Ini Dia Juaranya Resep Rawon, Aromanya Begitu Menggoda Kelezatan dan rasanya yang khas tersebutlah yang membuat Rawon memiliki banyak penggemar

Rawon adalah masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur. Penampilan rawon mirip dengan sup daging namun kuahnya berwarna hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Kelezatan dan rasanya yang khas tersebutlah yang membuat Rawon memiliki banyak penggemar, tidak terkecuali oleh anak-anak, karena rasa kuahnya yang gurih manis, merasuk ke dalam daging yang empuk hingga ke serat-serat terdalam.

Rawon akan semakin lezat bila disajikan saat masih panas bersama sepiring nasi putih dan dilengkapi dengan tauge kecil, bawang merah goreng, sambal, kerupuk udang, irisan telur asin dan irisan jeruk nipis untuk menambah segarnya kuah rawon dinikmati. Jika Bunda sudah tidak sabar ingin menyantapnya, Bunda bisa coba Resep Rawon dari Bunda Xander yang katanya rawon bikinannya ini betul-betul juara lezatnya. Ah jadi penasaran.. Cobain yuk, Bun!

Bahan-bahan

1 kg daging sapi sandung lamur, potong-potong
2 liter air
minyak untuk menumis
Bumbu yg dihaluskan:
7 bh keluwek
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sdm ketumbar
seruas jahe
seruas kunyit
2 sdt merica
10 buah cabe merah keriting
10 buah cabe rawit
2 btg sereh digeprek
10 lbr daun jeruk
secukupnya garam
secukupnya gula
Cara Membuat

1. Rebus sebentar daging, buang air darahnya. Bilas dengan air mengalir supaya daging betul-betul bersih sebelum diolah.

2. Tumis bumbu yang dihaluskan beserta sereh, daun jeruk hingga harum dan rempah matang.

3. Masukkan daging, aduk rata sampai daging layu

4. Tambahkan air, garam dan gula secukupnya

5. Masak sampai daging empuk dan bumbu meresap

Cukup mudah ternyata ya Bun untuk membuat Resep Rawon yang juara kelezatannya dari Bunda Xander di atas. Pada resep, penggunaan cabai rawit langsung ikut dimasak bersama kuah dan dagingnya. Artinya resep di atas menghasilkan rawon yang bercitarasa pedas. Jika Bunda menghendaki rawon yang tidak pedas, maka bunda bisa hilangkan penggunaan cabai rawit pada resep, dan membuat sambal terasi terpisah, supaya si kecil bisa ikut menikmati rawon juara bikinan Bundanya tercinta.

Rawon daging sapi ini akan lebih lezat jika diinapkan selama semalaman, karena daging akan lebih empuk, bumbu pun semakin meresap.



from Berbagi Inspirasi https://ift.tt/3lKBpAJ
via IFTTT
Next Post Previous Post