-->
Inilah 30 Resep Minuman , kolak , Dan Es Campur Segar Mantap Di minum Pas Musim Kemarau Mantap

Inilah 30 Resep Minuman , kolak , Dan Es Campur Segar Mantap Di minum Pas Musim Kemarau Mantap

Bagikan :

Inilah 30 Resep Minuman , kolak , Dan Es Campur Segar.. Selamat Mencoba..

Es cincau

@lusiaa_vv

Bahan:
1ptng cincau
1bh mangga
1/2bngks agar”
2sachet nescafe coffee
1sachet skm
11/2gelas air panas
Es batu
Cara:
Didihkan agar2 dngn 1gelas air bunga telang+3sndk mkn gula.dinginkan lalu potong”.ptng” cincau siram air panas.mangga ptng”.seduh nescafe+susu skm dngn air panas,biarkan dingin.dlm wadah campur semua bahan lalu tmbhkan es batu…jadiiiii dehπŸ‘Œ..siap diseruputtttt…segerrrrrrrrrrrr

By @giacintapermana

Bahan Es :
800 ml santan dari 1 butir kelapa
200 gr gula pasir
Kelapa parut dari 1 butir kelapa setengah tua
Pelengkap :
100 gram tape singkong
100 gr Tape ketan hitam
200 gram nangka kuning
250 gram kolang kaling, rebus
1 buah alpukat
1 sachet susu kental manis
Langkah
Campur santan, gula dan aduk, jerang di atas kompor. Aduk-aduk Sampai gula larut dan santan mendidih. Angkat. Setelah dingin, pindahkan dalam wadah. Simpan dalam freezer biarkan beku.

Keluarkan dari freezer, keruk dengan sendok, taruh di wadah dan haluskan dengan mixer Masukan lagi ke dalam wadah bekukan lagi. Lakukan 2 sampai 3 kali hingga halus.

Saat mixer yang kedua kali campur dengan kelapa parut, aduk rata. Bekukan kembali.

Siapkan semua topping, potong kecil alpukat, nangka dan tape singkong. Kalau kolang kaling fanta biarkan utuh. Cara buat kolang kaling Fanta lihat pada resep saya.

Keluarkan es dari freezer, keruk pake scop es krim atau sendok taruh dalam mangkuk atau gelas saji. Beri topping, tambahkan susu kental manis. Sajikan.

THAI ICED MILK TEA WITH BOBA

@banususanto

Beberapa bulan ini saya dan istri lagi gandrung dengan teh susu Thailand. Mulai dari dicampur krimer kental manis seperti outlet-outlet di mall atau kaki lima hingga kita coba-coba dengan campuran lainnya. Resep ini yang paling cocok di lidah kami. Rasa teh Thailand yang khas dikombinasikan rasa gurih dari krimer bubuk (ini bintangnya) dan susu cair, serta tambahan rasa legit dari gula palem.

Bahan:
400 cc air
600 cc susu cair full cream
3 sdm teh Thailand
4 sdm gula palem
4 sdm gula pasir
6 sdm krimer bubuk
1 cup boba (bubble tea)
Whipped cream secukupnya
3 sdm kacang almond cincang, sangrai sebentar
saus karamel secukupnya
es batu secukupnya
Cara membuat:
1. Rebus air bersama teh Thailand, gula palem, dan gula pasir hingga mendidih. Lanjutkan merebus sekitar 5-10 menit dalam api sedang. Diamkan beberapa saat hingga dingin sendiri agar aroma lebih meresap, lalu saring (hasilnya sekitar 300cc)
2. Susun boba di dasar gelas, taruh es batu di atasnya
3. Masukkan ke dalam botol larutan gula teh, susu cair, dan krimer bubuk. Kocok dengan cepat hingga semua bahan tercampur rata dan sedikit berbuih
4. Masukkan kocokan teh susu ke dalam gelas
5. Tambahkan whipped cream di atasnya sebagai float, taburi dengan kacang almond cincang, tambahkan saus karamel di atasnya
6. Siap disajikan, minum selagi dingin
Untuk 3 porsi
SELAMAT MENCOBA

Es Semangka Susu

By: @fatma_kurnia

Bahan-bahan:
250gr daging buah semangka
2 shaset SKM putih
Syrup Marjan merah secukupnya
Air es secukupnya ..

Cara Membuat:
Siapkan mangkuk
Masukkan semua bahan
Aduk rata ..
Tuang di gelas saji
Simpan di Dalam Kulkas

ES XIMILU

by @shafur.bajry

Bahan :
Strawberry
Kiwi
Melon
Semangka
Anggur
Lengkeng
Jelly parut
Selasih
Cremer (seduh dengah air hangat )
Gula syrup/gula cair secukupnya

Caranya :
– Potong buah²an sesuai selera pindahkan dalam mangkuk, masukan jgjelly parut dan selasih kemudian tambahkan cremer dan gula syrup nya
– Tambahkan air sesuai selera aduk rata.
– Boleh ditambahkan esbatu.
– Siap disajikan.

ES PISANG IJO

By @agustialidya88

Bahan Pisang Ijo :
6 buah pisang kepok/tanduk/pisang nangka
65 gr tepung beras
65 gr tepung terigu
200 ml air perasan daun pandan dan daun suji
60 ml santan instan
2 sdm gula pasir
1 sdt garam
1 sdm margarin

Bahan saus :
1 liter santan
70 gr tepung beras
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 helai daun pandan, simpulkan

Pelengkap :
Secukupnya es serut
Secukupnya kental manis
Secukupnya sirup coco pandan

Cara Membuat :
– Campur semua bahan untuk membuat pisang ijo kecuali pidang dan margarin, aduk hingga rata lalu saring hingga tidak ada yg bergerindil. Masak dengan api kecil sambil diaduk sampai meletup letup lalu masukkan margarin, aduk hingga rata sampai kalis. Tuang dalam loyang yang sudah dialasi daun pisang lalu Kukus selama 10 menit. Tunggu hingga uap panas hilang.
– Keluarkan adonan pisang ijo dari loyang, uleni hingga kalis elastis. Bagi menjadi 6 bagian. Ambil 1 bagian kulit, letakkkan pada alas plastik atau daun pisang lalu tekan2 hingga permukaan pipih, letakkan 1 buah pisang ditengah2 eratkan ujungnya. Lakukan hingga habis. Alasi kukusan dengan daun pisang, kukus selama 15 menit, lalu tunggu hingga dingin.
– SAUS : Tuang semua bahan saus dalam wadah, aduk hingga rata, lalu saring hingga tidak ada yg bergerindil. Tuang dalam panci tambahkan daun pandan, masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup letup. Matikan api tunggu hingga dingin.
– Penyajian : dalam mangkok tuang es serut secukupnya, lalu tambahkan saus putih, dan tambahkan irisan pisang ijo diatasnya, siram dengan kental manis dan sirup coco pandan. Siap disajikan

ES JELLY ROSELLA

By @amanda_gardentotable

Bahan-bahan :
Sirup rosella :
30 kelopak rosella segar
250 gr gula pasir
250 ml air

Jelly rosella :
15 gr bubuk jelly plain
150 gr gula pasir
650 ml air
Sirup rosella secukupnya
Ampas rebusan sirup rosella (di langkah2 akan dijelaskan)

Pelengkap :
Susu cair
Es batu

Langkah – langkah :

1). Pertama – tama, pisahkan kelopak dengan seed pod. Lalu cuci bersih. Rebus kelopak rosella dengan air dan gula pasir.

2). Rebus hingga kelopak lunak dan air mulai mengental. Matikan api dan biarkan hingga dingin. Lalu saring untuk memisahkan sirup dengan ampas. Gunakan sirup untuk campuran minuman, dan gunakan ampas untuk campuran jelly.

3). Rebus semua bahan jelly beserta ampas sirup tadi (bisa dimasukkan semua, bisa separuhnya saja). Masak hingga mendidih, lalu tuang kedalam wadah. Dinginkan dan biarkan jelly hingga padat (lebih enak di diamkan dlu dikulkas semalaman)

4). Potong2 jelly sesuai selera.

5). Penyajian : Siapkan gelas, masukkan sirup, es batu, jelly, lalu tuangkan susu cair. Sajikan.

King Mango Thai Homemade

by @chintamaria28

πŸ₯­ Bahan es krim mangga :
πŸ’› 1 Buah Mangga
πŸ’› 50 gram Whipped Cream Bubuk
πŸ’› 100 ml Air Es
πŸ’› 2 sdm Gula pasir (optional)
πŸ’› 2 sdm Susu Kental Manis (optional)
πŸ₯­ Kupas dan potong2 buah mangga kemudian blender..sisihkan
πŸ₯­ Campur whipped cream bubuk dan air es lalu tambah gula pasir/susu kental manis mixer sampai kaku..lalu tuang mangga yang telah di blender tadi..aduk rata sampi semua tercampur..kemudian masukkan frezzer

πŸ₯­ Bahan Cream:
πŸ’› 100 gram whipped cream bubuk
πŸ’› 200 ml air es
πŸ’› 6 sdm Susu Kental Manis
πŸ₯­ Campur semua bahan lalu mixer sampai kaku..atau biar praktis boleh diganti denga whipped cream yang udah jadi

πŸ₯­ Bahan Jus Mangga :
πŸ’› 1 Buah Mangga
πŸ’› 250 ml Air
πŸ’› 600 gram Es Batu
πŸ’› 6 sdm Gula Pasir (optional)
πŸ₯­ Kupas dan potong2 mangga kemudian campur dengan air,es batu dan gula lalu blender hingga jadi jus mangga

πŸ₯­ Topping : 1 Buah Mangga (kupas dan potong dadu

πŸ₯­ Saran Penyajian :
Siapkan gelas lalu masukkan jus mangga kemudian tuang whipped cream lalu tuang es krim mangga kemudian beri potongan mangga..King Manggo Thai Homemade siap di nikmati..Selamat Mencoba

ES CENDOL GULA MERAH ⁣

Ala @yunita_princess ⁣

BAHAN CENDOL :⁣
100 grm Tepung Beras ⁣
500 ml Air ⁣
1 bungkus Nutrijel Tanpa Rasa ⁣
Secukupnya Pewarna Makanan ⁣
Secukupnya Air Es⁣

Cara Membuat : ⁣
1. Campurkan semua bahan jadi satu, aduk rata. ⁣
2. Masak diatas api kecil hingga kental dan licin, angkat⁣
3. Masukan kedalam plastik segitiga ⁣
4. Masukan cendol kedalam air es dengan cara menekan cendol yang ada didalam plastik segitiga. (jika ada cetakan cendol itu lebih baik ya) ⁣
5. Biarkan cendol hingga benar2 setel. Kemudian saring. ⁣
BAHAN GULA MERAH :⁣
180 grm Gula Merah ⁣
20 grm Gula Putih⁣
1 sdt Vanili ⁣
1 ikat daun pandan ⁣
50 grm Nangka cincang/blender⁣
300 ml air ⁣
2 sdm Tepung Maizena, cairkan dengan air⁣

Cara Membuat : Campurkan semua bahan kecuali tepung maizena. Masak dengan api kecil, tambahkan cairan tepung maizena, aduk hingga mengental. Angkat. Sisihkan⁣

BAHAN SANTAN :⁣
200 grm Santan Kara ⁣
300 grm Air⁣
50 grm Susu Kental Manis (boleh ditambahkan sesuai selera lidah untuk tingkat kemanisan)⁣
1 sdt Garam ⁣
1 ikat Daun Pandan ⁣
1 sdt Vanili Cair ⁣
Cara Membuat : Rebus dengan api kecil semua bahan santan, hingga mendidih, angkat dan sisihkan. ⁣
BAHAN TAMBAHAN : ⁣
Secukupnya Nangka, potong dadu ⁣
Secukupnya Es Batu ⁣

CARA PENYAJIAN : ⁣
1. Letakan Saus Gula merah didalam gelas masukan nangka, cendol, es batu, santan, dan tutup dengan nangka kembali. ⁣
2. Es Cendol siap disajikan.

MANGO SAGO

By @dira_kitchen

Bahan Jelly :
1bks nutrijel rasa mangga
3sdm gula pasir
700ml air
Masak jelly seperti petunjuk di kemasan, dinginkan, potong kotak2 kecil

100gr sagu mutiara
50gr gula pasir
Air secukupnya
Masak sagu mutiara sampai bening, dinginkan

3 buah mangga uk besar
Setengah diblender halus, setengahnya dipotong dadu kecil
Saya potong2 semua mangganya, tanpa diblend

1 kaleng susu evaporasi
Susu kental manis secukupnya
Nata de coco

Penyelesaian
Campur semua bahan, koreksi rasa, siap disajikan lebih enak ketika dingin

BUBUR KACANG IJO

By @yanti_kitcheen

Bahan bubur kacang ijo :
200gr kacang hijau (rendam 1jam )
130 ml santan kental
120 gr gula merah
50 gr gula pasir
3 cm jahe
2 ikat daun pandan
1 sdt garam
Air secukupnya
2 sdm tepung beras (larutkan dg sedikit air)

Sagu Mutiara :
50 gr sagu mutiara
700 ml air
2 sdm gula pasir
2 lembar daun pandan simpulkan
⏩Siapkan slow cooker R-88 dari @mito.id ,didihkan air kemudian masukan sagu mutiara,masak dengan mengunakan metode 5.30.7 kemudian masukan daun pandan dan gula ,aduk rata ,sisihkan )

Saos Santan :
350 ml santan kental
1 sdm tepung beras (larutkan dg sedikit air)
Garam sesuai selera
⏩Rebus hinnga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk ,angkat saring )

Pelengkap :
Nangka dan Roti

Cara Membuat :
⏩ Bubur kacang ijo:
siapakan slow Cooker R-88 dari @mito.id ,kemudian didihkan air masukan kacang hijau ,daun oandan masak Menngunakan metode 5 .30.7
Kemudian masukan gula merah,gula pasir ,santan ,garam aduk rata ,tambahkan larutan tepung beras aduk rata
⏩Bubur siap disajikan dengan topping dan kuah santan.

Bubur Candil Nangka⁣⁣⁣⁣⁣

By @desy_mommydd⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣
Bahan :⁣⁣⁣⁣⁣
Bahan Candil⁣⁣⁣⁣⁣
200 gram tepung ketan⁣⁣⁣⁣⁣
120 ml air hangat⁣⁣⁣⁣⁣
Sedikit garam⁣⁣⁣⁣⁣

Cara membuat :⁣⁣⁣⁣⁣
Campurkan semua bahan masukan air hangat sedikit demi sedikit ya sampai kalis dan bisa dibentuk bulat bulat kemudian sisihkan⁣⁣⁣⁣⁣

Bahan bubur candil:⁣⁣⁣⁣⁣
200 gram gula merah⁣⁣⁣⁣⁣
750 ml air⁣⁣⁣⁣⁣
2 lembar daun pandan⁣⁣⁣⁣⁣
3 sdm tepung tapioka⁣⁣⁣⁣⁣
2 sdm tepung ketan⁣⁣⁣⁣⁣
150 gram nangka⁣⁣⁣⁣⁣

Cara membuat:⁣⁣⁣⁣⁣
1. Masak air , gula jawa dan daun pandan hingga gula larut dan air mendidih kemudian saring⁣⁣⁣⁣⁣
2. Masukan candil mentah masak 10 menit sampai candil matang⁣⁣⁣⁣⁣
3. Campur tepung tapioka dan tepung ketan dan beri sedikit air kemudian tuang ke dalam bubur candil aduk rata sampai mengental⁣⁣⁣⁣⁣
4. Masukan nangka dan masak sebentar saja, matikan kompor dan sisihkan

Kuah santan⁣⁣⁣⁣⁣
1 sachet santan instan 65 ml⁣⁣⁣⁣⁣
100 ml air⁣⁣⁣⁣⁣
2 lembar daun pandan⁣⁣⁣⁣⁣
Garam sedikit⁣⁣⁣⁣⁣

Cara membuat:⁣⁣⁣⁣⁣
Panasakan semua bahan sampai mendidih
Siap disajikan bersama⁣⁣⁣⁣⁣

BUBUR SUMSUM LEMBUT

By @wawawiati

Bahan bubur sumsum:
60 g tepung beras
40 g tepung maizena
1 sdt munjung tepung tapioka
Sejumput garam
1 liter santan

Saus gula merah:
200 g gula merah
1 sdm gula pasir
Sejumput garam
400 ml air
1 lembar daun pandan

Cara buat:
Rebus semua bahan saus gula sampai mendidih gula larut. Matikan api. Saring. Sisihkan
Campur semua tepung dan garam, aduk rata dalam panci. Tuangi santan. Aduk sampai tidak ada yang bergerindil. Masak dengan api kecil sampai meletup letup, kental dan mengkilat. Matikan api. Tuang ke dalam mangkuk, biarkan dingin.
Sajikan dengan saus gula merah.

Coffee Jelly Dessert

Bahan
1 bungkus jelly bubuk plain
200 gr gula pasir atau sesuaikan selera
2 sdt kopi bubuk tanpa ampas
700 ml air

Bahan cair
300 ml kental manis
200 ml susu cair
370 ml susu evaporasi

Cara membuat
1. Masak jelly, gula pasir, kopi bubuk dan air hingga mendidih. Angkat dan tuang ke cetakan. Biarkan set dan dingin
2. Campurkan semua bahan cair, aduk rata dan masukkan jelly yang sudah set
3. Simpan di kulkas, sajikan dingin

ES BONGKO

Oleh : @yulichia88

Bahan :
100 gram tepung hunkwee
800 ml santan dari 1 butir kelapa, blender dgn daun pandan + daun suji ( aku pake pasta pandan homemade)
75 gram gula pasir
Sejumput garam
1/2 sdt vanili bubuk

Cara:
1. Campur semua bahan, aduk rata, masak hingga mendidih dan meletup2
2. Angkat, tuang dalam cetakan, dinginkan potong2 disajikan dgn kuah santan gula merah

Sirup gula merah:
150 gr gula merah, 1 sdm gula pasir, garam, daun pandan ikat simpul, 500 ml air, rebus semua bahan smp mendidih, saring.. Tambahkan bubuk krimer 3 sdm aduk2 test rasa (bubuk krimer bisa ganti santan, sesuai selera ya)

Penyajiannya:
Tempatkan dlm 1 wadah bongko yg sdh dipotong2 lalu siram dgn cairan gula merah sajikan dgn tambahan es batu lbh seger

Pudding Nutrijell Vanilla

@puddingnutrijell

Bahan:
1 bungkus Pudding Nutrijell Vanilla
500 ml Air
150 g Anggur merah
2 buah Kiwi
1 buah Melon Cantaloupe
1 kaleng Buah potong
1 kalenv Buah Ceri Merah
1 kaleng Buah Leci
50 g Whipped Cream

Cara membuat:
1. Masak Pudding Vanilla dengan air hingga mendidih. Taruh di suhu ruang hingga tidak berasap
2. Scoop buah Melon dengan Melon Baller. Potong sisa melon yang masih menempel dengan kulit berbentuk kotak-kotak sekitar 2×2 cm
3. Potong kotak-kotak Buah Kiwi ukuran sama. Tiriskan buah kaleng, buah Leci dan Ceri. Belah 2 Anggur dan buang biji.
4. Masukkan buah-buahan kecuali buah Leci, Ceri dan bola-bola Melon ke dalam gelas sambil ditempel di sekitar dinding gelas berdiameter 5-7 cm dengan tinggi sekitar 15 cm.
5. Tuang perlahan 1/2 adonan pudding ke gelas sembari menahan agar buah masih menempel di dinding gelas. Biarkan hingga agak mengental.
6. Kemudian tambahkan buah-buahan lagi dengan cara yang sama seperti di atas. Tuang sisa adonan Pudding lagi. Jika adonan pudding terlalu kental, bisa sedikit dipanaskan di kompor sambil diaduk. Tuang hingga tertutup semua buahnya. Dinginkan hingga set di kulkas.
7. Garnish dengan buah Leci yang diseling dengan bola Melon. Pipe Whipped Cream di tengahnya dan tambahkan Ceri Merah sebagai pemanis.

Bubur Candil Tanpa Santan

By @dada.tastes

Bubur candil
Bahan :
3 sdm tepung ketan
50 ml air
Cara :
Campurkan semua bahan di atas uleni bentuk bulat2 seperti bola

Kuah merah :
100 grm gula melaka
150 ml air
2 lbr daun pandan
2 sdt tepung beras
Cara :
1. Panaskan 150 ml air masukkan daun pandan dan gula melaka masak hingga mendidih.
2. Masukkan bola candil Masak hingga mengapung matang
3. Masukkan tepung beras sambil di aduk2 hingga kuah sedikit mengental.

Kuah krimer :
300 ml air
1 lbr daun pandan
4 sdm @FiberCreme
Sedikit garam
1 sdt tepung beras
Cara :
Panaskan 300 ml air masukkan daun pandan, 4 sdm @FiberCreme dan garam aduk rata dan terakhir masukkan 1 sdt tepung beras.

Bubur candil siap disajikan dgn krimer, bubur sumsun dan biji sagu

Es Nangka Alpukat

by @luis_widarto
(Jadi 4 porsi)

Bahan :
– 2 buah alpukat ukuran sedang
– 6 buah mata nangka
– 1 sdm biji selasih
– 65 santan instan
– 500 ml air
– 1 lembar daun pandan
– 4 sdm gula pasir, sesuai selera
– 1/2 sdt garam
– es batu secukupnya

Cara Membuat :
⏩Potong2 nangka dan alpukat sesuai selera.
⏩Rendam biji selasih dgn air hangat.
⏩Campur jadi satu santan, air, gula, garam dan daun pandan, rebus sampai mendidih sambil diaduk2.
⏩Cicipi rasa, angkat, biarkan dingin.

Penyelesaian :
⏩Susun nangka dan alpukat digelas saji, siram dengan santan dan beri rendaman biji selasih, serta tambahkan es batu, sajikan.

Blue Pea Sago dessert

500 ml air
1 bungkus jelly rasa melon
85 gr gula pasir

Cara : campur semua bahan diatas, masak hingga mendidih, tuang kedalam wadah kotak, biarkan set.
Setelah set, potong2 kotak.

Blue pea sago
150 gr Thailand Sago pearl
1 Liter air
Dried Blue pea flower

Cara: didihkan air masukkan blue pea ,tunggu sampai air menjadi biru, saring/ sisihkan bunga . Lalu masukkan sago, masak 15 menit matikan api, lalu tutup panci diamkan 15 menit , saring . Kemudian bilas 2x dgn air matang. Saring. Sisihkan

Bahan lain:
500 ml susu evaporasi
Sirup Melon ( secukupnya , manis sesuaikan selera)
Buah melon kerok dgn melon scoop
Es batu secukupnya
Penyelesaian : campur semua bahan diatas πŸ™‚ & sajikan πŸ™‚

BACA JUGA:
Inilah 15 resep puding spesial.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep Puding spesial.. Selamat mencoba..
Inilah 20 resep Menu masakan rumahan spesial.. Selamat mencoba..

ES OYEN DURIAN

Oleh: @banususanto

Bahan isi:
1 cup sagu mutiara direbus
1 cup nangka dipotong dadu
1 cup kelapa muda dikerok
1 cup alpukat dikerok/potong dadu
Secukupnya durian

Bahan kuah:
150 cc sirup merah (cocopandan/frambozen)
50 cc susu kental manis
150 cc santan kental rebus
300 cc air kelapa muda
Sejumput garam
Es batu secukupnya

Cara membuuat:
1. Kecuali es batu, campur semua bahan kuah jadi satu, aduk rata.
2. Susun bahan isi es oyen durian di mangkok. Siram dengan dengan secukupnya bahan kuah
3. Tambahkan es batu, aduk-aduk agar aroma kuah dan isi es oyen lebih keluar. Siap disajikan

KOLAK LABU KUNING

Oleh: @banususanto

Bahan:
1 kg labu kuning, kupas dan potong-potong
300 gr kolang-kaling, cuci bersih
1 cup munjung nangka dipotong dadu
2 liter air
250 cc santan kental instan
200 – 250 gr gula jawa, disisir (menyesuaikan selera kemanisan)
100 gr gula pasir
6 lembar daun pandan, ikat
5 cm kayu manis

Cara membuat:
1. Rebus air bersama gula jawa, gula pasir, daun pandan, dan kayu manis. Setelah mendidih, masukkan kolang-kaling dan labu kuning
2. Masak hingga labu kuning mulai empuk. Selanjutnya masukkan santan instan kental, masak sebentar sekitar 1-2 menit setelah kolak kembali mendidih. Jangan lupa diaduk terus agar santan tidak pecah. Matikan api, masukkan potongan nangka.
3. Kolak labu kuning siap disajikan. Bisa disajikan hangat ataupun dingin dengan ditambah es batu.

TIPS: bila labu kuning terlalu keras untuk dikupas/ dipotong, kukus terlebih dahulu labu hingga setengah matang, baru dikupas dan dipotong. Tentu saja bila sudah dikukus, labu kuning dimasukkan di akhir

Es Cincau Kelapa Muda⁣⁣⁣

By @angela_hapsari .⁣⁣⁣

Bahan :⁣⁣⁣
• 1 biji kelapa muda, (tiriskan daging kelapanya)⁣⁣⁣
• Cincau hitam, potong2 kecil⁣⁣⁣
•1 sdm biji selasih, rendam smp mekar, tiriskan⁣⁣⁣
• Syrup Cocopandan, secukupnya⁣⁣⁣
• Es batu secukupnya⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Bahan kuah santan :⁣⁣⁣
• 500 ml santan dari 1/2 kelapa, pergunakan air kelapa muda utk memerasnya⁣⁣⁣
• 2 lembar daun pandan⁣⁣⁣
• 1 sdm gula pasir⁣⁣⁣
• Sedikit sejumput garam⁣⁣⁣

Cara membuat :⁣⁣⁣
1. Kuah : rebus santan, daun pandan, gula pasir dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Dinginkan⁣⁣⁣
2. Tata dalam mangkuk, kelapa muda, cincau hitam, biji selasih, es batu lalu tuang kuah santan yg sudah dingin dan syrup cocopandan sesuai selera⁣⁣⁣
3. Sajikan. ⁣⁣⁣⁣

BUBUR MUTIARA⁣

Oleh @koh_aming

Ikot ikotan bikin ta’jil ahhh buat sore nanti. Ini salah satu makanan paporit di rumah, bikinnya mudah banget, sambil merem ato sambil khayang juga bisa lho buk ibuk *yg bikin mulai songong πŸ˜‚⁣

Kelar bikin, dinginkan di kulkas, sajikan, wut…wut…wut bentar ludes. Saya kalo makan bubur kek gini, saus santannya harus sampe meluber kek kuah kolak, nuikmattt⁣

Bahan bubur .⁣
2 bungkus mutiara @resep.resep.kekinian⁣
1250 ml air⁣
8-10 sdm gula pasir⁣

Bahan saus⁣
1 pak santan instant 200ml⁣
2 gelas air putih⁣
2 lembar daun pandan robek2⁣
1 sdt garam⁣
1 sdm tepung beras⁣

Didihkan air, setelah mendidih masukkan mutiara, aduk perlahan. Aduk sesekali, biarkan sampe air menyusut, masukkan gula pasir, koreksi rasa. Tunggu sampai mutiara benar2 matang⁣

Rebus santan instan + 2 gelas air putih, masukkan garam dan daun pandan. Setelah mendidih masukkan tepung beras yg sdh dilarutkan dlm air. Aduk rata, angkat⁣

Sajikan mutiara bersama saus santan, dingin lbh nikmat⁣

Note:⁣
•Masukkan mutiara setelah air mendidih⁣
•Tanda” kalo mutiara matang, titik putih di tengah mutiara hilang⁣
•Jika suka saus santan yg manis gurih, bisa ditambahkan gula dalam saus ⁣⁣⁣

ES BLEWAH

By @linagui.kitchen

Bahan:
1 buah Blewah (serut memanjang)
3 sdm biji selasih (rendam dg 1/2 gelas air hangat)
1 liter Air Matang
Secukupnya sirup Cocopandan (sesuaikan dgn selera manis masing-masing)
Secukupnya Es Batu

Cara membuat :
1. Siapkan wadah bersih,tuang air matang,lalu masukkan blewah serut & biji selasih,tambahkan sirup cocopandan,aduk rata,masukkan es batu kemudian aduk rata kembali. Test rasa ya
2. Siapkan gelas/mangkok saji,tuang es blewah
3. Siap disajikan
Selamat Mencoba

KOLAK BIJI SALAK + PISANG

by @merilimatmaja

🍌6buah pisang kepok (kukus, lalu pot2)
🍌Biji salak
🍌4buah daging nangka, pot kcl2
🍌4lmbr daun pandan

Bahan utk kuah nya
🍌1buah gula merah
🍌350ml santan kental
🍌Gula putih seckp nya
🍌Garam sejumput
🍌1000ml Air(seckpnya)

Cara: 🍌masak air dgn gula merah smp gula larut, lalu saring.
🍌Setlh itu masukkan pandan dan garam, cek rasa klu kurang manis bs tmbhi gula pasir. Terakhir masukkan pandan dan santan, masak smp mendidihkan sambil diaduk trs spy santan tdk pecah.
🍌Lalu masukkan pisang dan biji salak nya, matikan api. Br masuk buah nangka nya, gampangkan??

Es pisang ijo

By @norita_foods

Bahan:
9 buah pisang raja
100 gram tepung terigu
100 gram tepung beras
25 gram tepung sagu
300 ml santan ( 130 ml santan kara + 170 ml air )
300 ml air pandan ( air+ pasta pandan)
50 gram gula
1/2 sdt garam

Cara:
1. Kukus pisang dg Kulit nya, sampai matang. Sisihkan, kupas setelah dingin
2. Masukkan semua tepung, tambahkan gula, garam, aduk rata.
3. Tuang santan dan air pandan kedalam adonan tepung, aduk rata. Saring adonan
3. Masak adonan menggunakan api kecil sampai membentuk adonan. Sisihkan, tunggu hangat
4. Ambil selembar plastik, olesi dg sedikit minyak, ambil adonan secukupnya pipihkan, letakkan pisang diatasnya, kemudian gulung sampai menutupi permukaan pisang, lakukan sampai habis
5. Kukus pisang ijo selama kurleb 15 menit.

Bahan saus:
450 ml santan (130 ml santan+ air)
40 gram tepung beras
1 SDM gula
1/2 sdt garam

Cara:
Campur semua bahan, masak menggunakan api kecil sampai mengental.

Pelengkap: potong pisang sesuai selera, letakkan di mangkuk, tambahkan bubur sumsum, es batu, SKM, dan sirup cocopandan.
Selamat mencoba bund…

By @rikaekawati

Es Air Mata Pengantin.

Bahan :
3 Bungkus agar-agar :
Rasa stroberi
Rasa mangga
Plain : diberi sirup melon

Nata de coco
Selasih
Es batu secukupnya

Sirup melon/coco pandan atau apa saja sesuai selera

Cara membuat :
Masak agar-agar, lalu dinginkan dan potong kotak-kotak kecil.
Tata dalam gelas :
Es batu
Agar-agar stroberi
Nata de coco
Agar-agar melon
Nata de coco
Agar-agar mangga
Biji selasih
Lalu siram dg sirup secukupnya.



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3uSMssw
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel