisnawati71

Bahan :
– 1 genggam cabe rawit
– 3 buah cabe merah keriting
– 2 buah tomat
– 4 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 1/2 sdt terasi

– garam, gula dan penyedap secukupnya

Cara Membuat :
1. Goreng semua bahan hingga layu, lalu Uleg, beri garam gula dan penyedap secukupnya, tes rasa
2. Sajikan bersama lalapan dan aneka lauk pauk

Resep sambel tempe penyet

by @wulanfoods

bahan sambel=
9 buah cabe rawit
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
garam dan penyedap rasa secukupnya
gula merah sedikit
terasi sedikit
1/2 buah tomat
minyak goreng sedikit

caranya =
goreng cabe, bamer, baput, trasi dan tomat. kemudian ulek, beri garam, penyedap dan gula merah.
kemudian tambahkan tempe goreng lalu penyet.

SAMBAL TERASI

By @yunmikomilanisti

BAHAN
8 buah cabe besar
20 buah cabe rawit
8 buah cabe rawit hijau
4 siung bawang merah
1 buah tomat
1sdt terasi goreng
Gula merah, garam secukupnya
Goreng cabe, tomat, bawang merah hingga layu lalu ulek kasar, beri terasi, gula, garam tes rasa
Bagi yg kurang suka pedas, pemakaian cabe rawit bisa di kurangi 😊 .



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3ceq1aS
via IFTTT
Next Post Previous Post