-->
Inilah 20 Resep Olahan Ayam Lezat Nikmat praktis ekonomis harus di coba

Inilah 20 Resep Olahan Ayam Lezat Nikmat praktis ekonomis harus di coba

Bagikan :

Inilah 20 Resep Olahan Ayam Lezat Nikmat.. Selamat Mencoba..

AYAM FILLET CRISPY⁣

By. lisna_lisnawati71⁣

Bahan :⁣
– 500 gr Dada Ayam Fillet⁣

Bumbu Marinasi :⁣
– 3 siung bawang putih haluskan⁣
– 1/2 sdt kaldu bubuk (me: Royco Ayam)⁣
– 1/2 sdt merica bubuk⁣
– 1/4 sdt garam⁣

Bahan Kering :⁣
– 250 gr tepung terigu⁣
– 5 sdm Tepung maizena⁣
– 1/4 sdt merica bubuk⁣
– 1/4 sdt garam⁣
– 1/2 sdt kaldu bubuk (me : Royco Ayam)⁣

Bahan Celupan :⁣
– 1 butir telur kocok lepas⁣
– 100 mil air es/air biasa juga boleh⁣
– 1/4 sdt garam⁣
– 2 sdm tepung terigu⁣

Cara Membuatnya :⁣
1. Potong² kecil dada Ayam/potong sesuai selera, cuci bersih lalu lumuri dengan bumbu Marinasi,aduk merata diamkan dalam kulkas kurleb 30-1 jam agar bumbu meresap⁣
2. Celupkan Ayam fillet kebahan Celupan, lalu gulingkan ke bahan kering, ulangi hingga 2x sambil cubit² dan di remas² , agar tepung menempel dan keriting⁣
3. Siapkan minyak Goreng panas, lalu goreng dengan api sedang hingga matang kuning keemasan⁣
4. Angkat dan sajikan dengan sambel geprek⁣

SAMBEL⁣
– 20 buah cabe rawit⁣
– 5 siung bawang putih⁣
– garam dan penyedap rasa secukupnya⁣
– 1 buah jeruk limau⁣

Cara Membuatnya :⁣
– goreng Cabe rawit dan bawang putih hingga layu, lalu uleg dan tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya,cek rasa⁣
– beri 2 sdm minyak panas, dan kucuri dengan air jeruk limau, sajikan⁣

AYAM SAUS INGGRIS

Bahan :
13potong ayam
1/2bombay
1/2tonat
1bamer iris
2baput iris
2iris jahe potong2
Saus inggris
Kecap manis
1sachet saus cabe

Cara :
-marinasi ayam dgn sedikit garam,lada,
bubuk baput,1sdm maizena..diamkan
30menit di kulkas
-goreng ayam..angkat dan sisihkan
-tumis jahe,bamer,baput, bombay sampe
harum,.masukkan tomat..tumis tomat
agak layu
-masukkan ayam yg telah digoreng..beri
kecap Inggris,kecap manis,saus cabe..
aduk,beri sedikit saja air spy tdk kering
banget .aduk rata sampe saus meresap,
angkat dan sajikan dgn nasi hangat

AYAM PASUNDAN

Source : deviirwantari
Recook : vhe.veronicaa

Bahan :
1 kg ayam ( saya pakai paha bawah & sayap)
1 buah jeruk nipis
600 ml Air kelapa
75 gr gula merah
65 ml santan instan
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, sobek2
3 cm lengkuas, geprek
2 batang serai, geprek
Secukupnya Garam dsn kaldu bubuk

Bumbu Halus :
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdm ketumbar
2 cm jahe
4 butir kemiri

Cara Membuat :
1. Cuci bersih ayam, kemudian kucuri dengan jeruk nipis, diamkan 15 menit kemudian cuci bersih kembali, tiriskan.
2. Tumis bumbu halus, masukan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Tambahkan gula merah, garam, kaldu bubuk, air kelapa dan santan, aduk agar santan tidak pecah. Lalu masukan Ayam. Aduk sesekali masak sampai air menyusut. Koreksi rasa, jika sudah pas matikan kompor.
3. Goreng ayam pasundan sampai kecoklatan. Sajikan bersama lalapan dan sambal.

Ayam Percik

By. dada.tastes

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung
1 lbr daun kunyit
1 kotak santan kara
Air asam jawa
Air secukupnya
Garam, gula dan perasa
.
Bahan halus :
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kunyit bakar
2 btg serai
1 cm jahe
6 bh cabe merah

Cara :
1. Panaskan minyak tumis semua bahan halus dan daun kunyit sampai wangi.
2. Masukkan santan, garam, gula, perasa, air dan air asam jawa aduk2.
3. Masukkan ayam, ungkep sampai empuk.
4. Sisahkan kuahnya.
5. Bakar ayam di teflon bolak balik.
6. Angkat dan siram kuah sedap bangettt

AYAM KECAP MANIS GURIH

Oleh: yulichia88 .

Bahan:
-1 ekor ayam kampung pilih yg muda
-Secukupnya kecap manis dan asin
-Secukupnya gula merah, gula pasir dan garam (sesuai selera ya manis dan asinnya)
-Saus tiram
-Minyak goreng utk menumis
-Air secukupnya

Bumbu halus:
– 8 butir bawang merah
– 10 siung bawang putih
– Secukupnya kencur ( aku 2 ruas kencur)

Cara:
– Bersihkan ayam, potong sesuai selera, goreng sebentar saja
– Tumis bumbu halus dgn minyak hingga harum, masukkan ayam tambahkan kecap manis dan asin, saus tiram, di aduk2 baru masukkan air, ungkep hingga air menyusut
– Klo kira2 ayam sdh lumayan empuk baru masukkan gula merah, gula pasir dan garam, dibiarkan smp meresap dgn api kecil
– Test rasa trs di angkat, sajikan dgn taburan bawang putih goreng, klo pun masih ada sisa, besok di steam lagi lbh meresap
Kuahnya enak buat cocolan daun selada🌱

Buldak (Ayam Pedas Korea)⁣

dapur.pandamerah⁣

Bahan :⁣
500 gram ayam potong (marinate minimal 30 menit dengan perasan lemon, merica dan garam secukupnya)⁣
Irisan daun bawang⁣
Biji wijen secukupnya⁣

Bumbu pelapis (aduk rata) :⁣
8 sdm tepung terigu⁣
2 sdm tepung beras⁣
2 sdm tepung maizena⁣
Merica dan garam secukupnya⁣

Bumbu saus pedas :⁣
1 sdt bawang putih bubuk⁣
1/2 sdt jahe bubuk⁣
2 sdm gochujang (pasta cabe korea)⁣
2 sdm gochugaru (bubuk cabe korea)⁣
1 sdm madu⁣
1 sdm kecap asin⁣
1 sdt merica⁣
1 sdt air lemon⁣

Cara membuat :⁣
1. Aduk rata bumbu pelapis, bagi 2, satu adonan tepung kering, satu lagi tambahkan air matang sedikit untuk adonan tepung basah⁣
2. Celupkan ayam yang sudah dimarinate ke adonan tepung basah, kemudian lumuri adonan tepung kering.⁣
3. Goreng ayam hingga matang kecoklatan, tiriskan⁣
4. Aduk rata bumbu saus pedas, panaskan sebentar. Masukkan ayam, aduk rata. Taburi daun bawang dan biji wijen⁣

AYAM GEPUK

Source : deviirwantar
Recook : angela_hapsari

Bahan :
500 gr ayam, potong jadi 4 buah (me: paha ayam)
Air untuk merebus ayam Secukupnya
2 sdm bubuk fibercreme larutkan dengan 200 ml air

Bumbu ungkep ayam dihaluskan :
500 gr ayam
7 butir bawang Putih
3 ruas kunyit
1 Ruas jahe
3 butir bawang merah
1 butir kemiri
1 sdt ketumbar
2-3 sdt garam

Bahan sambel, haluskan:
10 cabai merah keriting
5 cabai hijau keriting
1 sdt terasi
10 kacang mete goreng
15 cabai rawit
7 bawang putih
3 bawang merah
4 sdm minyak panas Secukupnya garam dan gula

Cara membuat :
1. rebus air sampai mendidih, masukkan larutan fibercreme bumbu ungkep dan ayam. Rebus sampai ayam matang dan bumbu meresap. Angkat.
2. Goreng ayam sampai kuning keemasan, angkat. Tiriskan
3. Uleg kasar bahan sambel, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Tambahkan minyak panas. Aduk rata
4. Penyajian, penyet ayam di cobek. Sajikan

AYAM GORENG REMPAH SUKA-SUKA

By : rahmi_mol

Bahan :
– 1/2 ekor ayam (kira2 6-7 potong)
– air jeruk nipis dikit
– garam secukupnya
– 4 sdm tepung beras
– 1/2 sdt lada bubuk
– 1/2 sdt ketumbar bubuk
– 1/4 sdt kunyit bubuk
– 1/4 sdt oregano
– 1/4 sdt rosemary
– 1/4 sdt thyme
– 1/4 sdt cabe merah bubuk

Cara masak :
– Ayam udah dicuci bersih, kasih air jeruk nipis dan garam, aduk2 rata
– Masukin semua bumbu bubuk, aduk2 merata – Terakhir masukin tepung beras, aduk rata dgn ayam sambil dipijat2 dikit biar tepungnya nempel
– goreng di api kecil sampai bener2 matang, dijamin gak ada darah ayam lg klo masaknya matang makanya pake api kecil aja ya..

Ayam Goreng Serundeng⁣

By bee_lophez⁣

Bahan :⁣
1 kg ayam⁣
1/2 butir kelapa parut⁣
1 ltr air⁣
500 ml minyak⁣

Bumbu :⁣
Garam, kaldu jamur, gula pasir secukupnya⁣

Herb:⁣
3 lbr daun jeruk⁣
2 lbr daun salam⁣
2 batang sereh, geprek⁣

Bumbu Halus :⁣
8 siung bawang putih⁣
6 siung bawang merah⁣
5 butir kemiri⁣
2 ruas Jahe⁣
2 jari laos⁣
2 ruas kunyit⁣
1/2 sdt merica⁣
1 sdt ketumbar⁣

Step masak :⁣
* Tumis bumbu halus & herb sampai harum⁣
* Masukan Ayam, kemudian tambahkan air & kelapa parut⁣
* Bumbui ayam sesuai selera⁣
* Tutup panci dan ungkep ayam hingga air menyusut dg api sedang ( sesekali di aduk & juga koreksi rasa )⁣
* Setelah matang, siapkan minyak goreng ayam hingga kuning kecoklatan⁣
* Ayam Goreng Serundeng siap disajikan dengan sambal dan nasi hangat ^_^ resep_ayam

Ayam goreng ungkep

By dellasuzura

Bahan:
1 ekor ayam, potong sesuai selera cuci bersih kucuri dengan jeruk nipis.
1 batang serai geprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas geprek

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdm ketumbar bubuk

1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya
500 ml air

Cara masak:
Dalam panci masukkan ayam, bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, garam,gula, kaldu bubuk aduk merata pada ayam.
Tuang air. Tutup panci.
Ungkep ayam sampai air menyusut dan bumbu meresap.
Sesekali di aduk.
Setelah diungkep, panaskan minyak yang banyak setelah minyak panas goreng ayam sampai kecoklatan dengan api sedang.
Pastikan ayam terendam minyak.
Sajikan dengan sambal terasi atau sesuai selera.

-‐—–‐‐————————
Resep Sambel Terasi

Bahan:
15 buah rawit merah
20 buah rawit ijo
2 buah bawang merah
1 buah tomat merah
1 sachet kecil terasi
Kaldu bubuk secukupnya ( sesuai selera)
1 sdt Gula merah
1 sdm perasan jeruk lemon

Cara:
Goreng cabe,bawang,tomat dan terasi sampai layu
Lalu ulek beri kaldu bubuk dan gula merah secukupnya
Beri perasan jeruk lemon / boleh jeruk limo aduk rata dan sajikan

AYAM BAKAR BUMBU PADANG

by: aras_galeri

Bahan
4 potong paha
* dari 2 ekor ayam, atau bisa pakai 1 ekor ayam di potong 4
Jeruk nipis
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
2 batang sereh bagian putihnya di iris
1 lbr daun kunyit
1/2 gelas santan kental
Garam

Bumbu halus
10 cabe merah kriting
* kalau mau pedes bisa ganti rawit merah
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdm ketumbar
1/2 sdm lengkuas giling
1 sdt jahe giling
seujung sendok kunyit giling

Caranya
1. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, diamkan sekitar 15 menit lalu cuci kembali sampai bersih
2. Tumis bumbu halus, daun-daun & irisan sereh sampai harum, masukkan daging ayam, aduk hingga rata lalu tambahkan santan kental, aduk terus hingga mendidih, lalu masak dengan api kecil sampai daging empuk dan bumbu meresap
3. Bakar ayam dengan bara api/batok kelapa, rasanya jauh lebih enak, tapi kalau mau praktis bisa bakar dengan grillpan yang di olesi margarin, yang di foto saya bakarnya pake happycall

FRIED CHICKEN CHEESE

By yumiellen⁣⁣⁣⁣

bahan ayam:⁣⁣⁣⁣
-550gr ayam beserta kulitnya kira2 6 potong paha ayam (potong jgn terlalu kecil)⁣⁣⁣⁣
– 2 sdm soyu (kecap asin jepang)⁣⁣⁣⁣
– 2sdm mirin⁣⁣⁣⁣
– 1 sdm minyak wijen⁣⁣⁣⁣
– 6 siung bawang putih haluskan⁣⁣⁣⁣
– 1/2 ruas jahe haluskan⁣⁣⁣⁣
(Campur semua bahan aduk rata diamkan selama 30 menit)⁣⁣⁣⁣

Bahan tepung:⁣⁣⁣⁣
– 5 sdm tepung bumbu chrispy⁣⁣⁣⁣
– 5 sdm tepung maizena⁣⁣⁣⁣
– 1 sdm baking powder⁣⁣⁣⁣
– 1 sdt lada hitam – 2 butir telur ayam (yg kecil)⁣⁣⁣⁣

Bahan cheese:⁣⁣⁣⁣
– 1 bungkus bumbu keju untuk kentang goreng⁣⁣⁣⁣
– 100gr cheese chedar⁣⁣⁣⁣
– 1 sdm parmesan⁣⁣⁣⁣
– 200ml susu cair⁣⁣⁣⁣
– 1 sdm tepung maizena di campur air untuk mengentalkan⁣⁣⁣⁣
– 1/2 sdt lada⁣⁣⁣⁣
– berikan sedikit air bila terasa asin (menurut selera)⁣⁣⁣⁣

Cara membuat:⁣⁣⁣⁣
1.campur semua bahan ayam diamkan selama 30 menit⁣⁣⁣⁣
2. Masukkan telur ke adonan ayam aduk hingga rata.Lalu masukkan ke adonan tepung. Goreng hingga kuning kecoklatan.⁣⁣⁣⁣
3. Campur adonan keju kecuali tepung maizena dan air.aduk sampe tercampur rata dan mendidih baru masukkan maizena.⁣⁣⁣⁣
4.cicipin dulu rasanya klo terasa asin bisa tambahkan air.( asin tidaknya menurut selera masing2)⁣⁣⁣

Resep Ayam Gulai Pedas⁣

_ By dada.tastes⁣

Bahan :⁣
1/2 ekor ayam⁣
3 biji kentang⁣
Daun kari secukupnya⁣
2 batang serai⁣
1 cm lengkuas geprek⁣
3 helai daun limau purut⁣
1 helai daun kunyit⁣
Santan secukupnya⁣
Air secukupnya⁣
Air asam jawa⁣
Garam dan gula⁣

Bahan halus:⁣
5 buah cabe merah besar⁣
5 buah cabe kering rendam dulu⁣
5 buah cabe rawit⁣
3 butir b. putih⁣
8 butir b. Merah⁣
1 cm jahe⁣
1 cm kunyit⁣

Cara:⁣
1.Bersihkan ayam potong-potong dan panaskan minyak, goreng kentang sisihkan⁣
Kemudian tumis semua bahan halus dan daun kari sampai wangi.⁣
2. Masukkan ayam, kentang, serai, lengkuas, daun limau purut, daun kunyit tumis sampai wangi baru tambahkan air.⁣
3. Masukkan santan, air secukupnya, air asam, garam dan gula aduk-aduk dan test rasa.⁣
4. Masak hingga ayam empuk dan matang.⁣
5. Siap di hidangankan dengan nasi panas.

Ayam Ungkep

By christinefebrianita

Bahan utama:
1kg ayam potong
1 jempol lengkuas (geprek)
Air matang
Garam secukupnya

Bumbu halus:
12 bawang merah
5 bawang putih
20 biji ketumbar
3 ruas kunyit bakar
2 ruas jahe

Bumbu daun:
5 daun jeruk (buang batang)
4 daun salam
4 batang sereh (geprek)

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus dg sedikit minyak api sedang sampai harum, lalu masukkan bumbu daun + lengkuas geprek
2. Masukkan ayam potong yg sudah dicuci bersih dan aduk sebentar sampai warna ayam sedikit berubah
3. Masukkan air (mendidih lebih baik) sampai batas 1/2 ayam terendam dan aduk rata bumbu + airnya + sedikit garam (jangan banyak, nanti keasinan)
4. Ungkep ayam kurang lebih 30-45 menit sampai ayam matang dg api low-medium, kalo airnya kurang boleh tambahkan lagi sedikit
5. Kalo ayam sudah matang, tiriskan dan bisa langsung digoreng atau simpan kulkas
6. Kalo masih sisa air, bisa dijadikan kuah soto

AYAM KECAP PEDAS MANIS⁣

By cheche kitchen⁣

Bahan:⁣
– 300 gram ayam potong⁣
– 2 siung bawang putih⁣
– 1 ruas jahe⁣
– 200 ml air⁣
– 5 buah cabai rawit⁣
– 2 butir bawang merah⁣
– merica bubuk secukupnya⁣
– 2 sendok makan kecap manis⁣
– minyak goreng secukupnya⁣
– 1 sendok teh gula pasir⁣
– garam secukupnya⁣

Cara memasak:⁣
a. Goreng ayam setengah matang, tiriskan.⁣
b. Tumis bawang merah dan bawang putih, tambahkan jahe memar, irisan cabai hingga harum.⁣
c. Beri garam dan merica bubuk, lalu tuang air.⁣
d. Setelah mendidih, masukkan ayam. Tambahkan kecap dan gula pasir secukupnya.⁣
e. Masak sampai ayam matang dan kuah menyusut hingga separuhnya.⁣

Ayam kretep

By ocha_chupid
Source: cookpad resep.dapur.harian (dapur tita)
Modifikasi: ocha_chupid

Bahan:
500gr ayam, potong sesuai selera, lumuri garam dan jeruk nipis diamkan 10menit, bilas bersih

Bumbu halus:
5siung bawang putih
8siung bawang merah
1buah cabai merah
8buah cabai rawit
5buah kemiri
1sdt ketumbar bulat
2cm jahe
2cm kunyit
1,5sdm air asam jawa kental
Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:
-tumis bumbu hlus hingga harum da matang, tambahkan air secukupnya
-masukkan ayam, bumbui dengan gula, garam, merica dan kaldu bubuk, masak hingga ayam empuk
-angkat ayam dan goreng hingga bekulit, sementara itu sisa bumbu rebusan ditumis hingga kering
-masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam bumbu, aduk rata dan sajikan

•Ayam Woku•

1 ekor ayam, potong kecil atau sesuai selera.
4 lembar daun jeruk, iris.
3 lembar daun bawang, iris.
1 lembar daun kunyit, iris (saya skip karna ga punya tapi kalau punya lebih baik karna ini bikin enak 🔥).
1 lembar daun pandan, simpulkan.
2 sdt air perasan jeruk nipis.
Segenggam daun kemangi.
10 buah cabe rawit utuh.
1 buah tomat, potong.
Bumbu :
4 butir bawang merah, haluskan.
4 siung bawang putih, haluskan.
2 ruas kunyit, haluskan.
3 buah cabe keriting, haluskan.
1 batang sereh, potong.
1 ruas lengkuas, geprek.
Gula garam secukupnya.

Cara :
1. Tumis semua bumbu hingga harum. Masukan sedikit air kira-kira 300ml, daun pandan, daun jeruk, cabe rawit, air jeruk nipis. Tunggu hingga mendidih lalu masukan ayam.
2. Masak hingga kuah sedikit asat. Koreksi rasa, jika sudah masukan daun bawang, tomat dan kemangi. Siap disajikan.

Ayam Goreng Bolognese

By auroraskitchen_⁣

Bahan:⁣
700 gr ayam, potong sesuai selera⁣
1 bh jeruk nipis⁣
2 btg sereh, geprek⁣
2 ruas lengkuas, geprek⁣
3 lbr daun salam⁣
Secukupnya garam, kaldu bubuk.⁣

Bumbu ungkep (haluskan):⁣
6 siung bawang putih⁣
4 siung bawang merah⁣
2 ruas jahe⁣
2 ruas kunyit⁣
1 sdt ketumbar bubuk⁣
Secukupnya air⁣

Saus bolognese:⁣
6 sdm saus bolognese⁣
2 sdm margarin⁣
1 ruas jahe, cincang halus⁣
2 siung bawang putih, cincang halus⁣
1/2 siung bawang bombay⁣
1/2 sdt lada bubuk⁣
1/2 sdm kaldu bubuk⁣
1 sdm gula pasir⁣
100 ml air⁣

Cara membuat:⁣
👉 Pertama, marinasi ayam dengan perasan air jeruk nipis selama 15 menit, setelah itu bilas hingga bersih.⁣
👉 Ungkep ayam dengan bumbu halus, tambahkan sereh, lengkuas, daun salam, dan air secukupnya. Setelah itu tutup wajan/ teflon, ungkep ayam hingga matang, jangan lupa tambahkan garam, kaldu bubuk sambil sesekali dibalik ayamnya.⁣
👉 Panaskan minyak diwajan lalu goreng ayam hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.⁣
👉 Selanjutnya tumis jahe dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan bawang bombay aduk2, masukkan saus bolognese, air, gula, lada bubuk, dan kaldu bubuk lalu aduk2 sebentar. Terakhir masukkan ayam goreng lalu aduk hingga rata dan airnya menyusut. Tes rasanya. Angkat dan sajikan.

Resep Chicken katsu⁣⁣

By hwang_frenzdy⁣⁣

Bahan:⁣⁣
•1 potong dada ayam(fillet dagingnya).⁣⁣
•1 btr telur(kocok lepas).⁣⁣
•Tepung terigu secukupnya.⁣⁣
•Tepung panir secukupnya.⁣⁣
•Bumbu:Garam,penyedap jamur dan merica secukupnya.⁣⁣
•Minyak untuk menggoreng⁣⁣

Cara:⁣⁣
1.Baluri fillet ayam dengan bumbu,sisihkan.⁣⁣
2.Gulingkan ayam satu persatu ke tep terigu lalu celupkan ke telur lalu gulingkan ke tepung panir sampe rata.sisihkan.⁣⁣
3.Panaskan minyak,goreng ayam sampai berwarna kuning keemasan.⁣⁣
4.Angkat dan siap disajikan dengan saos sambal.⁣⁣
Semoga bermanfaat

AYAM GORENG ALA KFC

Recipe: Willgoz Kitchen (youtube)
Source: dapoersikoko
Recook : lestarisahidin

Bahan:
1 ekor ayam negeri dibagi 8 (jangan pake ayam kampung) saya pakai 1,2 kg ayam negeri potong agak kecil
1 liter susu cair (sy Ultra)
25 g gula pasir
25 g garam halus
3 sdm cuka makan

Bumbu Kering Krispi:
500 g tebung terigu protein sedang (segitiga)
⅓ sdm ketumbar bubuk
⅓ sdm cabai bubuk
1 sdm bawang putih bubuk
1 sdm bawang bombay bubuk (saya skip)
⅓ sdm daun oregano/rosemary kering
½ sdt cengkeh bubuk
½ sdt jintan bubuk
½ sdm jahe bubuk
⅓ sdm lada hitam bubuk
⅓sdm lada putih bubuk
2 sdt garam halus
⅓ sdm baking powder

Cara Membuat:
1. Pertama² campur susu cair, gula, garam dan cuka, aduk rata hingga gula larut. Masukkan ayam, brain (semacam marinasi, tapi ini beda, karena menggunakan banyak cairan, supaya ayam empuk dan bumbu meresap) selama minimal 8 jam atau biarkan 24 jam di dalam kulkas. Usahakan tiap potongan ayam terendam cairan, dan tutup bagian atas wadah dgn plastik wrap.
2. Keesokannya, keluarkan ayam dari kulkas. Siapkan bumbu kering krispi, yaitu campuran tepung terigu dan semua sisa bahan, aduk rata. Ambil sebagian adonan kering, beri air secukupnya, aduk hingga menjadi larutan yg encer. Ambil sepotong ayam dari dalam rendaman susu, lalu gulingkan ke dalam adonan tepung kering, setelah itu celupkan ke dalam larutan tepung encer, gulingkan kembali ke dalam tepung kering hingga merata menutupi semua permukaan ayam. Lakukan hal yg sama untuk sisa ayam.
3. Panaskan minyak agak banyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan atau sampai matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan dgn saus cocol sambal/tomat botolan.

Catatan:
Setelah bumbu kering krispi tercampur rata, cicipi rasanya



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3wQOvyC
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel