-->
Inilah 30 Resep Kue Bolu Dan Kue Cemilan Spesial Enak , Nikamat , Sederhana Praktis Wajib Di coba

Inilah 30 Resep Kue Bolu Dan Kue Cemilan Spesial Enak , Nikamat , Sederhana Praktis Wajib Di coba

Bagikan :

Inilah 30 Resep Kue Bolu Dan Kue Cemilan Spesial.. Selamat Mencoba..

Kek Coklat Kukus sukatan cawan

Bahan2 :
1 cwn serbuk koko
1cwn susu pekat
1 cwn susu cair
1 cwn gula
1 cwn minyak
3 biji telur
-semua bahan kat atas masukkan semua dalam blender dan kisar selama kurang 5 minit. Panaskan air dalan periuk kukusan.

Bahan2 ayak:
1 1/4 cwn tepung gandum
1 sudu kecil sodabbikarbonat
1 sudu kecil baking powder
-adunan yang telah dikisar dimasukkan dalam bekas dan masukkan tepung. Kaup balikkan. Tapis dan letak dalam loyang. Kukus 45 minit dengan api sederhana. Nak tau masak cucuk dengan garfu. Kalau tak melekat dah masak.

@anzkitchenn – Bolu spekuk

Bahan 1 :
4 butir telur utuh
2 kuning telur
160grm palm sugar
50gr gula pasir
1sdt sp
1scht vanilli bubuk

Bahan 2 :
200gram terigu
1/2sdt bp
1sdt bubuk speakoek (merek kupu2)

Bahan 3 :
220gram mentega (cairkan/di tim)

Cara membuat:
1. Oleskan loyang dengan mentega dan terigu secara merata

2. Mixer bahan 1 dengan kecepatan tinggi sampai mengembang kaku -+8menit.

3. Mixer bahan 2 dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata

4. Masukan bahan 3 aduk hingga rata

5. Lalu tuang kedalam loyang dan masukan oven 180° api atas bawah 10menit lanjut api bawah 30menit (sesuaikan oven masing-masing)

Bika Ambon

By : @vivi_varen

Bahan :
100gram Tepung sagu tani
50gram Tepung terigu
100gram Gula pasir
1/4sdt Garam
1sdm Margarin, lelehkan
2butir Telur, kocok lepas
200cc Santan (kara 65ml + air) rebus dengan serai, daun jeruk, daun pandan

Bahan Biang :
50ml air hangat
1sdt gula pasir
1sdt ragi instan

Cara membuat :
1. Campur bahan biang & diamkan sampai berbuih selama 15menit.
2. Campur tepung sagu tani, terigu, gula, garam, biang, santan (separuh dulu) aduk2 dengan whisk sampai gula larut & licin.
3. Tuang telur & sisa santan, aduk rata, masukkan margarin aduk kembali.
4. Diamkan selama 1jam.
5. Panaskan teflon oles margarin tipis2 sampai benar2 panas pake api besar setelah itu baru dikecilkan sekali.

BOLU SAKURA (KARAMEL KUKUS)

By: @wawawiati

Bahan:
250 g gula pasir
250 ml air
1 sachet SKM coklat
2 butir telur
200 g terigu
25 g maizena
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
75 g margarin dilelehkan bersama 50 ml minyak

Cara:
1.Siapkan kurang lebih 25 – 30 cetakan kue sakura/cetakan putu ayu. Olesi dengan minyak
2. Ayak terigu, maizena, bp dan soda kue. Sisihkan
3. Buat karamel: masak 150g gula dengan api kecil sampai mencair berwarna kecoklatan dan berubah menjadi karamel. Tuangi air panas dengan hati2. Masak sampai karamel larut dengan air. Masukan SKM. Aduk rata. Biarkan dingin
4. Panaskan kukusan. Alasi tutupnya dengan kain bersih.
5. Kocok sisa gula dan telur sampai mengembang dan kental. Turunkan speed mixer ke yang terendah, masukan bahan keing bergantian dengan larutan karamel. Kocok asal rata saja. Jangan over mix
6. Masukan margarin cair, aduk balik dengan spatula atau kocok dengan speed terendah cukup sampai tercampur rata saja. Jangan over mix
7. Tuang ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit.

BOLU KUKUS GULA MERAH

Resep @resepkuesimpel
Recook @resepkuesimpel

Bahan :
200 g Gula Merah
200 ml Air
3 helai Daun pandan
1/4 sdt Garam
1/4 sdt Vanilla bubuk
2 butir Kuning Telor
1/2 sdt Soda kue
50 g Gula Pasir
1/4 sdt Baking Powder
250 g Terigu
100 ml Minyak Goreng

Cara membuat :
1. Didihkan air, gula merah, daun pandan, garam dan vanilli
bubuk sampai larut. Saring dan sisihkan hingga suhu ruang.
2. Mixer kuning telor, gula pasir, BP dan soda kue sampai
pucat mengembang pake speed tinggi.
3. Masukkan secara berurutan, air gula merah lalu terigu,
mixer sampai rata aja dengan speed paling rendah.
4. Masukkan minyak, aduk pake spatula.
5. Tuang ke dalam cup bolu kukus. Kukus selama 20 menit
dengan api besar.
Aku pakai steam cooking Pot Signora (15menit)

DORAYAKI⁣

By @fitriajawari⁣

Bahan:
Bahan A⁣
1 butir telur⁣
1 sdt vanila⁣
50 gram gula pasir⁣

Bahan B⁣
1 sdm madu⁣
25 gram mentega (cairkan)⁣

Bahan C ⁣
150 gram tepung terigu⁣
1 sdt baking powder⁣
1/4 sdt soda kue⁣

Bahan D ⁣
175 ml air⁣

Cara membuat⁣
• campur bahan A kemudian mix kecepatan rendah sampai pucat setelah itu masukan bahan B aduk sampai rata⁣
• kemudian masukan bahan C sedikit2⁣
Lalu tuangkan bahan D aduk sampai rata tidak ada yang menggumpal⁣
Kemudian diamkan 15 menit⁣
• panaskan teflon dengan api sedang cenderung kecil, tuangkan adonan menggunakan sendok sayur diamkan sampai berlubang lalu angkat,lakukan berulang kali sampai adonan habis⁣
Toping sesuai selera ya ⁣
Selamat mencoba⁣
Note…. wajan jangan di oleskan minyak atau margarin ya⁣

Caramel Donut

repost @resepkuesimpel
( with vanilla pastry cream filling )

Semoga hari ini temen2 semuanya dilancarkan rejekinya .
Udah lama banget mak Ayoe kepengen nyobain donat topping gula karamel pake filling fla vanila / pastry cream .

Hmmmm ini sih Yummy banget… Teksturnya campur2, ada lapusan karamel yang kres2, pastry cream yg lembut pless donat flufy empuk . 😆 .
Resep dasar donatnya pake resep flufy donut punya ci Tintin Rayner . Karena uda hapal diluar kepala. Cuman aku kurangi takeran gulanya, karena untuk donat karamel ini bagian filling toppingnya ud cukup banyak kandungan gulanya.

Resep dasar donat bisa pake resep andalan masing2. .
Untuk resep dasar vanila pastry cream, mak ayoe pake resep dasar dibawah ini:
250 gr susu UHT
50 gr gula
2 kuning telur
30 gr maizena
20 gr butter
Sejimpit
Vanila bean / vanila ekstrak
1 sdm rhum ( perisa rhum ) *optional

Note : hati hati berurusan dengan caramel, karena jariku sempet kena gula karamel panas .. huhu cenot2 sampe sekarang.

RED VELVET CAKE

By @octaviairin_

BAHAN A :
– 6 Butir Telur
– 180 gr gula pasir
– 1 sdt SP

BAHAN B :
– 200 gr terigu pro sedang
– 2 sdm maizena
– 2 sdm susu bubuk
– 3 sdm coklat bubuk
– 1/2 sdt garam

BAHAN C :
– 100 gram margarine di lelehkan
– 50 ml minyak goreng
– 1/2 sdt vanilla essence / vanili bubuk
– 2 sdm pasta red velvet / pewarna merah tua
– Buttermilk ( 250 ml susu cair + 1 sdt jeruk nipis / cuka di aduk rata, simpan kulkas 10 menit sebelum pemakaian )

– Bahan frosting sesuai selera
( butter cream, whipcream, cream cheese)
Kalau versi saya :
– Butter Cream sebagai olesan atas dan pinggiran
– whipcream sebagai olesan dalam lapisan cake
– Keju parut
– crumble
– cherry

Cara :
1. Mixer bahan A sampai putih kental berjejak
2. Tambahkan secara bertahap bahan B yg sdh di ayak sebelumnya,aduk rata.
3. Tambahkan bahan C aduk rata tuang ke dalam loyang yang sudah di oles margarine dan tepung. (Saya memakai loyang bulat uk 20 x 20 cm )
4. Kukus kurang lebih 30 menit dgn api sedang (sebelumnya kukusan di panaskan slm 10 menit atau sampai air kukusan mendidih dan pastikan tutup panci sudah di beri kain agar ketika dikukus uap nya tidak jatuh ke adonan cake)
5. Setelah matang angkat, keluarkan dr loyang, tunggu agak dingin, potong menjadi 3 bagian, lalu oleskan whipcream di lapisan pertama dan kedua kemudian tumpuk, oles butter cream untuk atas dan pinggiran ., taburi crumble, keju parut dan beri hiasan cherry .

NO OVEN CREAM CHEESE BUN⁣

By @aniktriwina⁣

Bahan roti :⁣
200 gr terigu segitiga⁣
1 sachet dancow putih (sy skip ga punya)⁣
2 sdm gula pasir ⁣
1 sdt ragi instant⁣
2 sdm butter/margarin ( sy 20 gr butter)⁣
100 ml air hangat⁣
1/4 sdt garam⁣

CARA :⁣
– campur ragi, gula,air hangat, , aduk rata, sisihkan⁣
– campur terigu, susu, garem, aduk rata lalu masukkan campuran air ragi uleni sampe rata,⁣
– masukkan margarin uleni sampe kalis elastis, diamkan 1 jam⁣
– timbang adonan roti 40 pipihkan bulat, isi dgn cream, lalu lipat jd setengah lingkaran, cubit2 pinggirnya biar rapet. .⁣
– panggang di teflon dgn api kecil sampe permukaan kecoklatan balik, panggang lg sampai matang & angkat⁣

CREAM KEJU⁣
300 ml susu cair fresh⁣
1 butir telur⁣
20 gr tepung maizena⁣
50 gr gula pasir⁣
15 gr butter⁣
2 lembar keju kraft⁣
1/2 sdt vanilla extract⁣

CARA :⁣
Campur jadi 1 antara susu cair, gula, maizena dan telur aduk rata lalu didihkan dng api kecil masak hingga meletup”⁣
Masukkan butter aduk hingga leleh⁣
Masukkan keju aduk rata hingga keju leleh⁣
Matikan api, angkat dan tambahkan vanilla extract⁣
Saat masih panas pindah ke mangkok atau wadah lalu tutup dng plastik wrap hingga menempel pada vla/cream nya agar saat dingin tidak ada kerak/kulit kering pada lapisan atasnya⁣
Simpan di kulkas minimal 1 atau 2 jam⁣
Saat mau digunakan aduk dulu dng whisker⁣

Red Velvet

by @fridajoincoffee

Bahan:
120 gram unsalted butter
250 gram gula halus
2 butir telur
1 sdt ekstrak vanila
250 ml buttermilk (250 ml susu cair uht + 1 sdm cuka/air lemon/jeruk nipis)
250 gram tepung terigu
10 gram bubuk coklat murni
½ sdt baking powder
½ sdt baking soda
½ sdt garam
1 sdm cuka
Pewarna makanan merah super

Loyang d24

Cara Membuat:
1. Kocok unsalted butter dan gula halus sampe mengembang.
2. Masukkan telur satu persatu dan ekstrak vanila dikocok sampe mengembang.
3. Masukkan campuran tepung terigu, bubuk coklat, baking powder, baking soda dan garam. Sambil diayak. Masukkan bergantian dengan buttermilk. Sambil diaduk balik hingga tercampur rata.
4. Terakhir masukkan campuran cuka dan pewarna makananan. Aduk balik sampai rata. Penambahan pewarna makanan ini sesuai selera sampai warna yg diinginkan.
5. Panggang dengan suhu 180°C api atas bawah selama 30-40 menit atau hingga matang. Karena aku pengen warnanya jreng nampak jelas jadi aku pake metode loyang ditumpuk diberi kain lap basah, panggang suhu 150°C api atas bawah sampe matang sekitar 1.5jam. Sesuai selera aja yaa.
6. Setelah matang, tunggu sampe cake agak dingin dan kokoh di loyang baru tuang ke cooling rack. Jangan langsung dibalik panas² bisa ambyar.

Cheese Cream Frostingnya aku bikin yg versi meleleh ..
300 gram cheese cream
50 ml whipping cream (suhu ruang) atau susu uht
20 gram kental manis (sesuaikan selera manisnya)

Cara Membuat: kocok cheese cream sampe lembut, masukkan whipping cream dan kental manis. Kocok rata. Siap untuk dituang di atas cake

Bolu Pisang

By: @iqliimazahra

Bahan :
(A)
• 8 Telur
• 300 Gr Gula (kalo kurang suka manis boleh dikurangin).
• 1/2 Sdt Ovalet/SP.
(B)
• 310 Gr Terigu (protein sedang).
• 3 Sdm Susu Bubuk.
• 4 Sdm Minyak Makan.
(C)
• 1/2 Gelas Skm (aku pake gelas belimbing).
• 250 Gr Pisang (aku pake pisang janten). Cara Membuat :
• Kocok bahan (A) gula, telur dan ovalet sampai putih pucat dan kaku.
• Ayak bahan kering (B) terigu dan susu bubuk, masukkan bertahap. Cukup aduk balik pakai spatula aja ya. •Blender bahan (C) pisang dan skm sampai hancur masukan kedalam adonan bertahap jangan langsung semua.
•Jika sudah rata semua bahan baru masukan minyak makan, aduk dengan spatula (aduk balik) jangan pakai mixer.
• Masukan kedalam cetakan kotak ukuran 24×24 lapisi cetakan dengan kertas roti. Aku kasi toping keju parut dan irisan pisang diatasnya. Panggang di suhu 200 derajat sekitar 50mnt. Test tusuk jika sudah tidak lengket berarti sudah matang lalu keluarkan dr loyang. Dinginkan terus potong2.

CAKE OREO LAPIS CREAM CHEESE

rebake @trisulistijani.2908
source @resepkuesimpel dg modif

Bahan Cake Oreo :
2 bks Oreo kemasan 137gr, pisahkan biskuit dengan creamnya
220 ml Susu UHT putih
1/2 sdt Baking Powder

Bahan Lapis Cream Cheese (campur semua bahan dengan menggunakan blender agar tercampur rata) :
63 gr Cream Cheese (suhu ruang)
12 gr Tepung Terigu
1/2 btr Telur
20 gr Gula Pasir
25 ml Susu Kental Manis

Cara buat :
1. Panaskan dandang/pengukusan dengan api sedang. Lapisi tutupnya dengan kain bersih, agar airnya tidak menetes ke adonan.
2. Siapkan loyang bentuk hati ukuran 14×5 cm, alasi dengan baking paper dan oles minyak goreng tipis2 saja. Letakkan loyang dalam pengukusan.
3. Cake Oreo : haluskan biskuit oreo menggunakan blender, sampai bentuknya menyerupai tepung.
4. Tuang oreo bubuk dalam wadah. Tambahkan cream oreo, baking powder dan susu uht. Aduk hingga rata menggunakan whisk (tidak perlu dimixer).
5. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Tuang 1/2 bagian ke dalam loyang. Kecilkan sedikit apinya (agar permukaan cake tidak bergelombang), kukus kurang lebih selama 15 menit.
6. Tuang adonan cream cheese, tutup kembali pengukusan dan lanjutkan mengukus selama 15-20.
7. Terakhir tuang sisa adonan oreo. Kukus kembali selama 15-20 menit atau sampai cake matang.
Angkat dan dinginkan.
Cake Oreo Lapis Cream Cheese siap disajikan.

Bakpia ubi ungu

By @fitrisasmaya

Bahan isian:
170 g ubi ungu kukus haluskan (berat setelah dikukus)
1/8 sdt garam halus
2 sdm gula pasir (tambah jika suka manis)
80 ml santan kental
Satu tetes pasta ubi ungu
1/4 sdt vanili bubuk

Kulit:
Bahan A:
130 g tepung terigu serba guna (protein sedang)
2 sdm gula pasir butir halus
25 g margarine, suhu ruang
40 ml air
1 sdm minyak sayur

Bahan B:
60 g terigu serba guna
1 sdm margarin
1 sdm minyak sayur

Cara membuat:
Buat bahan isian:
Kukus ubi ungu, Haluskan ubi ungu
Siapkan wajan masukkan ubi ungu halus tambahkan gula garam , santan, pasta ubi ungu dan vanilla. Aduk2 sampai kalis, dan bisa dibentuk. bagi menjadi 11 sama besarnya, bentuk2 bulat pipih. Sisihkan

Buat kulitnya:
bahan A:
campur terigu, gula, garam, minyak, margarin lalu susul dengan air (masukkan air sedikit demi sedikit, jika dirasa sudah bisa dibentuk hentikan) aduk2 sampai rata dan uleni sampai kalis
campur semua bahan B, aduk rata.
Ambil adonan A, bagi menjadi 11 buah gilas dengan rolling pin
Lalu ambil satu buah adonan B taruh di atas adonan A, gilas lagi dengan rolling pin, Taruh bahan isian, bentuk bulat pipih.
panaskan oven dengan suhu 180 derajad, panggang 15 menit lalu balik, panggang lagi 15 menit. angkat. Sajikan

Note: *jadi 11 buah *Bisa juga dipanggang di Teflon caranya, panaskan Teflon panggang selama 10-15 menit, balik kan panggang 10 menit, saat memanggang teflon harus d tutup

Butter roll

Source : @resepkuesimpel
rebake : @linasutiono

Bahan :
300 gr terigu pro tinggi
15 gr susu bubuk
40 gr gula pasir
204 gr total timbangan 1 kuning telur dan susu cair dingin
3 gr garam
4 gr fermipan
50 gr unsalted butter

Caranya :
*Campur terigu, susu bubuk, gula, garam dan susu dingin, aduk hingga setengah kalis, masukkan ragi instan dan butter.
*Uleni hingga kalis elastis (melewati windowpane test) angkat lalu diamkan adonan 45 mnt-1 jam di sesuaikan dengan suhu ruang.
*Timbang adonan sesuai selera (sy 60 gr), bulatkan, tata di loyang.
Diamkan hingga double size, kurang lebih 1 jam, tergantung suhu ruang masing2.
*Panaskan oven 175°C atau sesuai oven masing2, oles dengan telur kocok lepas dan susu, perbandingan 1:1
*Bake selama 15 mnt, setelah matang oles lagi dengan extra butter selagi panas.

Talam Ubi Kuning

Recipe : Hobi Masak YT
Recook: @resepkuesimpel
Loyang: 20 cm x20 cm x 7 cm

Lapisan Kuning :
400 gr Ubi kuning
400 ml santan sedang
175 gr gula pasir
150 gr Tepung Tapioka
50 gr Tepung Beras
1/4 sdt vanilli
1/2 sdt garam

Lapisan Putih :
350 ml Santan Sedang
60 gr Tepung Tapioka
40 gr Tepung Beras
1/4 sdt garam

Caranya :
1. Kukus ubi sampai matang kemudian di blender dengan santan + gula pasir sampai halus kemudian tuang di baskom besar dan tuang tepung , garam dan vanilli aduk rata
2. Panaskan kukusan , bungkus tutup kukusan dengan kain supaya air jgn menetes kena adonan
3. Olesin loyang 20 x20x7 cm dengan minyak tipis aja
4. Setelah mendidih tuang adonan dan kukus 25 menit atau sampai matang .
5. Di samping menunggu kita campurkan adonan putih menjadi 1 dan aduk sampai rata ( saring biar tidak bergerindil)
6. Setelah adonan kuning udh matang tuang adonan putih keatasnya Kukus lg 25 menit
7. Angkat dan dinginkan dan tunggu dingin baru dipotong . Biasanya Lysa bikin sore hari setelah dingin tutup plastik melekat pada adonan bagian atas supaya atasnya nanti tidak keras bagian atasnya diamkan di suhu ruangan . Besok di potong potong menurut selera.

BOLU GULUNG SELAI NANAS⁣

Rebake @yulichia88⁣

Bahan:⁣
4 butir kuning telur + 1 butir telur utuh ( jika telurnya cukup besar pakai 1/2 aja putihnya)⁣
60 gram gula halus⁣
30 gram tepung terigu⁣
75 gram butter (cairkan)⁣

Filling: Selei nanas homemade ato sesuai selera⁣

Cara:⁣
Loyang uk 22 x 22 cm diolesi margarin dan alasi kertas roti, panaskan oven dgn suhu 180’C⁣
1. Kocok telur dan gula hingga kental (10-15 menit) masukkan tepung terigu sambil dikocok dgn speed 1⁣
2.Masukkan butter cair bertahap sambil aduk hingga rata dgn spatula⁣
3. Tuang keloyang, panggang sekitar 10-15 menit (tergantung oven masing2) keluarkan dari loyang, dinginkan⁣
4. Oles dgn selei nanas, gulung dan padatkan⁣

Bolu Kukus Mekar⁣

By @litarizkymaulana

Bahan :⁣
225 gr gula pasir (me: 200gr)⁣
2 btr telur⁣
1 sdt cake emulsifier (me: TBM)⁣
250 gr tepung terigu⁣
1 sdt baking powder⁣
150 ml air soda (sprite)⁣

Cara membuat :⁣
Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan cup casesnya. Panaskan kukusan dengan API BESAR biarkan uapnya banyak. Bungkus tutup kukusan dengan kain.⁣

Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 10 menit hingga kental (tergantung miksernya juga ya, pokoknya sampe benar-benar kental deh). Bagi adonan kedalam 2 wadah.

MILK CAKE PANDAN ⁣

By @duwisekararum

Bahan :⁣
– 3 butir telur⁣
– 100gr gula pasir⁣
– 1/2 sdt ovalet / SP⁣
– 1/2 sdt Pasta vanila⁣
– 65 gr Tepung terigu⁣
– 25 gr Susu bubuk⁣
– 2 sdm Susu kental manis ⁣
– 87 ml Minyak sayur ⁣
– Pasta pandan secukupnya ⁣

Bahan pelengkap: cokelat batang pptong2 kecil sesuai selera. .⁣

Topping : Keju parut sesuai selera⁣

Cara buat : ⁣
1. Mixer telur ,gula ,sp/ovalet dalam satu wadah , mixer terus sampai mengembang kental.⁣
2. Masukan vanila , tepung terigu kemudian mixer lagi sebentar hanya sampai tercampur rata. Masukan minyak sayur aduk pakai spatula saja yah biar adonan ga turun.⁣
3. Ambil sedikit adonan untuk layer tengah ,beri susu kental manis & campur , masukan juga cokelat batang yg udah dipptong2 tadi ,sisihkan.⁣
4. Sisa adonan yg banyak beri pasta pandan sampai aroma & warna hijaunya kelihatan bagus . Bagi jadi 2 yah dikira2 aja .⁣
5. Masukan adonan hijau pertama kedalam loyang ukuran 22×10 yg sudah dialasi kertas roti yah , kemudian kukus -+15 menitan / sampai matang tes tusuk aja. ⁣
6. Masukan adonan putih yg ada ptongan cokelat tadi keatas adonan hijau yg udah matang (untuk layer tengah),kukus kembali -+10 menit .⁣
7. Yang terakhir masukan adonan hijau yg kedua yah ,kulkus lagi -+20 menit sampai matang (tes tusuk aja) kalo udah ga lengket ditusukan berarti sudah mateng.⁣
8. Angkat ,tunggu dingin ,lalu kasih buttercream diatas cake nya ,kasih parutan keju sesuai selera dan sajikan .⁣

CHOCOLATE CHIFFON CAKE

by @rita_siucien .

BAHAN A :
7 kuning telur .
220 gr susu cair rasa coklat .
160 gr trigu pro rendah .
20 gr bubuk coklat .
20 gr maizena.
1 sdt BP .
120 gr minyak goreng .
Garam scukup ny.

BAHAN B :.
7 putih telur .
200 gr gula pasir yg sdh di blender.
1 sdt cream of tartar.

CARA BUAT :.
1. Pertama ayak dhulu trigu, maizena, coklat bubuk dan BP. Sisih kn.
2. Panaskn oven dngn suhu 150⁰ trlebih dahulu .
3. Cmpur jd satu smua bahan A. Lalu aduk pakai whisk hingga bnr2 trcmpur rata. Sisih kn.
4. Pd bahan B. Mixer putih telur bersama cream oftartar hingga mulai berbusa. Masukan gula sdikit2 scara bertahap . Lalu mixer trs hingga mengembang stiff peak. Matikan mixer.
5. Masukan kocokan putih telur ke adonan coklat scara bertahap ( me sampai 4x ). Aduk lipat pk spatula hingga rata smua.
6. Tuang adonan ke dlm loyang chiffon tnp olesan. Hentakn perlahan bbrp kli. Lalu panggang hingga matang kurleb -/+ 60menit dan sesuaikn oven masing2 ( me sampai 70menit dngn suhu 150⁰ ).
7. stelah matang, tangkupkn loyang chiffon hingga suhu ruang. Kluarkn dr loyang dan siap di potong2 .

SPIKU KENARI

Bake by @linagui.kitchen
u/ 2 loyang 16x16cm

Bahan A :
15 butir Kuning Telur (timbang 275gram)
110 gr Gula halus
1 sdt SP (boleh Skip jika telur fresh)
1 sdt Vanilla Extract
Bahan B :
50 gr T. Protein Rendah
10 gr T. Maizena
15 gr Susu Bubuk
Ayak semua bahan menjadi 1 wadah
Bahan C :
150 gr Butter / Margarine 1:1
2 sdm Susu Kental Manis (aku skip)

Taburan : kacang kenari cincang
Selai strawberry

Cara membuat :
1. Kocok/Mixer bahan C sampai rata & lembut, sisihkan
2. Kocok/Mixer bahan A, kuning telur dan gula halus dgn speed sedang sampai gula larut, tambahkan vanilla extract & SP jika pakai, lalu mixer kembali speed tinggi sampai benar2 terasa kental pucat (paling diperhatikan step bagian ini)
3. Masukkan semua bahan B yg sdh diayak kewadah bahan A, aduk balik pelan2 (jangan over mix, bisa bantat)
4. Kemudian tuang adonan kewadah bahan C/mentega yg sdh dikocok, aduk balik sampai rata
5. Tuang keloyang persegi uk 16cm = 2 buah loyang yg sdh dialasi kertas & diolesi mentega pd sekeliling loyang. Beri taburan kacang kenari
6. Oven dgn suhu 180 derajat Celcius api atas dan 190 derajat api bawah selama 20 menit
(Sesuaikan oven masing-masing)
Aku pakai OVEN LA DORE SIGNORA

Setelah matang, balikkan kue dari loyang lalu dinginkan sebentar. olesi tipis saja salah satu permukaan dgn filling selai sesuai selera kemudian baru tumpuk menjadi satu
*Rapikan sisinya & potong sesuai selera.

Pisang Bolen⁣⁣

by Bunda @fen.z⁣⁣

Resep Kulit:⁣⁣
• Bahan A (Water Dough)⁣⁣
300g tepung cakra⁣⁣
110g mentega (campur margarin)⁣⁣
110g air⁣⁣
2sdm gula halus⁣⁣
– Campur semua bahan, bulatkan, bungkus plastik wrap. Istirahatkan 15 menit⁣⁣
• Bahan B (Oil Dough)⁣⁣
160g tepung cakra⁣⁣
120g mentega (campur margarin)⁣⁣
– Campur semua bahan, bulatkan, bungkus plastik wrap. Istirahatkan 15 menit.⁣⁣
⁣⁣
Olesan:⁣⁣
1 butir kuning telur, 1/2 sdm susu kental manis campur rata⁣⁣
⁣⁣
Bahan lain:⁣⁣
– Pisang secukupnya untuk isian, di pan fry dulu dengan sedikit margarin.⁣⁣
– Coklat filling atau nutela⁣⁣
– keju cheddar potong2 ⁣⁣
Cara membuat kulitnya:⁣⁣
– Bagi adonan A 30g, adonan B 15g (kira2 dapat 18pcs) bulatkan 1 per 1.⁣⁣
– Ambil 1 adonan A pilihkan gilas dengan rolling pin, isi dengan adonan B pipihkan sedikit, lipat seperti amplop. Gilas adonan memanjang, lipat single fold, ulang 1x lagi. (Geser untuk video amatir kalau mau yg lebih jelas bisa liat di youtube banyak yg upload cara melipatnya)⁣⁣
– Setelah semua adonan selesai dilipat, ambil 1 adonan, gilas (bagian tengah jangan digilas terlalu tipis), beri coklat filling dan pisang. Lipat seperti amplop, susun kedalam loyang yang sudah dioles margarin dan alasi baking paper.⁣⁣
Lakukan sampai adonan habis.⁣⁣
– Oles dengan bahan olesan dan taburkan dengan coklat meses /keju parut. – Oven dengan suhu 180°c sampai matang⁣⁣

Englisher Cake

Made by : @fenita.d2

Bahan Cookies
Bahan A :
110 gr mentega
35 gr gula halus
1 kuning telur
170 gr terigu
10 gr susu bubuk
Vanilla bubuk sedikit saja (me : skip)

Tambahan :
~ Secukupnya selai strawberry.
~ Secukupnya kacang almond .
~ Secukupnya kuning telur di campur minyak sayur dan sedikit susu cair , aduk rata .

Cara :
~ Letakan cake d loyang dgn ukuran yg lebih lebar (me : 26 x 26 x 4) yg sdh d alas baking paper tanpa d oles margarin (resep cake d postingan sebelah)
~ Campur mentega + kuning telur + gula halus aduk hingga rata dgn spatula saja lalu masukan terigu + susu bubuk , boleh d ulen sebentar dgn tangan biar adonan menyatu.
~ Bagi adonan jd 2 lalu masing2 adonan d gilas tipis. Satu bagian d cetak dgn cutter sesuai selera dan satu bagian lg d bentuk kotak sesuai ukuran loyang cake 18×18 cm (Silahkan lihat d gambar)
~ Oles tipis permukaan cake dgn selai strawberry lalu letakan bahan cookies d atas cake dan ratakan. Lalu susun jg bahan cookies yg sdh d cetak dgn cutter d atas nya lagi. Lalu beri garis dgn pisau.
~ Oven dgn suhu 125°c selama 20 menit api atas saja / hingga matang.
~ Keluarkan dr oven dan biarkan dingin. Lalu poles kuning telur dan tabur kacang almond (me : setelah d tabur kacang almond d oles lg dgn kuning telur) lalu oven kembali dgn suhu 125°c selama 15 – 20 menit api atas saja hingga matang. Sesuaikan dgn oven masing2 ya.

BOLU SAKURA EGGLESS

By tyasprabowo

Bahan :
200 gr Terigu Protein Sedang
1/2 sdt Kayu Manis Bubuk
1/2 sdt Baking Soda
1/2 sdt Baking Powder
50 gr Margarin

Sirup Karamel :
200 gr Gula Pasir
300 ml Air Panas

Cara Membuat :
1. Dalam wadah campur terigu, kayu manis bubuk, baking soda, baking powder. Sisihkan.
2. Sirup Karamel : panaskan gula pasir dengan api kecil sampai mencair, jangan diaduk. Setelah mencair masukkan air panas bertahap sedikit-sedikit sambil diaduk (hati-hati karena akan sedikit memercik), biarkan sampai mendidih jangan sampai gosong, matikan api.
3. Diamkan sirup Karamel hingga agak hangat, masukkan margarin, aduk-aduk hingga margarin mencair.
4. Tuang 1/2 bagian sirup caramel ke dalam tepung, aduk sampai tidak bergerindil baru masukkan sisa Karamel, aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan (tidak penuh 3/4 bagian) yang sudah dioles margarin tipis.
6. Kukus dengan api sedang 15-20 menit. Jangan lupa tutup dialasi serbet supaya air tidak menetes ke adonan.
7. Bolu Sakura siap dinikmati.

Bolu Kojo Labu Kuning⁣

By wulanwidyayukti⁣

Bahan : ⁣
400gr labu kuning kukus⁣
250ml santan kental⁣
5 butir telur⁣
1.5 gelas gula⁣
250gr tepung terigu segitiga⁣

Cara Memasak :⁣
1. Labu dan santan di blender sisihkan⁣
2. Kocok gula dan telur⁣
3. Masukkan labu dan santan yg sdh di blender tadi.⁣
4. Masukan sedikit demi sedikit terigu⁣
5. Panggang di baking pan yg sudah di olesi margarin kurang lebih 1jam dengan api sedang.⁣..

BOLU JADUL PANDAN

by : @dapur.shanty__6
#dapurshanty__6

BAHAN :
2 butir telur
2 butir kuning telur
50 gr gula pasir
1/4 sdt Sp

50 gr tepung terigu
20 gr bubuk susu full cream
10 gr maizena

60 gr margarin/butter leleh
1/2 sdt pasta pandan

Topping
Butter cream moka
Meses coklat

CARA MEMBUAT :
Siapkan loyang suncity uk 15×5,3cm oles margarin tipis sisihkan
Panaskan oven suhu 180’c
Lelehkan margarin/butter sisihkan
Mixer telur, gula, sp lebkur 8mnt atw sampai kental berjejak lalu matikan mixer aduk tepung pake spatulla lalu margarin aduk balik sampai tercampur rata lalu pasta, tuang ke loyang lalu oven suhu 180’c api atas bawah 35-40mnt atw sampai matang sesuaikan oven masing2

“Pukis Jeruk / Pukis Nutrisari”

Oleh: @dapoermbahhardjo

Bahan biang:
2 sdm ragi
2 sdm air hangat
1sdm gula pasir

Bahan lain:
3 telur ukuran besar
200 gr gula (klo tanpa sukade ini kurang manis)
125 gr terigu protein sedang
125 gr terigu protein tinggi
Sejumput garam
90 gr mentega (lelehkan)
300 ml susu
40 gr (susu) kental manis
2 Nutrisari rasa jeruk
Sukade secukupnya

Cara Membuat:
1. Campur bahan biang. Sisihkan, tunggu sampai berbuih & mengembang.
2. Kocok telur dan gula hingga cukup mengembang. Bisa juga dengan wisker sampai gula larut.
3. Kecuali nutrisari, masukkan bahan lain secara berselang-seling. Kocok/aduk rata.
4. Diamkan kira2 1 jam atau hingga mengembang (tergantung suhu udara).
5. Masukkan nutrisari dan aduk rata sambil menghilangkan gelembung2 udaranya.
6. Tuang setinggi 3/4 di cetakan pukis yang telah dipanaskan sebelumnya. Taburi dengan sukade.
*Karena kebetulan ada banyak sukade, sebagian sukade saya masukkan di adonan.

Brownies Susu Bandung

Resep dari @hidayatchefkoko
Recook @resep.anekakue

Pakai loyang 4 loyang uk 20x10x5

Bahan A
8 butir telur utuh ( 400 gr )
1/2 sdt garam halus
160 gr gula pasir
10 gr Emulsifier ( Sp )

Bahan B ( ayak )
30 gr susu bubuk full cream
1 sdt BP
190 gr terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
Catatan : bahan B dibagi dua sama rata, satu bagian tambahkan coklat bubuk untuk lapisan coklat

Bahan C
100 gr cake margarine ( lelehkan )
100 gr minyak goreng
1 sdt essense condence milk ( aku pake vanila)
60 gr susu evaporasi
Catatan : bahan C ini dibagi dua sama rata.

Bahan D ( untuk lapisan coklat )
15 coklat bubuk
50 gr DCC ( lelehkan )
1 sdt Pasta coklat .

Bahan Olesan Brownies :
4 sdm Kental manis
2 sdm cake margarine
Cara: mixer sebentar hingga rata
Keju chedar parut secukupnya. .

Cara :
👉 Kocok bahan A sampai mengembang dan kental, bagi dua adonan ini sama rata
👉 masukan bahan Kering pada masing2 adonan ( untuk lapisan putih dan coklat ) , aduk rata
👉 Kemudian masukkan bahan C ( dibagi 2 ) pada masing2 adonan putih dah coklat. Untuk adonan coklat tambahkan DCC leleh dan pasta coklat. Aduk rata
👉 masukkan kedalam loyang alasi dgn baking paper ( 4 loyang uk 20x10x5 ) , dua loyang untuk lapisan putih, dua loyang utk lapisan coklat
👉Kukus selama 20 menit. Angkat dna biarkan dingin. Kemudian lapisi dengan bahan olesan dan beri topping keju chedar parut. .

BINGKA SINGKONG⁣

By @nisaulfa_

Bahan:⁣
1 kg singkong parut⁣
400 ml santan kental⁣
210 gr gula pasir (tambahkan jika suka lebih manis)⁣
2 butir telur ukuran besar⁣
50 gr tapioka⁣
50 gr margarin (lelehkan)⁣
½ sdt garam⁣
1 sdt vanili⁣
Pewarna makanan kuning telur⁣

Bahan oles:⁣
Olesan 1 butir telur⁣
1 tetes pewarna kuning telur⁣
secukupnya Wijen utk taburan⁣

Cara membuat:⁣
Semua bahan dicampur rata, kemudian masukkan ke dalam loyang ukuran 20, yg sebelumnya sudah dialasi dengan kertas roti.⁣
Panggang dalam oven selama 30 menit.⁣
Setelah 30 menit/ setengah matang, keluarkan dari oven, olesi telur dan taburi dengan wijen.⁣
Kemudian masukan oven lagi sampai matang kurleb 30 menit.⁣
Setelah matang, tes tusuk. Angkat, dinginkan. Kemudian potong-potong. Sajikan.⁣

Muffin pisang coklat ala

@pawon_cilikku

Bahan
245 grams tepung terigu
40 grams coklat bubuk
2 sdt baking powder
1/2sdt bubuk kayu manis
100 grams gula palem
50 grams gula pasir
200 g pisang yg sudah matang
2 sdm susu kental manis
2 butir telur
120 ml minyak sayur
1sdt vanilla essence
120 ml susu cair
1/2 sdm air jeruk nipis
100 grams chocolate chips
50 g dark cooking chocolate cincang agak besar.

Cara
1. Panaskan Oven suhu 180 Celsius. Siapkan cup muffin.
2. Campur susu dan air jeeuk. aduk. biarkan selama 15 menit. Sisihkan 3. Hancurkan pisang sampai lembut. Aduk dg susu kental manis. Sisihkan.
4. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Aduk dan campur rata semua bahan kering. Buat lubang di tengah. Sisihkan.
5. Kocok lepas telur, Campur dan aduk rata dg bahan basah yg lain. Tuang kedalam bahan kering. Aduk perlahan. Masukkan pisang. Aduk rata, jangan berlebihan mengaduk. Masukkan chocolate chips. Aduk rata.
6. Tuang ke cup hingga setengah cup. Taruh cincangan dcc. Timpa dengan adonan muffin sampai hampir penuh. Panggang dg suhu 180 selama 20-25 menit. Sesuaikan dg oven masing-masing.

CHOCOLATE STEAM CAKE / brownis kukus

rebake @vitakwee

Bahan :
6 butir Telur
225 grm Gula Pasir
1/2 sdt Emulsifier /sp
vanila paste / vanili bubuk
sejumput garam

125 grm Tepung Terigu Protein Sedang
1/2 sdt baking powder
50 grm Cokelat Bubuk
100 grm DCC
175 ml Minyak Sayur

cara membuat :
Panaskan kukusan
Lelehkan DCC, campur dengan minyak sayur, aduk rata, sisihkan.

Kocok telur, gula, garam ,vanila, dan sp hingga mengembang.
masukan tepung terigu, baking powder dan cokelat bubuk sambil diayak. Aduk rata.
Masukkan campuran DCC leleh dan minyak sayur ke dalam adonan, aduk rata.
tuang adonan dalam loyang 24cm yg sudah oles butter kukus kurang lebih 45/50menit hingga matang dengan api kompor sedang. angkat biarkan cake dingin.
NOTED : untuk resep uk 24cm saya bikin 1 1/4 resep diatas sumber resep Ny.liem ( Enakkk banget, brownisnya super Moisttt 😋😋)

BAHAN GANACHE ekonomis
100 ml susu cair UHT
200 grm DCC, potong kecil2
2 sdm unsalted butter / bisa ganti madu
cara ===> panaskan susu tidak perlu mendidih , masukan DCC aduk hingga meleleh. masukan butter aduk rata. biarkan uap panas hilang, siram ke permukaan cake.

untuk hiasan saya pakai COKLAT THAI TEA secukupnya dilelehkan, masukan dalam pipig bag ulir sesuai selera. biarkan set dulu baru potong sesuai selera.



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/2TNV2vY
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel