-->
Suami Jatah Rp 20 Ribu Buat Belanja Seminggu, Wanita Ini Tak Kehilangan Akal dan Tetap Bersyukur

Suami Jatah Rp 20 Ribu Buat Belanja Seminggu, Wanita Ini Tak Kehilangan Akal dan Tetap Bersyukur

Bagikan :

Sudah menjadi budaya bahwa suami memberi nafkah untuk sang istri di rumah.

Ya, itu buat keperluan sehari-hari, salah satunya adalah untuk memasak makanan. Tapi, kalau dikasih Rp 20 ribu untuk seminggu, gimana yaa?

Ternyata ,wanita ini merasakan hal tersebut. Ia hanya dijatah Rp 20 ribu oleh suaminya selama satu minggu.

Tapi, hal itu nggak membuat dirinya mengeluh. Ia tetap bersyukur dan tak kehilangan akal. Rp 20 ribu ia cukup-cukupin untuk makan selama seminggu itu.

Akhirnya, ia pun membuat berbagai variasi tempe. Dimulai dari senin hingga minggu; tempe goreng biasa, tempe tepung, tempe goreng garing, tempe mendoan, tempe bacem, pecel tempe hingga orek tempe.

Wah, keren banget ya! Kalian dengan Rp 20k cukup nggak buat makan selama seminggu?

Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang paling mudah untuk dijumpai. Ada berbagai macam olahan tempe yang biasa disantap oleh orang Indonesia, mulai dari tempe goreng, oseng tempe, orak-arik, tempe bacem, dan sebagainya. Bisa dibilang, tempe merupakan makanan favorit untuk dijadikan lauk pendamping nasi.

Selain rasanya yang enak, ternyata tempe banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaat tempe bagi tubuh? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber:

Sumber Protein dan Tinggi Kalsium

1. Sumber Protein
Protein memiliki fungsi untuk menjaga jaringan otot dan penghasil enzim proteolitik yang bisa memecah rantai protein agar dapat diserap oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik. Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh.

Selain itu, tempe mengandung lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12, dan retinol yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging. Oleh karena itu, tempe sering kali dijadikan sumber protein pengganti daging.

2. Tinggi Kalsium
Selain kaya akan protein, tempe juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Tempe bisa menjadi alternatif untuk mencukupi kebutuhan kalsium selain susu. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kalsium yang terkandung di dalam empat potong tempe setara dengan satu gelas susu sapi.

Setiap penyajian 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gr tempe memiliki kandungan mencapai 155 mg kalsium.

Menangkal Radikal Bebas dan Sumber Vitamin B12

3. Antioksidan Penangkal Radikal Bebas
Paparan radikal bebas ke tubuh lama-kelamaan akan menyebabkan berbagai efek yang tidak baik bagi tubuh, salah satunya bisa memicu kanker. Tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas tersebut. Ternyata, antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat didapatkan dengan mengonsumsi tempe.

Tempe mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya serta dapat pula mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat dan payudara.

4. Sumber Vitamin B12
Vitamin B12 banyak terkandung dalam daging, ayam, ikan, dan susu. Tempe merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari nabati karena mengandung 0.0017 mg vitamin B12.

Vitamin B12 sangat diperlukan oleh tubuh karena memiliki fungsi, antara lain menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, hingga menjaga kesehatan sistem saraf dan menjaga fungi otak. Oleh karena itu, tempe bisa menjadi pilihan makanan bagi vegan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12.

5. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena mengonsumsi tempe bisa menurunkan kolesterol yang ada di tubuh Anda.

Tempe yang terbuat dari kedelai ini secara alami kedelainya memiliki senyawa bernama isoflavon. Isoflavon ini berfungsi sebagai penurun kolesterol jahat atau LDL. Senyawa niasin yang terdapat dalam tempe juga dianggap dapat mengontrol kolesterol dan baik bagi Anda yang berisiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung atau stroke yang disebabkan oleh kolesterol LDL.

6. Baik Digunakan Sebagai Menu Diet
Tempe bisa menjadi pilihan menu diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Salah satu menu terbaik untuk diet adalah makanan dengan kandungan tinggi protein, tinggi serat, dan rendah lemak. Kandungan protein dan serat dalam tempe membuatnya sangat baik untuk menjadi menu diet.

Tempe juga merupakan makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B kompleks dalam tempe juga sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi Anda ketika sedang diet. (sumber: merdeka)



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/2U4YMJJ
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel