-->
Inilah 15 resep bakso homemade , enak , nikmat , praktis bikin ngaihh untuk keluwarga

Inilah 15 resep bakso homemade , enak , nikmat , praktis bikin ngaihh untuk keluwarga

Bagikan :

Inilah 15 resep bakso homemade .. Selamat mencoba..

By agnes_reechan

Resep Baso solo

Bahan :
250 g Daging sapi bagian paha ( kl dipasar blg aja bagian silap atw kl di swalayan bagian gandik )
250 g ayam giling ( boleh skip dan dgnti sapi )
150 g tapioka
1 buah dengkul sapi
1,5 lt air
1 sdt kareganan / phosmix
1/2 sdt baking pow ( boleh di skip )
8 buah es tube
Bumbu :
5 sendok makan bawang merah goreng
8 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
Garam, penyedap ( haluskan smua bumbu diatas )
Cara masak :

1. Potong2 kecil2 daging sapi kemudian giling di foos procesor , pd tahap ini hrs digiling diulang berkali agar daging bs halus, kalo
ga halus makan pentolnya ga bs jd
2. Setelah halus masukkan ayam giling dan bumbu halus, kareganan , es batu, giling bersamaan, jika sdh halus pindahkan ke baskom dan campur dgn tapioka dan bakpow kmdian uleni kira2 5-10 mnt
Setelah itu panaskan air smpe menggelembung dipanci tdk usah smpe mendidih, stlh pns matikan kompor, btk baso dengan kepalan tangan kanan dgn tangan kiri memegang sendok , celupkan sendok ke air spya tdk lengket saat menyendok adonan baso dr kepalan tangan, cetak baso sesuai selera,

Bakso Sapi

Recook by @komeskitchen

Bahan baso :
Source @icha.irawan
250gr daging sapi
1 sdt bawang merah goreng
1 sdt bawang putih goreng
1/4 sdt baking powder
1 sdt garam
1/2 sdt lada
1/2 sdt gula
2 sdm tepung sagu
1/2 butir putih telur
60gr es batu

Cara membuat :
1. Haluskan daging, bawang, bp, garam, lada, gula sampai halus
2. Masukkan es batu, proses lagi
3. Masukkan putel dan tepung. Proses lagi sampai halus
4. Bulatkan lalu masukkan ke air mendidih (kompor mati)

Bahan kuah baso :
Source ibu etuuu @restuutamidewi
5 liter air
500 gr tulang iga
20gr bawang goreng
2 batang daun bawang
Minyak untuk menumis
Bumbu :
8 siung bawang putih haluskan
1/2 sdm garam
1 sdt kaldu bubuk
2 sdm kecap ikan
1 sdt lada bubuk

Cara membuat :
1. Rebus tulang iga sampai empuk
2. Tumis bawang putih halus hingga harum
3. Masukkan ke kuah kaldu, tambahkan bumbu lainnya. Masak sampai mendidih
4. Masukkan baso dan siap disajikan .

Bakso urat

By: hana_kitchenn

Bahan:
500gr daging sapi segar giling
(Kalau mau urat banget pakai daging bagian sengkel)
250gr tetelan sandung lamur giling
100gr es batu serut
75gr tepung sagu/tapioka
2sdt garam
1sdt baking soda
1sdt gula
1sdt kaldu bubuk
1sdt lada

Cara:
Campur semua bahan kecuali sagu
mixer 5-6 menit sampai halus seperti pasta. Terakhir masukan sagu mixer kembali hingga rata
Didihkan air sampai mendidih lalu matikan.baru cetak bakso dengan tangan. Kalo air sudah tidak beruap nyalakan api kecil saja. Masak bakso hingga matang. Test ambil 1 yg paling besar belah tengah nya.
Tips: karena ini bakso urat biasa nya tetelan susah di giling. Jadi di potong2 kecil2 dulu baru di blend
Kalo mau gampang potong2 biasa nya saya bekuin dulu sampai setengah beku.
Tetelan nya bukan gajih/lemak. -Bisa juga di tambah ulekan duo bawang yg sudah di goreng.

BAKSO IGA SAPI

Bahan:
250 gram iga sapi
15 biji bakso sapi
2 butir bawang merah iris halus
2 ruas jari Jahe dikeprek
3 ruas jari kayu manis
Bawang goreng (aku gak pake)
Kecap Asin
Kecap Manis

Bumbu kuah :
2 siung bawang putih
Lada secukupnya
Pala sejumput
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus iga sapi sampai empuk, masukkan kayi manis dan jahe
2. Masukkan bakso sapi, rebus lagi
3. Tumis bawang merah sampai setengah kering, masukkan bumbu halus, tumis tumis sampai kering tapi jangan sampai gosong ya.
4. Masukkan bumbu ke dalam kuah iga sapi, tanbahkan kecap asin dan kecap manis sedikit sajah ya lalu koreksi rasa, angkat dan sajikan.

BAKSO SAPI HOMEMADE

source : banususanto
Recook & modif : @lusianaherma .

Bahan :
500 gr daging sapi segar(sy bagian paha)
75 gr tepung sagu (sy tapioka)
1 putih telur
100 gr es batu dipasrah
1/2 sdt baking soda (sy skip)
1/2 sdm nutrijell plain
3 sdm bwg putih goreng
3 sdm bwg merah goreng
1 sdt lada
1 sdm kaldu bubuk sapi
1 sdm garam *sesuaikan selera .

KUAH :
3 liter air
500 gr iga
5 bawang putih cincang
2 sdt lada
Garam secukupnya

Cara :
1. Haluskan daging dgn food processor sampai halus. Masukkan bawang2an, nutrijel dan bumbu2.
2. Masukkan es batu. Proses hingga rata.
3. Masukkan putih telur , lalu tepung. Proses hingga rata. Masukkan di freezer skitar 1 jam
4. Panaskan air sepanci sampai akan mendidih. Kecilkan apinya. Cetak bakso dg sendok sampai selesai. Tanda bakso matang adalah dia.mengambang. Tiriskan. Lalu masukkan nanti di kuah baksonya.
5. Kuah > rebus iga smpai mendidih. Buang airnya. Lalu rebus lagi smpe empuk. Beri bawang putih dan lada dan garam. Tes rasa. Potong2 daging iga kecil2.

Hidangkan bakso.beserta pelengkap > Sambal bawang rebus, daun bawang, bwg goreng, suun atau mie kuning

Soup bakso Tahu isi⁣⁣

Bahan:⁣⁣
5bh Tahu(belah dua buang tengahnya)⁣⁣
200gram daging ikan tenggiri⁣⁣
200gram daging ayam/pork⁣⁣
1butir putih telur⁣⁣
2 sndk mkn sagu tani⁣⁣
1 sndk mkn mnyk wijen⁣⁣
1 sndk mkn bwng putih goreng⁣⁣
Secukupnya:garam,lada dan penyedap jamur.⁣⁣

Bahan kuah:⁣⁣
500ml kaldu ayam+⁣⁣
Air secukupnya⁣⁣
3 btng daun bwng kecil(iris”)⁣⁣
2 sendok mkn minyak bawang putih⁣⁣
Dan sedikit garam⁣⁣

Cara bikin:⁣⁣
-Masukan dagingpork/ayam,daging ikan dan putih telur kedlm food chopper Ch200 lalu haluskan (jngn terlalu halus)⁣⁣
-Masukan sagu tani,bwng putih goreng,mnyk wijen,garam,lada dan sedikit penyedap jamur lalu chooper merata.⁣⁣
-Didihkan air kaldu dan air sampai mendidih,kecilkan api lalu sebagian adonan masukan kedlm Tahu dan sebagian dibentuk bakso lakukan sampai habis lalu masak sampai mengapung tanda sudah matang,masukan dikit garam,minyak bwng putih ,taburi daun bawang,angkat sajikan hangat dngn sambal cabe.⁣⁣

BAKSO SAPI

source @restuutamidewi

Bahan
– 500 gr daging sapi
– 150 gr es batu
– 100 gr tepung sagu
– 50 gr putih telur
– 10 gr bawang goreng
– 10 gr bawang putih goreng
– 1 sdt garam
– 1 sdt gula pasir
– 1 sdt merica bubuk
– 1 sdt Kaldu bubuk
– 1 sdt baking powder

Cara
– Masukan daging dan es Batu ke dalam food processor,giling hingga daging lembut. – Lalu masukan bawang”an Dan putih telur, giling hingga lembut.Terakhir masukan sisa bahan lainnya,dan giling sampe benar” lembut.
– Siapkan air dalam panci,kemudian panaskan air hingga hangat saja,kecilkan api.Lalu bentuk bulat” adonan bakso,dan masukan ke dalam air tadi,lakukan hingga adonan habis.
– Lalu rebus bakso hingga matang.

BAKSO AYAM + KIKIL SAPI

Bahan :
– 250 gram fillet ayam – 6 sendok tapioka
– 1/2 sdt baking powder
– 3 siung bawang putih goreng
– 2 siung bawang merah goreng
– Lada bubuk + garam
– 1 putih telur
– 2 sdm air es
– 500 gram kikil sapi.

CARA MEMBUAT :
– Presto kikil sapi kurang lebih 25 menit dengan air dan garam.
– Buat adonan bakso dengan mencampur semu bahan di food processor, cetak skaligus rebus sampai matang. – Untuk kuah, tumis 4 siung bawang dan 3 siung bawang merah, masukkan ke dalam kuah rebusan bakso tadi, beri garam lada dan daun bawang, batang seledri, lalu masukkan kikil yang sudah empuk.

BAKSO SAPI KENYAL MAK KREZZZ

Oleh: @banususanto bananosbaksosapi

Bahan:
Bakso:
1 kg daging sapi kualitas bagus dan segar, digiling sangat halus
150 gr tepung sagu (boleh tapioka)
2 putih telur
200 gr es batu
1 sdt baking soda
1 sdm nutrijel plain
5 sdm bawang putih goreng
5 sdm bawang merah goreng
1 sdt lada putih halus
1 sdm kaldu bubuk sapi
1,5 sdm garam

Kuah bakso:
3 lt air
1 kg iga sapi
6 bawang putih, geprak
2 sdt lada
Garam, gula, dan kaldu bubuk
Pelengkap: bihun/soun, bawang merah goreng, seledri, sambal rebus, kecap manis, saus tomat

Cara membuat:
1. Giling semua bahan bakso di food prosessor hingga halus dan tercampur rata. Simpan adonan bakso di freezer selama 50 menit (agar daging tetap segar dan adonan bakso lebih mudah dibentuk).
2. Panaskan air hingga hanya keluar sedikit gelembung kecil di dasar panci (jangan sampai mendidih!)
3. Bentuk adonan bakso menggunakan tangan dan sendok, cemplungkan ke dalam air panas.
Tiriskan bakso yang sudah terapung.
4. Didihkan lagi air hingga mendidih. Rebus ulang bakso sekitar 5-10 menit.
5. Rebus iga sapi 15 menit. Tiriskan, buang air rebusan yang kotor.
6. Masukkan ke dalam panci presto 3 liter air, iga sapi, bawang putih, lada, garam, gula, dan kaldu bubuk.
7. Presto sampai empuk (sekitar 20-30 menit sejak presto berbunyi). 8. Penyajian: sajikan bakso, iga sapi bersama bahan pelengkap. Siram dengan kuah bakso panas.
Untuk 50-60 buah bakso (10-12 porsi)
SELAMAT MENCOBA

BAKSO SAPI

Source : icha irawan

Bahan :
500 gr daging sapi paha
1 sdm bawang merah goreng
2 sdt bawang putih goreng
1/2 sdt baking powder
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
4 sdm penuh tepung sagu
1 putih telur
120 gr es batu, hancurkan
>> saya tambahkan 1 bks agar2 plain

Cara :
● Haluskan daging dg food processor bersama bawang2an
● Masukkan es batu dan bahan2 lain kecuali putih telur
● Masukkan putih telurnya, lalu campur sampai rata dan halus dg food processor.
● Simpan di freezer 10 menit. ● Didihkan air. Kecilkan apinya, lalu bentuk bulatan baksonya. Masukkan di air mendidih tadi hingga selesai. Tanda bakso matang, akan mengapung. Dlm tahap ini kalau mau bikin bakso isi2an bisa. Kali ini sy isi dg daging giling tumis dan keju quick melt. Cara ngisinya, pipihkan adonan mentah bakso, isi dg bahan isian, tutup.dan bulatkan, masukkan di kuah

BACA JUGA:
Aneka resep masakan harian lezat..
Aneka resep sambal pedas nikmat..
Aneka resep masakan harian lezat..
KUAH BAKSO
500 gr tulang sapi / skengkel
3 Liter air
10 bawang putih diulek
1 sledri cincang halus
100 gr sledri utuh
1 sdt lada
1sdt gula
Garam sesuai selera.

● Rebus tulang sapi dg api kecil sampai keluar kaldunya. Tumis bawang sebentar lalu masukkan di kuahnya. Tambahkan bahan lain. Tes rasa

Pelengkap : tahu putih, mie kuning sesuai selera. >>Isian daging giling : 100 gr daging giling ditumis dgn 3 siung bawang putih. Beri garam secukupnya. Masak hingga berbulir2 kering. >>Isian keju : sy pakai keju quick melt dipotong kotak2.

BAKSO SAPI

By @susan_gracia .

Bahan :
500 gr daging sapi segar (tanpa lemak/urat)
2 putih telur
5 sdm tepung tapioka
1 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 sdt lada bubuk
1 sdm bawang putih goreng
1 sdt baking powder
1 sdm bawang merah goreng
1 sdm kaldu ayam bubuk (optional)
1 gelas es batu .

Kuah :
4 siung bawang putih, cincang
2 batang daun bawang
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (optional)
Air secukupnya

Caranya : .
šŸ„©Giling daging bersama es batu dengan alat penggiling. Lalu campur semua bumbu ke dalam daging dan masukkan ke FoodProcessor sampai halus.
šŸ„©Genggam adonan dengan tangan kiri, sendok satu per satu ke dalam air panas (air yang sudah mendidih dan kompor dimatikan), tandanya matang adalah apabila baso sudah mengapung.
šŸ„©Angkat bakso lalu tiriskan hingga kering dan dingin (jika ingin di packing/simpan)

Kuah :
šŸ„©Tumis bawang putih cincang dan daun bawang hingga bawang putih kecoklatan, lalu tambahkan air, masak kuah hingga mendidih. Tambahkan garam, lada dan kaldu bubuk. Terakhir masukan bakso, rebus hingga bakso mengapung dan matang.
šŸ²Sajikan Bakso panas lengkap dengan sambalnya. Enjooyyy !!

HOMEMADE BAKSO SAPI LEMBUT dan KENYAL

Source: @rickeindriani_ordinarykitchen
Recook: @ginalarasati_bundaradithya

BAHAN:
500 gram daging sapi tanpa lemak/otot
1 sendok makan bawang putih goreng, kemudian haluskan
1 sendok makan bawang merah goreng, kemudian haluskan
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh merica bubuk
1 butir putih telur
100 gram tepung tapioka atau sagu tani
1/2 sendok teh peres baking powder (opsional)
150 gram es batu, lalu hancurkan

Cara membuat:
1. Potong daging supaya lebih mudah dihaluskan. Giling daging dengan menambahkan bawang putih goreng, bawang merah goreng dan sebagian es batu. Giling sampai daging halus dan lembut, warna daging setelah digiling masih tetap merah.
2. Masukkan garam secukupnya, kemudian giling daging kembali. Daging akan terlihat lebih kesat dan kenyal.
3. Masukkan gula pasir, merica bubuk, putih telur, tepung tapioka, dan baking powder. Lalu giling lagi daging sampai halus dengan menambahkan sisa es batu. Jaga agar daging tetap dingin. Hasil akhir adonan berwarna merah muda. Kemudian pindahkan ke wadah.
4. Panaskan air di panci hingga mendidih, matikan api.
5. Bentuk bulatan bakso dan masukkan bakso ke dalam air panas. Lakukan hingga adonan habis. Nyalakan api sedang dan biarkan hingg bakso mengAmbang semua, panci jangan ditutup. Rebus bakso hingga bakso terasa kenyal jika ditekan. Jika sudah matang, segera angkat bakso, jangan merebusnya terlalu lama.
6. Siapkan air es dalam baskom, masukkan bakso yang telah direbus tadi ke dalam air es. Biarkan hingga dingin, lalu tiriskan.
7. Masukkan bakso ke dalam wadah tertutup jika akan disimpan atau dibekukan.

BAKSO SAPI

bahan bakso:
500 gr daging sapi bagian paha setengah beku
100 gr tepung sagu
185 gr es batu
2 sdm bwg goreng
1 btr putih telur
2 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
1 sdt lada
1 sdt baking powder double acting

tambahan:
8 butir telur rebus untuk bakso telur.

cara membuat:
*daging sapi, es batu, bwg putih dan bwg merah masukkan ke food processor haluskan hingga menjadi pasta
* lalu masukkan bumbu yg lain smua nya haluskan kembali sampai rata, kental, dan adonan halus
* rebus air hingga mendidih lalu kecilkan api
* lalu bentul bakso lgsg di masukkan ke air panas
* untuk bakso telur ambil sedikit adonan lalu masukkan telur dan tutup semua permukaan telur lgsg masukkan ke air panas
* setelah smua adonan selesai besarkan api ke api sedang lalu masak bakso hingga matang
* air rebusan bakso jgn dibuang, bisa untuk kuah

note:
– bakso yg tdk habis bisa simpan di chiller 2hr dan di frezzer bisa bertahan 2minggu
– bakso bisa jg untuk tambahan menumis sayur Lihat Lebih Sedikit



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3vNyx8y
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel