-->
Inilah 20 resep masakan harian lezat , nikmat Baikin Nagihh Wajib Di Coba untuk keluwarga

Inilah 20 resep masakan harian lezat , nikmat Baikin Nagihh Wajib Di Coba untuk keluwarga

Bagikan :

Inilah 20 resep masakan harian lezat , nikmat.. Selamat mencoba..

Siapa disini yang suka banget makan kwetiau? Bikin sendiri yuk di rumah!

Bahan:
150 gr kwetiau
200 gram udang ( kupas dan bersihkan)
Cabe rawit hijau
Daun bawang cincang
1 Bks Saori saos tiram
1 Bks kecap manis uk kecil
1 SDM saos sambal
3 tangkai sayur sawi
Toge secukupnya
1 lembar Daun bawang
1 butir telur ( goreng)

Bumbu halus:
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 butir kemiri
5 Cabe rawit

1. Rebus kwetiau hingga matang, tiriskan.
2. Setelah itu tambahkan kecap, saori, dan saus sambal ke dalam kwetiau, aduk sampai tercampur rata.
3. Tumis bumbu halus, tambahkan garam, dan lada bubuk.
4. Masukkan udang, dan telur yg sudah digoreng terlebih dahulu, aduk rata. Setelah itu masukkan kwetiau yang telah dicampur saus .
5. Setelah semua tercampur rata, angkat, sajikan di piring saji, tambhkan cabe rawit, daun bawang

Nasi kuning bakar tapi pake sambal cumi? Kebayang nggak enaknya gimana?

Bahan nasi :
250 gram beras
65 ml santan kara
Air secukupnya

Bahan bumbu
2 ruas Kunyit
Garam secukupnya
3 lembar daun salam
1 batang serai (geprek)
1 ruas Laos (geprek)

Cara:
1. Cuci beras dan rendam beras selama satu jam.
2. Bersihkan kunyit, cuci sampai bersih, selanjutnya blender kunyit tambahkan sedikit santan. Saring kunyit yang diblender, ambil airnya. Masak beras dg cara dikukus selama 15 menit.
3. Masukkan air dan santan ke dalam panci, tambahkan air kunyit yg sudah disaring, daun salam,Laos, garam dan sereh. Tunggu sampai mendidih. Masukkan beras yg telah dimasak, taduk rata tunggu sampai Aron.
4. Setelah itu masukkan ke dalam dandang untuk mengukus, kukus sampai matang.

Sambal cumi
Bahan:
200 gram cumi
1 batang Sereh geprek
1 lembar Daun salam
1/4 ruas Lengkuas geprek
2 SDM Saos sambal
1 Bks Saori saus tiram
1 SDM Kecap
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya
Gula secukupnya

Bumbu iris:
5 Cabe hijau

Bumbu halus:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 cabe rawit

Cara:
1. Cuci bersih cumi, buang tintanya, lumuri dg jeruk nipis, sisihkan
2. Tumis bumbu halus masukkan sereh, lengkuas, jahe, dan daun salam, tumis sampai layu, tambahkan saus sambal, garam, gula, saori, dan kecap.
3. kemudian masukkan cumi sambil diaduk” tunggu sampai berubah warna, tambahkan bumbu iris aduk rata,

Penyelesaian: ambil daun pisang yg sudah dibersihkan dan dilayukan, ambil nasi kuning secukupnya, letakkan di daun pisang, tambahkan sambal cumi dan telur rebus, selanjutnya dibungkus. Setelah itu panggang di teflon.

Cr : @norita_foods

TERONG RAOS

Kalian suka sayur terong nggaa? enak loh dan mengandung serat serta vitamin c dan k loh

Bahan Terong:
– 3 terong ungu, potong2
– tepung bumbu sasa serbaguna

Cara:
– dalam mangkuk masukkan tepung bumbu + air dingin sampai adonan kental
– masukkan terong ke adonan
– goreng sampai kecoklatan
– sisihkan

Bahan bumbu halus:
(aku halusin pake chopper)
– 7 bawang merah
– 5 bawang putih
– 5 cabe merah ( aku 8 cabe)
– 1/2 bawang bombay

Bumbu pelengkap:
– 1 batang sereh
– 2 daun jeruk, iris2
– 5 cabe rawit merah, iris2
– 1/2sdt terasi

Bahan saus:
Campur jadi satu
– 50 ml air
– 3 sdm kecap manis
– 2 sdm kecap asin
– 1 sdt cuka
– 1 sdt kaldu bubuk

Cara:
– tumis bumbu halus sampai wangi
– masukkan bumbu pelengkap aduk rata
– masukkan bahan saus, aduk rata, cek rasa, biarkan mendidih
– masukkan terong crispy, aduk2 rata
– siap disajikan

cr: @sarongsarie

Layang goreng kering siram sambel iris bawang
Lauk yang pas banget bikin pengen nambah terus

Cara buat :
Layang Goreng
– 1/2 kg ikan layang / bisa diganti ikan lain, remdam dengan perasan jeruk nipis kemudian cuci bilas kembali hingga bersih, seset2 badan ikan
– beri bumbu…3 siung bawang putih digeprek hingga hancur, 1/4 sdt kunyit bubuk desaku (optional) 1/2 sdt ketumbar bubuk desaku, garam
– goreng ikan, saat ikan baru dimasukkan ke penggorengan beri taburan tepung bumbu, lakukan di kedua sisi ikan

Sambel :
– 10 siung bawang merah, iris tebal / potong menjadi 2
– 3 siung bawang putih, iris tebal
– 1 buah tomat hijau ukuran besar / bisa diganti tomat merah, iris
– 8 buah cabe ijo besar, iris
– cabe rawit merah / takaran sesuai selera, iris
– 1 iris perasan jeruk nipis / takaran sesuai selera
– 1 sdm terasi
– kaldu bubuk
– garam
– gula pasir
– campur semua bahan sambel kecuali terasi, panaskan minyak bekas menggoreng ikan, masukkan terasi, masukkan semua bahan sambel, masak aduk aduk hingga layu, beri air kurleb 3 sdm agar sambel tidak terlalu kering, koreksi rasa kemudian angkat. Tingkat kematengan sambel sesuai selera.

OSENG CUMI ASIN PEDAS

by: @aras_galeri

Bahan
500gr cumi asin ukr kecil
100gr cabe rawit merah iris
100gr cabe ijo kriting iris
12 siung bawang merah iris
6 siung bawang putih iris
1 bombay cincang
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
2 sdm saos tiram
1 sdm kecap manis
* takaran kecap & saos tiram bisa di tambah sesuai selera
Garam

Caranya
1. Rebus air sampai mendidih, matikan api, lalu masukkan cumi asin yg sudah di cuci bersih, rendam cumi sekitar 15menit dalam air mendidih *untuk cumi ukr lebih besar biasanya sy rebus dulu, tp anak cumi cukup di rendam biar gak hancur, setelah di rendam bilas kembali cumi sampai bersih
2. Tumis irisan duo bawang dan daun2 sampai harum, lalu masukkan irisan rawit merah dan bombay cincang, aduk lalu masukkan cumi asin, masak dengan api kecil, bumbui dengan saos tiram, kecap dan garam (hati2 kasih garam jgn sampe keasinan) trakhir masukkan irisan cabe ijo kriting, masak sampai cabe layu. boleh tambah kaldu bubuk atau gula pasir sesuai selera yah

DENDENG LAMBOK

by: @aras_galeri

Bahan:
500gr daging sapi

Bumbu balado:
Secukupnya cabe merah besar
1 papan pete
1/2 bombay
1 tomat
8 siung bawang merah
Garam

Bumbu ungkep dendeng:
8 siung bawang putih ulek halus
1/2 sdm ketumbar bubuk
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdm asam jawa, larutkan dengan air matang sekitar 1/4 gelas, lalu saring
1/2 sdt lada bubuk
Seruas jahe di ulek halus / di geprek juga bisa
Air kelapa sekitar 400ml
• sy pake air dari kelapa tua, mau pake air kelapa muda juga boleh
• kalau air kelapanya kurang, boleh tambah air biasa, kira-kira aja ya sampai daging terendam saat di ungkep
Garam

Caranya:
1. Potong daging sapi jadi dendeng sesuai arah serat daging
2. Dalam wajan masukkan daging sapi, bumbu ungkep dan air kelapa, masak sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api, tutup wajan, masak dengan api kecil sekitar 1.5 jam, sampai daging empuk bumbu meresap dan kuah menyusut, lalu tokok/pukul daging pake ulekan
3. Goreng dendeng sebentar saja dalam minyak panas, sisihkan atau tidak usah di goreng juga boleh
4. Ulek kasar bumbu balado (untuk bombay cukup di rajang kasar) tumis dalam minyak panas sampai harum, masukkan pete dan sedikit air sisa ungkepan daging (sekitar 2-3sdm) masak sampai cabe matang dengan api kecil, campurkan dengan dendeng.
note: bumbu balado mau di tambah penyedap silahkan sesuai kebiasaan masing-masing

AYAM PINDANG SERANI

by @sarongsarie

Bahan:
– 1 kg ayam (aku bagian paha bawah dibagi jadi 2 bagian)
– 6 buah belimbing wuluh / aku ganti 3 tomat hijau potong2
– 1 buah tomat merah potong2
– 3 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 1 ruas lengkuas
– 1 batang sere
– 7 bawang merah, iris
– 5 bawanh putih, iris
– 6 buah cabe rawit merah utuh
– 1 ruas jahe ( bakar, iris2)
– 1 ruas kunyit ( bakar, iris2) tapi aku ga ada yg dibakar ya 😂
– gula garam kaldububuk secukupnya

Cara:
– rebus ayam sekali mendidih, buang air ganti dengan yg baru
– rebus lagi, masukkan daun salam daun jeruk, lengkuas, sere
– di wajan lain, tumis bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit sampai matang, kmudian masukkan ke rebusan ayam
– masukkan tomat hijau/belimbing wuluh, beri gula garam, kaldububuk, masak sampai matang meresap, ayam empuk dengan api sedang
– masukkan tomat iris dan cabe utuhan, aduk2 rata
– siap disajikan, yg mau pedes tinggal dipenyetin cabenya

AYAM TAHU CABE GARAM

by @sarongsarie

Bahan Ayam dan Tahu:
– 500gr ayam paha bawah ( dipotong jadi 2 bagian)
– 5 tahu potong kotak2
– 5 bawang putih
– garam secukupnya

Cara Ayam:
– cuci bersih ayam, masukkan dalam wadah
– haluskan 4 bawang putih dan garam secukupnya
– masukkan bumbu halus ke wadah ayam, ratakan ke ayam, aduk2 rata, diamkan min. 1jam lebih lama lebih baik,didalam kulkas
– setelah itu goreng sampai kecoklatan dengan api kecil, jangan terlalu kering2 nanti keras
– angkat sisihkan

Cara Tahu:
– cuci tahu
– haluskan 1 bawang putih dan garam secukupnya, beri sedikit air
– celup2 tahu ke bumbu halus
– goreng sampai matang kecoklatan
– sisihkan

Bahan bumbu cabe:
– 10 bawang putih ( chooper atau cincang halus kecil2)
– 6 cabe rawit merah / sesuai selera aja ya ( iris kecil2)

Langkah Terakhir:
– dalam wajan, panaskan minyak jangan terlalu sedikit
– masukkan bahan bumbu cabe, aduk2 rata, sampai bawang putih mulai kecoklatan
– masukkan ayam goreng dan tahu goreng, aduk rata
– beri garam dan kaldu jamur secukupnya
– aduk2 rata
– jadii dan siap disajikan

TUMIS SAYUR JAMUR

Bahan:
– 100gr jamur kancing
– 1 wortel besar, iris korek api
– buncis secukupnya
– 3 bawang putih, geprek, cincang
– cabe rawit sesuai selera
– 1 sdm saos tiram
– 100ml air
– garam, kaldububuk, lada bubuk, secukupnya

Cara:
– tumis bawang putih dan cabe rawit dengan minyak scukupnya aja sampai wangi matang
– masukkan jamur, aduk2 sampai basah dan warna mulai kecoklatan
– masukkan wortel, aduk2
– masukkan air, beri saos tiram, garam, lada bubuk kaldububuk, secukupnya
– mendidih, masukkan buncis
– aduk2 rata, kmudian cek rasa
– biarkan sampai smua sayur matang
– siap disajikan

cr : @sarongsarie

Sup Kerapu Daun Ketumbar

Bahan :
– 750 gr / 1 ekor ikan kerapu
– 1 buah jeruk nipis
– 3 siung bawang putih geprek
– 1 jempol jahe geprek
– 1 buah bawang bombay potong 8
– 1 buah tomat merah potong 8
– 50 gr daun ketumbar/ sesuai selera
– 1 liter air
– Garam & penyedap jamur secukupnya
– Minyak untuk menumis
– Pelengkap : cabe potong kecap asin

Cara :
1. Bersihkan ikan, pisahkan kepala dan duri serta dagingnya atau potong2 sesuai selera. Kucuri air perasan jeruk nipis, diamkan sbentar lalu bilas
2. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, tuang air, didihkan
3. Masukkan ikan . Beri garam dan penyedap jamur. Masak hingga ikan matang
4. Masukkan bawang bombay, tomat, daun ketumbar, asal layu . Aduk. koreksi rasa. Angkat . Sajikan hangat dengan cabe kecap asin sebagai pelengkap.

Cr : @mrs.wijaya

Ayam Cah Jamur

Bahan:
Ayam (dipotong² sesuai selera, dimarinasi dengan kecap asin, minyak wijen, bawang putih cincang)
Jamur merang
Kecap manis
Saos tiram
Kaldu jamur
Kecap hitam
Merica
Daun bawang
Cabe rawit (optional)

Cara masak:
Tumis baput sampai wangi, masukkan ayam yang sudah dimarinasi. Tumis sampai berubah warna dan beri kecap manis. Oseng sebentar, masukkan jamur. Beri saus tiram, merica, kaldu. Aduk rata, beri air secukupnya dan sedikit kecap hitam. Tutup dan masak sampai meletup. Cek rasa, angkat dan sajikan selagi panas dengan taburan daun bawang dan irisan cabe rawit bila suka pedas.

Cr : @masakpraktisharian

SUP KIMLO

Bahan :
3 bh ayam paha atas fillet, potong dadu
3 bh wortel, potong bulat
7 bh bakso sapo, potong bulat
5 lembar jamur kuping, iris panjang
3 lembar kembang tahu, iris panjang
20 bh sedap malam, tali simpul
1 lembar bihun jagung
2 bh daun bawang, iris panjang
2 bh seledri, iris panjang
2 bh telur rebus (optional)

Bumbu :
7 bh bawang putih, haluskan
5 bh bawang merah, haluskan
1 ruas jahe, geprek
2 sdm minyak mijen
1 sdm Kecap ikan
Garam
Merica
Kaldu jamur

Cara memasak :
1. Rebus ayam dan jahe hingga matang
2. Masukkan bawang putih dan merah yg sdh dihaluskan
3. Masukkan wortel, jamur kuping, kembang tahu, sedap malam dan bakso
4. Tambahkan kecap ikan, garam, merica, kaldu jamur.. koreksi rasa
5. Masukkan bihun jagung, daun bawang dan seldri..
Angkat dan sajikan bersama telur rebus dan taburan bawang goreng

Sambel kecap :
2 bh bawang putih
2 sdm bawang merah goreng
10 bh cabe rawit merah
Kecap manis
Haluskan semuanya dan masukkan kecap manis, aduk hingga rata

Cr : @bungamiranti

Bikin bihun jagung ala resto terkenal itu yuk! Enak nih, bisa dicoba banget!

Resepnya :
Bahan :
200gr bihun jagung, rebus sebentar saja
100gr ayam paha fillet, potong dadu
10 butir bakso sapi
5 pasang ati ampela, sudah digoreng dan dipotong dadu
2 butir telur
2 ikat pokcoy, potong panjang
2 buah daun bawang, potong panjang
7 siung bawang putih, haluskan
5 siung bawang merah, haluskan
Garam
Merica
Kaldu jamur

Bumbu :
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap inggris
1 sdm saus tiram
5 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin

Cara memasak :
1. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, kuncinya adalah menggunakan api besar
2. Masukkan telur oseng hingga kering, tambahkan bawang merah dan putih, oseng hingga kering
3. Masukkan ayam fillet dan bakso oseng hingga matang dan agak kering dan kecoklatan setelah itu masukkan ati ampela..
4. Masukkan bihun, kecap asin, kecap manis, kecap inggris, saus tiram, minyak wijen.. aduk hingga rata.. tambahkan garam, merica, kaldu jamur.. koreksi rasa
5. Terkahir.. masukkkan daun bawang dan pokcoy aduk hingga nanti sayur masih krenyes2 yaa.. angkat dan sajikan.. jgn lupa taburi bawang goreng

Cr : @bungamiranti

Masak telur yang gak gitu-gitu aja yuk, pake resep di bawah ini :

Bahan:
1/2 kg kentang (kupas, potong kecil-kecil, kemudian goreng dan sisihkan)
3 butir telur (goreng ora arik)
4 siung bawang putih (cincang halus)
4 siung bawang merah (cincang halus)
Cabe rawit sesuai selera
Cabe merah besar (potong-potong serong)
Bawang Prei secukupnya
Kecap Manis
Saos Tiram
Garam, gula dan penyedap rasa

Cara Membuat:
1. Tumis bawang merah,bawang putih dan cabe hingga harum
2. Tambahkan sedikit air kemudian masukkan bawang prei
3. Tambahkan garam, gula, penyedap rasa, kecap dan saos tiram
4. Masukkan kentang yang sudah digoreng dan telur orak arik, sambil diaduk perlahan dan tunggu hingga bumbu meresap.

Cr : @olga.g.putri

Wah sop kondro? Enak nih! Penasaran nggak cara masaknya gimana?

Bahan yang dibutuhkan :
250 gr iga sapi
250 gr daging sapi
1 L air
Bumbu halus:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jinten
2 batang sereh
1/4 buah pala
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
Bumbu lainnya:
1 Butir kluwak
1 sdt asam Jawa
2 butir kapulaga
2 butir cengkeh
1 ruas kayu manis
1 batang daun bawang
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
Secukupnya gula dan garam
1 sdt kaldu bubuk
Bawang goreng
🍲Rebus daging dan iga hingga empuk buang kotoran yang mengapung di atas.
🍲Rendam isi kluwak dan asam Jawa dengan air panas lalu saring.
🍲Haluskan bumbu.lalu tumis bumbu halus sampai harum masukan lengkuas daun salam kapulaga cengkeh kayu manis aduk rata masukan kluwak asam Jawa yg telah disaring dan daun bawang biarkan sampai bumbu benar -benar matang.
🍲Masukan bumbu halus ke rebusan daging aduk rata masukan gula garem bila perlu tambah kaldu bubuk aduk rata.
Biarkan sampai mendidih tes rasa masukan bawang goreng.
Angkat dan sajikan.

Cr : @qqieajoe

Tuna Saus BBQ

Yang suka tuna boleh banget nih dicobaaa, simpel dan sedapnyaa

BACA JUGA:
Inilah 21 resep Kue tradisional spesial .. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep masakan harian nikmat.. selamat mencoba..
Inilah 20 resep Kue cemilan nikmat.. Selamat mencoba..
Bahan:
Tuna (dimarinasi dengan minyak wijen dan tepung maizena)
Fish tofu
Saus BBQ
Bawang putih
Bawang merah
Cabe hijau besar
Cabe rawit
Tomat

Cara masak:
Tumis duo bawang, cabe hijau besar, cabe rawit, tomat sampai wangi. Masukkan tuna, oseng². Beri saus BBQ, aduk rata dan beri air secukupnya. Masukkan fish tofu dan kecap manis pedas. Tutup dan masak hingga meletup. Beri daun seledri. Cek rasa, angkat, dan sajikan selagi panas.

Cr: @masakpraktisharian

DAUN UBI TUMBUK

jangan lupa makan sayur hari ini
cr: @vhe.veronicaa

Bahan:
3 ikat daun ubi (singkong), pietikin daun yang muda
50 gr teri ,cuci bersih goreng kering tiriskan
65 ml santan instan
600 ml air
Secukupnya gula dan kaldu jamur
1 batang serai, geprek
1 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam, sobek2
1 sdt bumbu kari bubuk
1 sdt cabai bubuk

Bumbu halus:
10 cabai merah keriting
8 cabai rawit merah
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 cm kunyit

Cara buat:
1. Rebus daun ubi (singkong) hingga matang, tiriskan. Kemudian tumbuk/iris tipis dan kecil2, sisihkan terlebih dahulu
2. Tumis bumbu halus tambahkan daun salam, serai dan lengkuas, tumis hingga harum, tambahkan kari bubuk dan cabai bubuk
3. Tuang air masak sampai mendidih, masukan daun ubi (singkong)
4. Tuang santan aduk2 dan Tambahkan gula dan kaldu jamur secukupnya masak sampai matang
5. Koreksi rasa jika sudah cukup angkat dan hidangkan, taburi dengan teri

IKAN KAKAP ASAM MANIS

Bahan :
1 ekor ikan kakap merah uk besar kira2 beratnya 1,2 – 1,5kg . dibersihkan lalu beri 2 buah jeruk nipis . sisihkan
1/2 buah nanas madu diiris2
1/2 paprika Kuning diris2
1/2 paprika hijau diris2
1/2 buah wortel diris2 memanjang
1/2 kaleng Kacang polong
1/2 bawang bombay diris2
4 siung bawang putih di cincang
6 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
2 sdm kecap ikan
Garam,lada,gula dan Jamur penyedap secukupnya
500ml air
1 sdm Maizena dilarutkan dgn air
Minyak secukupnya utk mengoreng ikan dan menumis bumbu

Cara memasak :
🥘 Pertama panaskan wajan dan minyak utk mengoreng ikan. Goreng ikan hingga golden brown ya
🥘 Tumis bawang bombay hingga agak layu lalu masukan bawang putihnya
🥘 Masukan Paprika kuning ,hijau dan wortel aduk rata
🥘 Beri air aduk2 dan diamkan agak mendidih
🥘 Agak mendidih beri saus tomat dan saus sambal aduk rata
🥘 Masukan nanas dan Kacang Polong aduk lagi dan diamkan hingga mendidih
🥘 Beri kecap ikan,garam,lada ,gula dan jamur penyedap secukupnya aduk2
🥘 Koreksi rasanya dan Jika sdh balance masukan larutan maizenanya aduk2
🥘 Setelah matang sausnya ,siram diatas ikannya
🥘 dan sajikan selagi Hangat ya😋😋😋

Cr : @mus_cook

Cuminya gendud gendud banget

Cumi saus asem manis pedas

Bahan:
600gram Cumi🐙
1 SDm asam jawa
8 bh cabe rawit ulek kasar
1 SDm onion minced

Secukupnya:
Kecap manis
Saus tiram
Garam,gula pasir,lada &
Minyak goreng

Cara masak:
Bersihkan Cumi,buang tinta bilas lalu tiriskan, masukan kepalanya semat dngn lidi.dlm mangkok remas” satu sendok makan asam jawa dngn -+100ml air buang ampasnya aduk rata dengan secukupnya saus tiram,kecap manis dan saus sambal. tuang dlm wajan dan masak sampai mendidih baru masukan Cumi dan cabai rawit uleg serta onion minced,masak dengan api besar smp air menyusut tambahkan secukupnya garam,lada,dan gula pasir masak sampai mengental baru masukan dua sendok makan minyak goreng.masak smp meletop-letop saus berkaramel.tes rasa,angkat ..disajikan🍚

cr : @lusiaa_vv

ASEM ASEM DAGING SAPI

Bahan :
500 gr daging sapi, paling enak daging nya yang ada lemak nempel (sandung lamur). Rebus daging hingga lunak dan potong dadu.
Secukupnya buncis, boleh ganti kacang panjang.
1 batang wortel, potong2.
2 buah tomat merah, belah 4.
2 lembar daun salam.
4 siung bawang putih, iris.
6 siung bawang merah, iris.
3 cabe merah besar, iris agak besar.
3 cabe hijau besar, iris agak besar.
Cabe rawit (optional), saya ga pake.
1 ruas lengkuas, geprek.
1 ruas jahe, geprek.
Asam jawa, ambil airnya -/+ 2 sdm.
Air secukupnya untuk rebusan.
Garam, gula, merica, kaldu jamur secukupnya.

Cara :
1. Rebus daging sapi sampai empuk dan sisihkan. Ambil air kaldu yang bening untuk kuahnya.
2. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, daun salam dan lengkuas hingga wangi. Lalu masukkan ke rebusan kaldu daging. Tambahkan air lagi bila dirasa kurang.
3. Masukkan daging, wortel dan buncis. Tambahkan garam, gula, merica, kaldu jamur secukupnya. tambahkan pula air asam jawa. Koreksi rasa.
4. Bila sayuran sudah matang masukan potongan tomat. Masak sebentar dan angkat.

Cr : @indah_nr

CAKALANG SUWIR PEDAS

Menggugah slera bangettt😱

Bahan :
🌼 1 Ekor ikan cakalang fufu (sudah diasap)
🌼 8 lembar daun jeruk
🌼 1 Ruas jari Jahe ( memarkan)
🌼 1 Ruas jari Lengkuas ( memarkan)
🌼 2 Batang serai ( memarkan)
🌼 2 sdm perasan lemon

Bumbu halus :
🌼 15 buah cabai merah keriting
🌼 15 buah cabai rawit merah
🌼 8 siung bawang merah
🌼 4 siung bawang putih
🌼 Gula dan Garam secukupnya

Cara memasak :
1. Suwir ikan cakalang fufu lalu sisihkan
2. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu yang sudah di haluskan, tambahkan daun jeruk, jahe, lengkuas dan juga serai.
3. Tumis hingga matang dan harum Setelah itu tambahkan ikan cakalang suwir dan aduk kembali.
4. Tambahkan perasan air jeruk lemon, aduk hingga merata.
5. Jika sudah matang, taruh di wadah dan Cakalang fufu suwir pedas siap sajikan

Cr : @kimikanishka

UDANG BAKAR JIMBARAN

Bahan utama:
-10 ekor udang ukuran besar,belah punggung dan buang kotorannya

Bumbu halus:
-1 buah b.bombai ukuran sedang
-4 siung b.putih
-1 ruas jahe
-3 ruas kunyit
-2 terasi abc

Bahan2 saus:
-4 sdm saus tiram
-3 sdm saus tomat
-1 sdm saus sambal (sy skip)
-200 ml air

Cara :
-Haluskan bumbu halus,lalu tumis sampai matang,
-lalu tuang bahan saus dan air, masak sampai bumbu mengental,
-koreksi rasa, jika kurang asin atau manis bisa di tambah gula garam, sisihkan
-Bakar udang sampai hampir matang,
-lalu oles bumbu jimbaran tadi,lalu bakar sebentar kembali sampai matang sajikan.
Note. sisa bumbu jimbaran bisa disimpan di kulkas atau frezzer y

Cr : @yul15a_bun



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3w6r6tf
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel